Sponsors Link

22 Cara Membuat Rambut Lembut dan Mudah Diatur

Sponsored Links

Hampir setiap wanita pasti menginginkan rambut yang lembut dan jatuh tergerai dengan sempurna. Merawat rambut agar tetap memberi pesona pada penampilan memang tidak mudah. Jenis rambut yang dimiliki setiap orang berbeda-beda, karena itu terkadang pengaruh gaya rambut yang dilakukan akan menampakkan hasil yang berbeda pula pada tiap orang. Tidak semua orang bisa memiliki rambut yang lembut dengan mudah.

Beberapa orang harus melakukan perawatan ekstra untuk membuat rambutnya terasa lembut. Terutama bagi yang memiliki jenis rambut cenderung kering dan kasar. Perawatan yang dilakukan untuk rambut agar menjadi lembut banyak macamnya. Rambut sehat yang berkilau dan lembut bisa didapat dari perawatan rutin yang diterapkan kepada rambut kita.

Perawatan Sehari-Hari

Cara membuat rambut lembut bisa diusahakan dengan melakukan perawatan yang kita kerjakan sehari – hari seperti di bawah ini:

1. Sampo dan Conditioner Yang Tepat

Pilihlah produk sampo dan kondisioner rambut yang tepat bagi rambut kita. Manfaat conditioner rambut adalah untuk membuat rambut menjadi lembut. Untuk mendapatkan kecocokan dengan merk atau jenisnya, memang harus dilakukan beberapa kali mencoba. Agar tidak merusak kondisi rambut, usahakan kenali dulu jenis rambut Anda dan gunakan yang mengandung bahan herbal untuk meminimalkan resiko. Hindari sampo rambut yang mengandung sulfat karena bisa mengurangi kelembaban alami pada kulit kepala.

2. Air Dingin

Gunakan air dingin atau air biasa untuk mencuci rambut. Air panas dapat menghilangkan kelembaban dari kulit kepala yang fungsinya melindungi rambut. Air dingin bisa mempertahankan kelembaban rambut yang berfungsi membuat rambut tampak tetap berkilau dan lembut.

3. Hindari Menyikat Rambut Basah

Setelah keramas, ambil sisir yang bergigi jarang dan sisir dengan lembut rambut Anda. Jika rambut kusut sehabis keramas, uraikan dulu kekusutannya sebelum disisir.

4. Tidak Perlu Keramas Setiap Hari

Banyak orang menyangka bahwa manfaat cuci rambut setiap hari bisa membuat rambut makin berkilau. Namun kenyataannya cuci rambut sesering itu akan membuaat rambut mudah kusam, karena kelembaban alaminya hilang oleh pemakaian sampo setiap hari. Orang yang bermasalah dengan keadaan rambut yang sangat kotor atau berkutu yang harus melakukan cuci rambut setiap hari.

5. Hindari Penggunaan Suhu Panas

Penataan rambut dengan alat yang menggunakan panas sangat beresiko jika dilakukan terlalu sering. Manfaat catok rambut memang bisa membuat rambut kita tertata dengan gaya yang cantik, tetapi terlalu sering menggunakannya berakibat rambut kehilangan kelembaban alami dan menjadi kusam karena sering terkena suhu yang panas.

6. Lindungi Rambut dari Sinar Matahari

Sinar matahari juga dapat merusak rambut karena panas yang dihasilkan mengenai rambut kita apabila beraktivitas tanpa pelindung kepala. Jika akan berada seharian di bawah sinar matahari, gunakan topi atau scarf, lebih baik lagi jika menggunakan pelindung rambut khusus untuk matahari.

sponsored links

7. Potong Rambut Teratur

Rambut yang sudah lama tumbuh biasanya akan mengalami cabang pada ujungnya, karena itu usahakan memotong ujung rambut setiap 2 – 3 bulan sekali.  Memotong ujung rambut sebanyak satu atau dua sentimeter berguna untuk menjaga rambut tetap halus dan tidak menjadi kasar karena ujungnya bercabang.

8. Gunakan Deep Conditioner

Pakai deep conditioner sekali seminggu pada rambut. Ini adalah jenis kondisioner yang diaplikasikan kepada kulit kepala, berbeda dengan kondisioner biasa yang hanya dipakai pada batang rambut. Deep conditioner ini berfungsi mengembalikan kesehatan dan kelembaban kulit kepala. Jangan sampai belebihan memakainya, cek kondisi rambut Anda bila dirasa rambut sudah terlalu lepek atau justru mengembang, kurangi pemakaian.

Perawatan Hot Oil Treatment

Hot oil teratment adalah perawatan rambut dengan menggunakan minyak alami yang dipanaskan. Berikut ini beberapa minyak alami yang bisa digunakan dalam perawatan ini:

1. Minyak Kelapa

Minyak alami ini dapat mengembalikan kelembaban dan nutrisi pada rambut Anda. Hangatkan secukupnya minyak kelapa lalu oleskan menyeluruh pada rambut dan biarkan selama satu jam. Bilas dengan air suam kuku untuk membersihkannya. Perhatikan kondisi rambut, bila sudah cenderung berminyak maka gunakan sedikit saja. Minyak ini bisa menimbulkan noda pada baju, jadi jangan lupa untuk melapisi baju dengan kain sebelum memakai. Selain untuk rambut, ada juga manfaat minyak kelapa untuk alis.

2. Minyak Zaitun

Panaskan sedikit minyak zaitun, sesuaikan jumlahnya dengan panjang rambut Anda. Setelah hangat, oleskan ke seluruh kulit kepala dan rambut. Bungkus kepala dengan handuk yang sudah dibasahi air hangat selama sekitar 20 menit, lalu keramas. Manfaat minyak zaitun untuk rambut anak juga berguna untuk membantu agar rambutnya tumbuh dengan baik.

3. Minyak Almond

Manfaat almond untuk rambut dapat memberi kilau untuk rambut secara alami dan membuatnya lembut. Gunakan minyak almond yang sudah dihangatkan, oleskan merata ke seluruh kulit kepala dan rambut. Biarkan selama 20 menit sambil dibungkus dengan handuk yang dibasahi air hangat, lalu keramas.

4. Minyak Kemiri

Cara membuat minyak kemiri untuk rambut botak juga bisa ditujukan untuk merawat rambut agar berwarna hitam dan berkilau alami. Hangatkan sedikit minyak kemiri, lalu pakai di kepala dan seluruh rambut secara merata. Bungkus kepala dengan handuk hangat selama kurang lebih 20 menit. Bilas dengan sampo sesudahnya.

Perawatan Dengan Bahan Alami

Sebagian bahan-bahannya dapat kita jumpai dengan mudah di dapur dan halaman kita. Sedangkan minyak zaitun juga sering digunakan untuk bumbu dapur. Gunakan minyak zaitun yang berjenis Extra Virgin. Berikut ini cara membuat rambut lembut dengan bahan alami :

1. Madu, Telur dan Minyak Zaitun

Manfaat telur untuk rambut adalah memberikan kilau alami pada rambut. Campurlah tiga sendok makan madu,  satu kuning telur dan tiga sendok makan minyak zaitun. Pakai di kulit kepala sambil dipijat dan ratakan ke helai – helai rambut. Cuci rambut setelah 20 menit.

2. Telur

Manfaat masker kuning telur untuk rambut telah sering digunakan dalam dunia perawatan kecantikan. Campurkan tiga kuning telur dan satu sendok makan minyak zaitun serta satu sendok makan madu. Ketika sudah tercampur rata, gunakan di seluruh rambut. Biarkan selama 20 menit, lalu cuci rambut dengan air suam kuku dan menggunakan sampo serta kondisioner sampai bersih. Telur bisa berbau pada rambut, karena itu usahakan untuk membersihkannya dengan benar.

3. Mayones

Mayones terbuat dari emulsi kuning telur dan minyak, dan bisa memberi rambut kelembaban yang diperlukan. Gunakan mayones yang mengandung lemak full. Pakai di seluruh rambut dan biarkan selama setengah jam. Ketika sudah meresap, cuci dengan air hangat, dan dikeramas dengan sampo seperti biasa. Jika Anda alergi telur, jangan gunakan masker yang mengandung bahan telur dan mayones ini.

4. Daun Waru 

Manfaat daun waru untuk rambut selain bisa merawat rambut rontok, uban, anti ketombe, juga dapat menyuburkan dan menumbuhkan rambut. Ambil daun waru secukupnya, lalu hancurkan dalam blender hingga membentuk tekstur seperti pasta. Balurkan ke rambut, terutama pada kulit kepala dan akar rambut. Biarkan meresap selama setengah jam, kemudian bilas dengan air hangat dan cuci dengan sampo.

sponsored links

5. Alpukat dan Pisang

Jika kita ingin mempunyai rambut yang bersinar alami, kita bisa menggunakan manfaat buah alpukat untuk rambut dan manfaat pisang untuk rambut. Hancurkan satu buah pisang dan alpukat yang telah dikerok daging buahnya, campur hingga rata. Pakai di seluruh kulit kepala dan ratakan sampai rambut tertutup masker. Biarkan selama satu jam, kemudian cuci rambut. Manfaat masker alpukat untuk rambut yang digabungkan dengan pisang bisa melembutkan ujung yang bercabang dan memberi elastisitas pada akar rambut.

6. Apel

Manfaat buah apel untuk kesehatan rambut sangat berguna untuk memberikan kilau pada rambut. Rebus satu atau dua buah apel sampai lembek, jumlahnya tergantung dari seberapa panjang rambut Anda. Tiriskan dan hancurkan sehingga menjadi pasta yang kental. Pakai ketika sudah menjadi agak hangat, biarkan selama setengah jam. Kemudian cuci rambut dengan sampo dan beri kondisioner. Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat. Jangan buang kulit apel yang sudah dikupas karena ada manfaat kulit apel untuk rambut yang bisa membuat rambut tampak indah.

7. Lidah Buaya

Untuk perawatan kecantikan, manfaat lidah buaya untuk kulit wajah sering digunakan. Selain itu, ada juga manfaat aloe vera untuk rambut yang bisa bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam masalah rambut. Gunakan gel nya di kulit kepala dann seluruh rambut dengan rata. Biarkan selama kira – kira setengah jam, lalu bilas dengan sampo.

8. Cuka Apel

Jika Anda mempunyai persediaan cuka apel di rumah, tidak perlu mencari jauh – jauh untuk bahan perawatan untuk rambut.  Manfaat cuka apel untuk rambut bisa mengatasi rambut yang kering dan kusam menjadi lembut dan berkilau karena menyeimbangkan tingkat PH di kulit kepala. Beberapa cara untuk memakainya yaitu:

  • Campur seperempat cup cuka apel dengan satu cup air dan gunakan untuk menyiram kepala dan rambut setelah keramas.
  • Campur cuka apel dan air dalam jumlah yang sama, lalu pakailah di rambut serta kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air dingin.

9. Yogurt

Selain sebagai cara mengatasi kulit wajah kering secara alami, yogurt juga bisa digunakan untuk melembutkan rambut. Sisir rambut terlebih dulu dengan sisir yang mempunyai gigi jarang. Oleskan yogurt tawar ke seluruh rambut dan kulit kepala, bungkus dengan shower cap. Biarkan selama sekitar setengah jam, bilas dengan air suam kuku dan keramas.

10. Teh Hitam

Manfaat teh hijau untuk rambut telah diketahui dapat menghambat uban, mempercepat pertumbuhan dan mengatasi ketombe. Begitu pula dengan teh hitam, tidak saja akan memberi rambut kelembutan, tapi juga akan mengurangi rambut yang rontok. Siapkan satu atau beberapa kantung teh hitam dan seduh dengan air mendidih. Biarkan air seduhan teh selama beberapa jam, siram ke rambut yang baru saja dikeramas. Lalu tutup dengan shower cap dan cuci dengan air setelah dibiarkan selama setengah jam.

Tips Lainnya

  • Ketika keramas, jangan memijat kulit kepala menggunakan kuku,karena akan mencederai kulit kepala. Pijat kulit kepala dengan ujung jari adalah cara yang benar.
  • Jangan gunakan air panas untuk membersihkan telur, karena justru akan membuatnya lengket ke rambut dan makin sulit dibersihkan.
  • Jauhkan minyak nabati yang digunakan untuk perawatan dari area mata.
  • Jangan pernah menyikat rambut dengan kasar.
  • Konsumsi makanan yang mengandung biotin, zinc, vitamin C, vitamin E, asam lemak omega 3 dan omega 6.

Mendapatkan rambut yang lembut bisa kita lihat hasilnya asalkan melakukan perawatan yang telaten dan mengikuti semua hal yang dianjurkan. Hindari menggunakan terlalu banyak bahan dengan harapan akan mempercepat efeknya pada rambut. Terlalu banyak bahan justru tidak akan sesuai dengan jumlah yang disarankan dan bisa jadi malah tidak akan membawa hasil perawatan yang baik.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Friday 09th, September 2016 / 08:05 Oleh :
Kategori : Rambut