4 Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Bahannya

Sepatu adalah pelengkap penampilan yang harus digunakan sehari – hari dan karena itu sangat mudah menjadi kotor. Memakai sepatu dapat menjadi cara menghilangkan belang di kaki karena terpapar sinar matahari setiap harinya. Apapun merk dan jenis sepatu wanita yang digunakan, apakah itu sepatu baru, mahal, perbedaan wedges dengan heels atau sepatu kesayangan Anda sehari – hari tetap harus dilakukan perawatan yang layak untuk membuatnya dapat bertahan lebih lama. Sepatu yang bersih juga akan membantu kita untuk tampak segar dan percaya diri dalam kesempatan apapun. Memakai sepatu yang tidak bersih juga beresiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan pada kaki. Dengan mengetahui bagaimana cara membersihkan sepatu sesuai jenisnya dengan benar, maka Anda akan selalu memiliki dan mengenakan sepatu yang berada pada kondisi terbaik. Juga menjaga agar kaki Anda selalu berada pada kondisi yang baik pula.

1. Membersihkan Sepatu Kain

Sepatu yang terbuat dari kain bisa berbentuk sandal bertali, pumps, atau sepatu flat. Apapun model sepatunya, kain yang membuatnya pada akhirnya akan kotor juga. Anda mungkin menemukan banyak saran mengenai mencuci sepatu kain di mesin cuci, tetapi hal ini sebenarnya bukan cara yang cocok. Sebagian sepatu kain memiliki pinggiran kulit dan hampir semua direkatkan dengan lem yang tidak akan tahan air. Anda cukup membersihkan sepatu kain dengan tangan menggunakan sabun cuci piring, air hangat, sikat gigi bekas dan handuk kertas.

  • Seka kain sepatu ke arah bawah dengan handuk kertas kering untuk menghilangkan kotoran di permukaan.
  • Campur satu sendok makan sabun cuci piring dengan dua cup air hangat pada mangkuk kecil.
  • Kerjakan cara membersihkan sepatu pada area yang kecil sedikit demi sedikit dengan mencelupkan sikat gigi bekas ke dalam larutan sabun lalu gosok perlahan kainnya.
  • Jangan membasahi sepatu berlebihan.
  • Untuk menghilangkan bekas sabun cuci, usap seluruh sepatu dengan handuk kertas yang dilembapkan dengan air bersih.
  • Keringkan dengan handuk kertas kering dan biarkan di udara terbuka, jauhkan dari panas atau sinar matahari langsung.
  • Masukkan koran ke dalam sepatu untuk menjaga bentuknya sampai benar – benar kering.
  • Untuk sepatu berbahan beludru, jangan gunakan cara membersihkan sepatu dengan metode basah. Sikat dengan sikat gigi bekas yang berbahan lembut untuk mengangkat kotoran dan membersihkan noda kotoran dengan cairan dry cleaning. 

2. Membersihkan Sepatu Kulit Asli dan Imitasi

Sepatu tentu saja menjadi salah satu jenis aksesoris wanita  yang paling sering digunakan. Untuk cara membersihkan sepatu kulit asli ataupun imitasi, mulailah dengan menyeka kotoran apapun menggunakan kain yang dicelup ke dalam larutan tertentu. Campur dalam jumlah yang sama air biasa dan cuka putih. Celupkan kain halus ke dalam larutan dan biarkan mengering di udara terbuka. Cara lain untuk membersihkan sepatu kulit yaitu:

  • Gunakan sikat untuk membuang kotoran apapun dari permukaan sepatu. Perhatikan agar tidak menggosok terlalu keras atau Anda akan menggores permukaan sepatu dengan sikat tersebut.
  • Seka minyak dan kotoran dari permukaan sepatu menggunakan lap yang bersih dan kering. gunakan waslap lama, serbet, atau handuk tangan.
  • Celupkan lap ke air hangat setelah digunakan untuk menyeka minyak serta kotoran dan gosok perlahan permukaan sepatu. Jangan menggunakan air terlalu banyak karena akan merusak kulit.
  • Keringkan di udara terbuka setelah Anda selesai melakukan cara membersihkan sepatu, paling tidak selama 30 menit jauh dari sinar matahari langsung, panas atau ventilasi udara.
  • Gunakan pemoles krim kulit dengan lap lembut dan biarkan selama beberapa menit.

3. Membersihkan Sepatu Vinil

  • Buang kotoran dan lainnya menggunakan sikat sepatu lembut atau sikat gigi bekas. Langkah pertama dalam cara membersihkan sepatu berbahan vinil adalah untuk membuang kotoran dari permukaan dan bagian sol.
  • Hilangkan goresan ringan dengan penghapus pensil untuk membantu menghilangkan kotoran dari sepatu vinil.
  • Bersihkan permukaan sepatu dengan lap yang sudah dibasahi. Anda juga bisa menambahkan setetes deterjen cuci.
  • Keringkan sepatu di udara terbuka sebelum dipakai kembali. Tempatkan pada lokasi yang aman dari panas, sinar matahari langsung dan ventilasi udara. Biarkan mengering selama setidaknya 30 menit sebelum dikenakan lagi.
  • Perhatikan kebersihan sepatu Anda agar tidak perlu melakukan cara merawat kuku kaki yang rusak dan bau karena selalu menggunakan sepatu kotor.

4. Membersihkan Sepatu Kanvas

  • Gunakan sikat gigi bekas atau sikat sepatu kecil dan gosok kotoran serta noda dari sepatu dengan tekanan yang cukup untuk melepaskan kotorannya.
  • Bersihkan sol sepatu dengan pasta baking soda. Membersihkan sol dari sepatu kanvas bisa sedikit menyulitkan, jadi buatlah pasta menggunakan takaran yang sama akan baking soda dan air. Celupkan sikat ke dalam pasta dan gosok sol sepatu, seka dengan lap setelah selesai.
  • Gunakan pembersih noda sebelum Anda melakukan cara membersihkan sepatu untuk bagian – bagian yang sulit dijangkau.
  • Masukkan ke mesin cuci dengan cuci dan setel gerakan paling lembut. Tambahkan sedikit sabun cuci pakaian ke mesin dan cuci sesuai suhu air.
  • Ketika mesin cuci sudah berhenti, waktunya untuk mengeringkan sepatu kanvas Anda. Biarkan sepatu kering sendiri dan jauhkan dari sinar matahari langsung, panas atau ventilasi udara dan biarkan semalaman.

Mengetahui bagaimana cara membersihkan sepatu yang baik danbenar akan memungkinkan Anda menghemat budget untuk membeli sepatu. Dengan pembersihan yang teratur, sepatu akan lebih bertahan lama sehingga Anda tidak perlu sering – sering menggantinya. Pastikan Anda menggunakan takaran yang benar untuk bahan – bahan pembersihnya dan tidak menggunakannya secara berlebihan, karena dapat berakibat merusak sepatu. Mengenakan sepatu yang bersih juga akan mencegah kaki berbau kurang sedap akibat penumpukan bakteri di sepatu kotor. Tidak hanya merawat sepatu dengan membersihkannya secara berkala, Anda juga perlu sering mengganti kaus kaki untuk mencegah kaki berbau. Pilihlah sepatu Anda dengan baik, karena salah memilih sepatu juga bisa menjadi penyebab ganti kulit pada telapak kaki dan penyebab kulit kaki mengelupas.