14 Cara Membersihkan Jaket Kulit Dengan Tepat

Sebuah jaket kulit yang berkualitas tidak akan pernah ketinggalan zaman dan menjadi tambahan yang keren untuk lemari pakaian Anda. Walaupun demikian, jaket kulit adalah pakaian yang mahal dan bisa memerlukan biaya besar untuk membersihkannya. Tidak hanya langkah perawatan kulit kering Anda saja yang diperlukan, namun jaket kulit pun memerlukan perawatan ekstra. Untuk menjaga jaket kulit Anda tetap dalam kondisi yang baik, Anda tetap harus menjaga kualitas bahannya. Tidak seperti jenis pakaian lainnya, Anda tidak dapat sekedar meletakkan jaket di dalam mesin cuci karena bisa membuatnya mengerut, retak dan melengkung. Mencucinya dengan tangan seperti pakaian biasa pun tidak dapat dilakukan jika Anda ingin jaket kulit dapat bertahan lama.  Jika jaket kulit Anda kotor atau kusam, ada beberapa cara cepat dan mudah untuk membersihkan dan merawatnya sehingga selalu tampak baru untuk waktu yang lama.

Menggunakan Sabun dan Air

  1. Campur larutan berisi sabun ringan dan air hangat ke dalam wadah besar untuk cara membersihkan jaket kulit. Tambahkan dua sendok teh sabun pencuci piring dan aduk sampai sabunnya benar – benar larut. Tujuannya adalah untuk membuat larutan yang sangat lembut untuk menyeka jaket kulit tanpa merusaknya. Terlalu banyak deterjen bisa menyebabkan kulit menyusut dan menghilangkan warnanya sehingga tampak bebercak dan berubah warna.
  2. Basahi handuk lembut atau spons dengan merendamnya di dalam larutan. Peras kelebihan airnya sampai lembap dan tidak basah. Gunakan kain yang halus karena kain kasar bisa menggores jaket kulit Anda.
  3. Seka bagian luar jaket dalam gerakan panjang dan lembut ke arah bawah. Jangan menggosok dengan kasar. Perhatikan noda air pada jaket, perubahan warna dan area dimana kotoran atau minyak menempel pada kulit.
  4. Seka jaket lagi dengan air bersih untuk menghilangkan sisa sabun ketika melakukan cara membersihkan jaket kulit. Pastikan tidak ada sisa noda air di jaket. Tepuk – tepuk dengan kain lembut sampai kering. Panas langsung bisa merusak jaket kulit khususnya yang dalam keadaan lembap, jadi jangan gunakan suhu panas untuk mengeringkannya.

Menggunakan Pembersih Kulit

  1. Anda bisa membeli pembersih kain kulit khusus yang mengandung bahan yang dapat menghilangkan kotoran dan noda serta minyak, juga membantu melembutkan kulit dan menjadi cara membersihkan jaket kulit yang bagus.
  2. Semprotkan sedikit cairan pembersih kulit ke bagian kotor di jaket. Beberapa pembersih berbahan gel, spray atau batangan. Selalu awali dengan sejumlah kecil pembersih dan tambahkan sesuai kebutuhan.
  3. Seka pembersih ke kulit menggunakan handuk lembut dan bersih. Gunakan gerakan melingkar perlahan ke arah luar membentuk spiral. Gosok sampai cairan terserap seluruhnya.
  4. Gunakan handuk terpisah untuk menyeka sisa cairan pembersih dari jaket. Ketika Anda selesai, jaket seharusnya tampak bersih dan mengkilap. Tidak perlu membilasnya karena cairan pembersih didesain untuk langsung kering dan menyerap. Lakukan juga cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat dan cara mencuci muka dengan air dingin untuk cara menjaga penampilan diri wanita selain menjaga kualitas jaket kulit Anda.

Memelihara Jaket Kulit Anda

Periksa label dari pembuatnya didalam jaket untuk mengetahui cara membersihkan jaket kulit yang tepat. Pada label biasanya tertera spesifikasi tipe dan jenis kulit yang digunakan serta instruksi penting lainnya hingga cara membersihkan jaket kulit yang cocok.

  1. Semprot jaket Anda dengan bahan waterproof secara teratur untuk menutup pori – pori di kulitnya. Air akan merusak dan membuat kulitnya melengkung sehingga jaket akan tampak buruk dipakai. Sebaiknya lapisi jaket dengan bahan waterproof segera setelah dibeli dan jangan gunakan jika ramalan cuaca buruk atau akan hujan.
  2. Lapisi jaket dengan kondisioner khusus kulit selain melakukan cara membersihkan jaket kulit saja. Anda dapat melakukannya setahun sekali ke seluruh permukaan luar jaket untuk melindunginya dari kelembapan, sehingga tetap lembut dan fleksibel, mencegah retak dan pemisahan bahannya.
  3. Untuk menghindari kerusakan, jangan melakukan cara membersihkan jaket kulit yang terbuat dari bahan lembut atau bertekstur seperti kulit domba atau suede di rumah. Seorang ahli pembersih kulit akan mengetahui bagaimana cara membersihkan kotoran yang paling sulit sekalipun dari jaket kulit Anda, dan tidak perlu khawatir jaket akan rusak atau menyusut.
  4. Dry cleaning memang tidak murah, tetapi dalam banyak situasi Anda akan perlu melakukannya lebih dari sekali setahun. Jaket suede bisa dirawat agar tetap bersih dengan menggunakan sikat tangan secara teratur.

Menyimpan Jaket Dengan Benar

Tidak hanya memperhatikan cara membersihkan jaket kulit, Anda juga perlu mengetahui bagaimana menyimpannya dengan layak.

  1. Simpan jaket dengan posisi mendatar atau dibungkus dengan gantungan ketika tidak digunakan. Simpan dalam tempat yang dingin dan kering, lakukan cara membersihkan jaket kulit dan melembapkannya setahun sekali. Selama Anda melakukan perawatan yang bagus untuk jaket kulit, maka jaket Anda akan tetap berada dalam kondisi yang baik selama bertahun – tahun.
  2. Jika Anda tidak sering menggunakannya, simpan dalam kantung pakaian.
  3. Jika jaket kulit berkerut karena penyimpanan, tempatkan handuk diatasnya dan setrika menggunakan panas sedang atau gantung di kamar mandi ketika Anda sedang mandi air panas. Suhu panas dan kelembapan akan merilekskan kerutannya secara alami.

Jangan gunakan amonia atau pembersih berpemutih lainnya untuk cara membersihkan jaket kulit, karena akan merusaknya dan menyebabkannya sangat kering dan bahkan retak. Bersihkan noda tumpahan atau lainnya pada jaket kulit segera dengan lap yang halus. Pakaian berbahan kulit memiliki pori – pori dan akan menyerap cairan sehingga noda akan terlihat. Jauhkan benda tajam dari jaket kulit Anda agar tidak tergores dan rusak. Untuk para wanita, perhatikan juga aspek penampilan Anda yang lain dengan tips memilih gamis berupa  tips memilih gamis untuk orang gemuk, atau tips memilih gamis untuk orang pendek.