10 Manfaat Ginseng Untuk Rambut Rontok, Uban dan Ketombe

Sponsored Links

Ginseng atau nama latinnya Panax, umumnya sangat terkenal sebagai tanaman yang berasal dari Korea saja. Padahal, tanaman herba ini juga ada yang tumbuh di belahan bumi Utara seperti Siberia, Manchuria, Cina dan Amerika Serikat, bahkan di Indonesia pun ada. Tanaman yang dijuluki sebagai Raja Herba ini, mempunyai khasiat yang sudah dikenal luas untuk kesehatan seperti meningkatkan stamina, daya tahan tubuh dan kecantikan.

Ada dua tipe ginseng yang dihasilkan dilihat dari cara pengolahannya yaitu  ginseng putih, yang dihasilkan melalui proses pengeringan biasa dan kemudian dihancurkan hingga menjadi bubuk, dan ginseng merah, yaitu akar ginseng yang melalui proses pengukusan baru kemudian dikeringkan. Warna merahnya berasal dari proses pengukusan tersebut.

Kandungan Utama Ginseng Yang Bermanfaat Untuk Rambut

1. Ginsenosida

Manfaatnya yaitu memberikan nutrisi ekstra untuk akar rambut sehingga rambut dapat tumbuh lebih kuat dan terhindar dari masalah kerontokan. Ginseng dipanen setelah beberapa tahun atau pada saat kandungan ginsenosida dalam akarnya ini sudah mencapai batas yang mencukupi.

(Untuk mencegah kerontokan rambut, bisa dibaca juga: manfaat alpukat untuk rambut rontok, manfaat jeruk nipis untuk rambut, cara mengatasi rambut rontok, cara mencegah rambut rontok parah )

2. Saponin

Senyawa ini berfungsi sebagai anti bakteri dalam ginseng sehingga dapat mencegah timbulnya masalah ketombe berlebih di rambut yang disebabkan oleh bakteri.

(Pengobatan ketombe yang lainnya yaitu: manfaat garam untuk rambut berketombe, penyebab kulit kepala gatal dan bentol )

3. Minyak atsiri dan fitosterol

Membantu menangkal kerusakan rambut akibat radikal bebas yang bisa menimbulkan uban di rambut sebelum waktunya, membuat umur rambut hitam semakin pendek.

(Baca juga: cara menghitamkan rambut secara alami, penyebab kerusakan pada rambut)

4. Kandungan selulosa

Zat ini berguna membantu memberikan lapisan pelindung pada rambut sehingga terhindar dari kerusakan akibat paparan faktor eksternal seperti polusi, terpaan matahari, dan lain lain.

(Baca juga: penyebab rambut bercabang, manfaat minyak zaitun untuk rambut anak, cara mengatasi rambut kering )

sponsored links

Pemanfaatan Ginseng untuk Rambut

Sekarang ini sangat mudah menemukan produk perawatan rambut yang berbahan dasar ginseng atau menggunakan ekstrak ginseng sebagai campurannya.

1. Digunakan sebagai campuran dalam sampo

Karena sifat ginseng yang bisa menyerap ke dalam kulit kepala sehingga manfaatnya dapat lebih memberikan hasil yang maksimal, tentunya jika digunakan untuk keramas secara rutin.

(Baca juga: manfaat cuci rambut setiap hari)

2. Digunakan sebagai hair tonic

Selain untuk keramas, ginseng juga bisa diaplikasikan dalam bentuk hair tonic yang telah banyak dijual di pertokoan dan gerai kecantikan. Aman untuk dipakai setiap hari.

3. Masker rambut

Bisa digunakan pada malam hari sebelum tidur lalu dibiarkan semalaman untuk dibersihkan esok paginya. Salah satu campuran masker ginseng yaitu dengan madu dan kuning telur.

(Baca juga: manfaat hair mask untuk rambut, cara melembutkan rambut )

4. Bahan Creambath

Ginseng juga diandalkan sebagai bahan baku obat yang dipakai untuk creambath jika Anda memilih melakukan perawatan di salon dengan penata rambut.

(Tentang perawatan di salon, baca juga: jenis perawatan rambut di salon, bahaya facial di salon)

5. Bahan minuman

Manfaat ginseng juga bisa didapat dengan menjadikannya campuran untuk diminum. Banyak cara untuk membuatnya, misalnya dalam bentuk bubuk, mengolahnya menjadi obat herba, jamu, pil, bahkan teh ginseng. Konsumsi ginseng dalam bentuk minuman juga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan manfaatnya yang akan menyerap ke dalam tubuh, menutrisi tubuh dengan zat – zat yang terkandung di dalamnya sehingga peredaran darah lancar, imunitas terjaga, tubuh yang sehat menunjang pertumbuhan rambut yang sehat pula. Pengolahan ginseng sebagai obat herbal sebaiknya dilakukan oleh ahlinya, untuk memastikan dosis yang digunakan cukup dan tidak berlebihan.

Sponsors Link

(Manfaat dari teh lainnya, baca juga: manfaat teh hijau untuk rambut)

6. Kerontokan

Akibat lemahnya akar rambut, maka mudah sekali helai – helai rambut berguguran jika disisir atau bahkan jika sekadar disentuh. Salah satu kegunaan ginseng yaitu sebagai penguat akar rambut. Sehingga Anda dapat bebas menata rambut tanpa khawatir adanya rambut rontok.

(Baca juga: cara merawat rambut rontok dan kering, cara mengatasi rambut rontok, manfaat alpukat untuk rambut rontok )

7. Mencegah rambut beruban

Rambut beruban akan membuat kita tampak lebih tua. Terkadang faktor eksternal membuat uban muncul lebih dini pada rambut.  Perawatan rutin menggunakan ginseng bisa memperbaiki warna rambut dan mencegah uban muncul lebih awal.

(Baca juga untuk perawatan rambut beruban: manfaat telur untuk rambut, cara menghitamkan rambut secara alami)

8. Ketombe

Ketombe yang bertebaran di bahu kita pasti lumayan menutunkan tingkat kepercayaan diri dalam beraktivitas. Bagus jika diatasi dengan ginseng.

(Berkaitan dengan membasmi ketombe, baca juga: manfaat jeruk nipis untuk rambut)

9.Rambut rusak

Senyawa pelindung dalam ginseng membantu melindungi rambut yang kusam,pecah dan bercabang.

(Baca juga: penyebab kerusakan pada rambut, manfaat almond untuk rambut)

10. Mendorong pertumbuhan rambut

Jika akar rambut menguat, tentunya pertumbuhan rambut juga akan lebih optimal.

Efek Samping

Pemakaian ginseng dalam batas dosis yang dianjurkan sangat aman. Namun tidak menutup kemungkinan jika pemakaian berlebih akan menimbulkan efek samping bagi tubuh kita, seperti berikut ini:

  • Tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui, kecuali dengan pengawasan dokter dan ahli herba.
  • Bisa menimbulkan masalah pada ginjal.
  • Menimbulkan insomnia atau kesulitan tidur
  • Menimbulkan tekanan darah tinggi.

Efek samping ini dapat timbul jika ginseng dikonsumsi tidak sesuai dosis yang dianjurkan. Oleh karenanya, sangat baik untuk meminta petunjuk dari dokter atau ahli herba serta tenaga pengobatan yang kompeten sebelum mencoba mengonsumsi. Nah, setelah mengetahui khasiat dan efek sampingnya, Anda bisa memulai mencoba perawatan rambut dengan menggunakan ginseng ini.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Wednesday 18th, May 2016 / 07:44 Oleh :
Kategori : Rambut