5 Cara Membersihkan Tas Tangan Wanita

Untuk sebagian besar wanita, membawa tas tangan setiap hari ketika beraktivitas adalah suatu keharusan. Selain sebagai cara menjaga penampilan wanita, membawa tas tangan sebagai salah satu jenis aksesoris wanita bisa sangat berguna untuk menampung uang, keperluan menulis, make up dan semua yang diperlukan dengan mudah. Konon katanya jika kita ingin mengetahui bagaimana sesungguhnya seorang wanita bisa dilihat dari kondisi tas tangannya. Dengan frekuensi pemakaian yang sering, akan sulit untuk mengharapkan tas tangan Anda tetap bersih sepanjang waktu. Selalu ada resiko yang dapat ditimbulkan oleh pemakaian, apakah itu berupa pudarnya bagian luarnya, noda membandel yang tidak mau hilang, atau bagian dalamnya yang mulai rusak dan kotor. Mengambil langkah untuk cara membersihkan tas yang benar dan menghilangkan noda, mengatur dan merawatnya, tas tangan Anda tetap dapat berada dalam keadaan bersih sepanjang waktu. Membersihkan tas tangan Anda juga akan membuatnya tidak mudah rusak dan bisa bertahan lama, apapun jenis tas  wanita yang digunakan.

1. Tas Kulit

Kulit adalah bahan yang menjadi favorit untuk alasan yang sangat bagus. Kulit tahan lama dan cenderung semakin bagus untuk digunakan seiring waktu. Walaupun demikian, Anda bisa memperpanjang masa pakainya lebih lama lagi dengan beberapa langkah cara membersihkan tas berikut.

  • Bersihkan noda yang ada dengan waslap yang sudah dibasahi sedikit air. Untuk noda yang lebih keras, gunakan spons pada sisi yang kasarnya untuk menggosok noda tersebut.
  • Anda juga bisa menggunakan air yang dicampur dengan sabun pencuci piring dan mencelupkan waslap ke dalamnya.
  • Noda berupa lekukan bisa dihilangkan dengan pembersih kulit. Noda minyak bisa dihilangkan dengan bedak bayi atau tepung maizena. Noda yang lebih sulit bisa menggunakan sikat dengan berhati – hati daripada menggunakan lap.
  • Gunakan pelembap kulit setiap beberapa bulan sekali untuk mencegahnya mengering dan menjadi retak. Hal yang sama juga diperlukan ketika melakukan cara membersihkan jaket kulit.

2. Tas Kanvas

  • Hilangkan noda ringan pada tas kanvas dengan spons dan air sabun. Spons dan air sabun juga bisa Anda gunakan dalam cara membersihkan cermin atau cara membersihkan alat penyedot komedo.
  • Hindari menggosok atau menggesek ketika melakukan cara membersihkan tas kanvas karena akan membuat noda manapun menjadi besar atau lebih dalam daripada sebelumnya. Ingatlah bahwa tiap jenis noda berbeda akan memerlukan solusi yang berbeda juga.
  • Minyak adalah noda yang lumayan sulit dibersihkan tetapi bisa dihilangkan dari kanvas menggunakan bedak bayi, tapung maizena atau pembersih berbahan enzim.
  • Coba hilangkan noda tinta dari tas kanvas Anda dengan menggunakan campuran pasta gigi, deterjen, dan baking soda dengan sikat gigi.
  • Setelah melakukan cara membersihkan tas, tempatkan tas Anda di lokasi kering dan berventilasi baik atau digantung pada gantungan pakaian.
  • Jangan merendam tas kanvas di dalam air karena bisa membuat noda menjadi luntur dan merusak bentuknya.

3. Tas Katun

Untuk cara membersihkan tas berbahan katun bisa Anda lakukan dengan mudah. Bahan tas yang terbuat dari kain memungkinkannya untuk dicuci di dalam mesin cuci sebagaimana pakaian. Tutup semua restleting sebelum memasukkannya di mesin cuci dengan air dingin atau putaran yang pelan dan menggunakan deterjen paling lembut. Keringkan dengan dihamparkan atau digantung pada bagian gagangnya. Yang paling penting adalah ketelitian dan kehati – hatian dalam membersihkan, sebagaimana dalam cara membersihkan brush make up atau cara membersihkan jam tangan.

4. Tas Suede

Tas berbahan suede juga memerlukan cara khusus untuk membersihkannya, tidak bisa dibersihkan dalam cara membersihkan tas yang sama seperti tas kulit.

  • Anda bisa menggunakan sikat suede dan menggunakannya untuk menyingkirkan kotoran atau noda. Jika menggunakan sikat yang sudah dibasahi, pastikan tas berbahan suede sudah kering sebelum disimpan.
  • Suede menarik kotoran dengan mudah, jadi tas berbahan suede harus selalu disimpan dalam kantong khusus atau yang mirip untuk mencegah kotoran menempel.
  • Anda juga bisa menggunakan pembersih suede yang dapat disemprotkan untuk cara membersihkan tas suede. Gunakan sikat suede atau kain halus untuk membersihkan nodanya.

Suede tidak membutuhkan produk pelembap sebagaimana tas berbahan kulit karena materialnya tidak rentan kepada keretakan. Namun mengaplikasikan produk tahan air sangat penting untuk melindungi suede dari noda air. Anda bisa membeli produk anti air untuk suede dan mengaplikasikannya sebelum menggunakan tas tangan pertama kali dan setiap setelah dibersihkan.

5. Membersihkan Bagian Dalam Tas

  • Salah satu langkah yang paling penting untuk dilakukan dalam cara membersihkan tas juga termasuk membersihkan bagian dalamnya. Buanglah sampah dari dalam tas seminggu sekali.
  • Gunakan penyedot debu kecil untuk menyedot kotoran – kotoran kecil dari bagian dalam tas seperti sisa makanan atau serpihan lainnya.
  • Simpan barang – barang Anda dalam beberapa wadah terpisah untuk memudahkan, terutama untuk barang – barang yang berukuran kecil.
  • Minimalkan isi tas tangan Anda hanya kepada barang – barang yang paling diperlukan saja. Misalnya, barang – barang yang Anda perlukan setiap hari. Jika memungkinkan, simpan versi ukuran kecil dari barang yang Anda perlukan.
  • Sediakan wadah untuk uang dan bon – bon pembelian agar tidak berceceran di dalam tas.

Untuk cara membersihkan tas yang berbahan suede atau kulit asli, paling baik adalah dengan membawanya ke pembersih profesional. Kedua bahan ini sedikit rentan untuk ditangani sendiri di rumah karena mudah rusak jika ada kesalahan perlakuan ketika membersihkan, walaupun itu tidak disengaja. Membersihkan tas sendiri di rumah bisa dilakukan untuk noda – noda ringan yang mudah dihilangkan. Akan tetapi noda membandel bisa membutuhkan lebih banyak usaha untuk membersihkannya dan barangkali juga lebih membutuhkan bantuan profesional yang lebih berpengalaman.