9 Tips Menyimpan Baju Di Lemari Dengan Rapi

Mempertahankan lemari pakaian yang terorganisir dan teratur rapi akan selalu menjadi proses yang terus berlangsung, karena pakaian Anda juga akan selalu terupdate dengan model baru untuk menggantikan yang lama. Ketika Anda memutuskan untuk melakukan tips menyimpan baju di lemari, akan lebih mudah mengerjakannya satu persatu. Berurusan dengan seluruh isi lemari pakaian Anda dalam satu saat sekaligus bisa menggentarkan, tetapi mengurus beberapa item yang sama sekaligus lebih mudah dan efisien. Beberapa baju memerlukan perawatan lebih daripada yang lainnya dan tidak setiap potong baju dapat disimpan dengan cara yang sama. Mengetahui bagaimana tips menyimpan baju di lemari tentunya juga akan menjadi cara menjaga penampilan diri wanita karena pakaian yang dimiliki akan lebih terawat berkat penyimpanan yang teratur. Berikut ini adalah tips menyimpan baju di lemari yang mudah diikuti.

1. Kategorikan Pakaian Anda

Cara cepat dalam tips menyimpan baju di lemari adalah dengan membaginya berdasarkan jenis. Akan sangat melelahkan dan membuat kewalahan untuk mengeluarkan semuanya dari lemari hanya untuk mencari satu pakaian tertentu. Selain itu cara tersebut tentu saja sangat tidak efisien. Pisahkan pakaian Anda ke dalam beberapa kategori seperti celana, gaun, atasan, luaran, aksesoris dan pakaian dalam. Dengan cara ini akan lebih mudah untuk membandingkan model pakaian yang mirip jika dikelompokkan bersama di depan Anda. Dan akan lebih mudah juga untuk menyingkirkan pakaian yang sudah tidak akan dipakai lagi, mana yang akan disumbangkan atau masih akan dipakai.

2. Bersihkan Lemari Pakaian

Ketika Anda sudah membuat keputusan untuk menyumbang dan menyimpan pakaian Anda, tips menyimpan baju di lemari akan lebih baik jika bagian dalam lemari tersebut bersih. Kosongkan apapun yang masih tersisa di dalamnya dan bersihkan. Seka kotoran yang ada di rak – rak lemari pakaian Anda, juga gosok bekas lekukan apapun di dalam lemari. Anda juga dapat melakukan cara membersihkan oli di baju, cara membersihkan tas dan cara membersihkan sepatu sebelum disimpan agar tidak mengotori lemari dan isinya.   

3. Simpan Pakaian Sesuai Jenisnya

Tips menyimpan baju di lemari ini mungkin sudah sangat jelas dan umum dilakukan. Tetapi dengan cara ini akan membuat banyak perbedaan ketika Anda ingin menemukan pakaian tertentu, bahkan yang sudah lama tidak dikenakan. Misalnya menyimpan baju – baju favorit di satu ruang lemari, memisahkan kaus sehari – hari dengan baju tidur, memisahkan baju kerja dengan baju kasual, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk memberi pewangi pada lemari sebagai salah satu tips menjaga badan tetap wangi .

4. Gantung Pakaian Jika Perlu

Salah satu tips menyimpan baju di lemari adalah dengan menggantung baju apapun yang lembut, fancy dan kokoh. Mungkin saja lemari pakaian Anda sangat besar dan banyak tempat untuk menyimpan baju, tetapi pakaian tetap perlu tampak teratur. Baju yang digantung biasanya yang berbahan lembut seperti dress, rok dan lingerie, baju mewah, dan baju yang kokoh seperti mantel dan blazer. Gantung semua pakaian menghadap arah yang sama. Gantung baju yang lebih pendek di bagian kiri serta semakin memanjang ke sebelah kanan sehingga lemari gantung Anda menciptakan garis yang menurun.

5. Lipat Baju yang Tebal

Anda dapat menghemat tempat di lemari dalam tips menyimpan baju di lemari dengan melipat baju – baju tebal seperti sweater dan celana jeans yang kaku. Baju – baju yang tebal menjadi tumpukan yang sempurna di lemari karena kokoh dan tebal, tidak akan kusut, merosot, atau berubah bentuk ketika ditumpuk. Tidak hanya itu, Anda akan mudah melihat baju mana saja yang disukai.

6. Menggulung Pakaian

Untuk tips menyimpan baju di lemari berikutnya adalah dengan menggulungnya sebagian dan memasukkan baju pada kotak penyimpanan. Jenis pakaian seperti kaus katun, legging, dan celana pendek yang berbahan poliester cenderung tipis dan lembut sehingga bisa digunakan teknik menggulung ketika menyimpannya. Teknik ini akan membantu menghemat tempat di lemari pakaian Anda jika dilakukan dengan benar. Daripada melipat dan menumpuk pakaian yang lebih lembut dan tipis, Anda cukup melipatnya menjadi dua dan gulung menjadi bentuk tube yang rapi.

7. Pisahkan Baju Favorit

Simpan semua baju yang Anda kenakan secara teratur di bagian tengah lemari pada jarak pandang mata sehingga mudah ditemukan dan diambil jika terburu – buru. Simpan pakaian yang lebih jarang dipakai tepat diatas atau dibawah pakaian Anda yang paling sering digunakan. Pindahkan pakaian yang paling jarang dikenakan ke rak lemari pakaian bagian atas.

8. Beri Kode Warna

Melakukan tips menyimpan baju di lemari dengan kode warna mungkin saja membosankan tetapi hasil akhirnya akan membuat Anda lebih mudah mengambil baju di lemari khususnya jika Anda adalah orang yang visual. Tidak perlu membuat diri bingung dengan mengingat susunan warna pelangi dalam mengatur baju di lemari. Anda cukup menciptakan urutan pakaian dengan warna umum dalam satu kelompok saja. Kode warna juga bisa Anda gunakan ketika ingin mengatur jenis tas wanita dan jenis sepatu wanita yang dimiliki.

9. Gunakan Organizer

Wadah khusus berupa organizer khusus laci adalah kunci untuk berpakaian dengan mudah, dan juga mengingatkan Anda kapan waktunya untuk mencuci. Kontainer ini memiliki beberapa sekat untuk penyimpanan. Anda dapat dengan mudah menyimpan berbagai jenis baju dalam setiap sekat tersebut. Untuk memaksimalkan ruangan di laci lemari dan membuat semuanya lebih mudah dilihat, gulung kaus kaki, stoking, pakaian dalam dan sabuk dengan rapi.

Disamping tips menyimpan baju di lemari terbaik yang sudah dilakukan, Anda mungkin masih akan menemukan banyak baju yang tidak cocok, kuno atau tidak disukai pada penghujung tahun. Yang terpenting adalah jangan menyimpan barang – barang yang tidak Anda perlukan. Lakukan seleksi pada baju – baju Anda. Untuk setiap barang yang dibawa ke lemari, Anda perlu menyingkirkan yang satunya. Jangan lupa untuk menambahkan pengharum lemari agar dapat menjauhkan bau apek dari lemari yang bisa menempel pada baju – baju Anda.