Sponsors Link

25 Manfaat Hair Tonic bagi Kesehatan Rambut

Sponsors Link

Untuk mendapatkan rambut sehat dan tidak bermasalah dalam janagka panjang merawat kesehatan rambut tidak hanya cukup dikeramas saja, namun ada langkah yang paling manjur dalam mewujudkan hal tersebut yaitu dengan rajin dan konsisten menggunakan hair tonic setelah selesai keramas. (Baca Juga: Cara Mencegah Rambut Mengembang  ,  Cara Merawat Rambut Bob )

ads

Macam Macam Hair Tonic

1. Hair tonic berbahan dasar Gingseng

Hair tonic yang dibuat dengan bahan dasar gingsung diformulasikan khusus untuk kondisi raambut yang mengalaami kerusakan, stres dan rapuh sehingga rambut mudah rontok dalam jumlah yang cukup banyak setiap hari. hair tonic gingseng juga ditambahkan dengan pro-vitamin B5 untuyk memperkuat kinerja gingseng dalam mengatasi rambut yang rusak. (Baca Juga: Manfaat Garam untuk Perawatan Rambut Berketombe , Manfaat Ginseng Untuk Rambut)

2. Hair tonic jenis spa Rose

Hair tonic spa Rose memiliki kemnampuan untuk mengangkat sel kulit mati yang ada dikulit kepal, meningkatkan elastisitas rambut serta menyuburkan rambut yang sering rontok dan lama untuk panjang. (Baca Juga: Cara Merawat Rambut Rontok dan kering)

3. Hair tonic jenis spa Jasmine

Hair tonic spa Jasmine dapat melembutkan permukaan rambut yang kering, kasar dan mudah patah. hair tonic ini mampu meningkatkan elastisitasnya. sehingga rambut tidak nampak kusam dan ljustru terlihat ebih berkilau. (Baca Juga: Cara Mencegah Rambut Bercabang dan Kering)

4. Hair tonic berbahan dasar kemiri

Hair tonic kemiri mampu memperbaiki dan meningkatkan pigmentasi pada kutikula agar rambut senantiasa hitam berkilau dan tidak bercabang kemerahan. kondisi ini dapat membuat rambut tidak mudah patah atau kemerahan akibat paparan sinar mataahaari secara berlebihan. (Baca Juga: Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Rambut Botak)

5. Hair tonic Olive

Hair tonic olive ini diformulasikan khusus untuk rambut kering, tetap lembab alami, mampu meregenerasi sel sel rambut yang mengalaami kerusakan akibat radikal bebas termasuik polusi udara dan sinar ultra violet. (Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Anak)

6. Hair tonic berbahan dasar Herbal

Hair tonic herbal mempunyai beberapa pilihan lain yang dibuat dengan bahan dasar daun bayam, daun mangkokan, alpukat, rumput laut  dan lain lain. semuanya diracik sedemikian rupa untuk menutrisi rambutagar tetap sehat dan memperbaiki kutikula rambut yang nyaris rusak akibat sengatan matahari atau pemakaian shampo yang kurang tepat atau mamapu meningkatkan dan memperbaiki kualitas kesehatan rambut dari segi biologi. (Baca Juga: Manfaat Masker Alpukat untuk Rambut , Manfaat Alpukat Untuk Perawatan Rambut Rontok)

7. Hair tonic berbahan dasar Henna

Hair tonic ini terbuat dari bahan almi daaun henna yang menyehatkaan rmbut dari kutikula sampai ujungnya, kemampouan lain dapat menjadikan rambut senantiasa terlihat hitam berkilau, bercahaya dan mudah dsisir (tidak mudah kusut).

8. Hair tonic berbahan dasar Green tea

Green tea bertindak sebagai antioksidan kuat dan memiliki kemampuan mengangkat sel kulit mati pada kulit kepal dan melembutkan rambut agar lebih elastis dan bercahaya. (Baca Juga: Penyebab Kulit Berminyak)

9. Hair tonic anti ketombe

Diformulasikan untuk membersihkan segala kotoiran atau kertombe yang ada dipermukaan kulit kepala, memberikan kelembaban alami dan mengatur kelebihan minyak yang ada dipermukaan kulit kepaal sehingga terhindar dari gatal gatal dan jamur. (Baca Juga: Penyebab Kulit Kepala Gatal)

ads

10. Hair tonic berbahan dasar lidah buaya

Hair tonic ini diformulasikan untuk menyuburkan rambut yang sulit tumbuh dengan cepat. lidah buaya dapat menebalkan rambut karena mengurangi volume kerontokan sehingga rmbut ajkan selalu nampak indah, tebal dan berkilau. (baca Juga: Cara Merawat Rambut Dengan Lidah Buaya)

Ciri Ciri Rambut Sehat

  1. Tidak mudah rontok
  2. terlihat tebal
  3. tidak bercabang kemerahan
  4. kulit kepala tidak gatal gatal
  5. Kondisi permukaan rambut tidak kering
  6. Mudah panjang
  7. Terlihat berkilau tidak kusam
  8. Tidak mudah tumbuh uban
  9. permukaan rambut lembut , halus dan ringan
  10. Kulit kepala tidak berminyak berlebihan yang sering membuat kondisi rambut menjadi lepek, basah dan tipis.

(Baca Juga: Cara Mencegah Rambut Beruban , Penyebab Rambut Beruban)

Keindahan dan kesehatan rambut seseorang juga bisa didukung dengan kebiasaan seseorang mengkonsumsi air putih yang banyak setidaknya 7 sampai 8 liter perhari. jika tubuh dalam keadaan tidak dehidrasi maka kondisi kulit kepala dan rambutpun ikut tidak mengalami dehidrasi. Dehidrasi tubuh bisa menyebabkan rambut menjadi kering dan stres serta menyebabkan kekuatan akar erambut semakin berkurang.

Pendukung Utama untuk Mewujudkan Kesehatan Rambut

  1. Melakukan keramas setiap hari satu kali dengan pemilihan shampo yang sesuai dengan kondisi rambut
  2. Rajin menggunkana condisioner setelah keramas
  3. Melakukan creambath setidaknya 1 sampai 2 kali satu bulan
  4. Melakauakn masker rambut setidaknya satu kali dalm satu bulan
  5. Memberikan perhatian ekstra berupa olesan vitamin rambut seminggu 2 kali atau setiap hari
  6. Pemberian hair tonic

(Baca Juga: Manfaat Avokad untuk Perawatan Rambut , Manfaat Cuka Apel untuk Rambut)

Pemberian hair tonic sebenarnya bukan hanya diaplikasikan pada kulit kepala setelah selesai keramas. tetapi juga dapat diberikan pada kulit kepaal sambil dipijat pijat perlahan kapan saja selama rambut dan kulit kepala dalam keadaan bersih dan tidak berkeringat.

Manfaat Penggunaan Hair Tonic

  1. Menyuburkan rambut
  2. Mencegah dan mengurangi kerontokan
  3. Mempercepat pertumbuhan rambut
  4. Mempercepat rambut panjang
  5. Meancarkan peredaran darah kepala
  6. Mencegah peradangan pada kulit kepala
  7. Mencegah gatal gatal dan ketombe
  8. Mencegah kebotakan dini
  9. Meningkatkan elastis rambut
  10. 10.Fotikel rambut lebih sehat
  11. Menghilangkan stres pada rambut
  12. Meningkatkan pertahana rambut terhadap radikal bebas
  13. Menebalkan rambut
  14. Menutrisi rambut yang dibonding
  15. Menutrisi rambut yang dikeriting
  16. Menutrisi rambut yang diwaernai
  17. Mencegah datangnya uban dini
  18. Menghitamkan rambut
  19. Menguatkan rambut
  20. Rambut senantiasa berkilau
  21. Mencegah peradangan dikulit kepala
  22. Dapat melumasi rambut (melembabkan)
  23. Mengontrol kelebihan minyak dikulit kepal
  24. Memperbaiki struktur rambut yang rusak
  25. Meningkatakan kerapatan kutikula rambut agar tidak mudah patah

(Baca Juga:  Penyebab Rambut Rontok Parah , Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering)

Tahukah anda bahwa apa yang kita makan akan mencerminkan kondisi rambutmu dari luar?

Mewujudkan kondisi rambut yang sehat tidak terhenti pada perawatan rambut yang menggunkana hair tonic saja namun lenih menekankan pada pola makan yang sehat sehingga dapat membuat kesehatan akar rambut dan kulit kepala akan selalu berada pada kondisi terbaiknya. ingatlah apa yang kita makan akan mencerminkan kondisi rambutmu dari luar.

Baca Juga:

Tidak mungkin seseorang yang gemar mengkonsumsi obatan obatan narkoba, minuman beralkohol dan membiasakan diri mengkonsumsi makanan junk food akan memiliki kondisi rambut yang berkilau, halus dan tebal. seseortrang memiliki pokla makan dan gaya hidup yang buruk dapat memicu kerontokan rambut, tumbuh uban lebih dini, rambut bercabang dan patah serta serangan ketombe dan gatal gatal dikulit kepala.

Manfaat Lain dari Hair Tonic selain untuk Perawatan Rambut

  1. Dapat menstimulasi peredaran darah dikepala menjadi lebih lancar sehingga dapat mencegah timbulnya migrain (baca juga: Bahaya Cuka untuk Rambut)
  2. Dapat mengendalikan kelebihan sebum atau minyak pada permukaan kulit kepala agar mencegah munculnya gatal gatal dan ketombe
  3. Dapat memperkuat jaringan akar rambut sehingga rambut tidak mudah terlepas ketika tanpa sengaja mendapat tekanan dan tarikan yang keras ketika sedang menyisir atau mengikat rambut
  4. Dapat menenangkan saraf saraf dikulit kepala agar rambut tidak mengalami stres ketika mendapat serangan radikal bebas berupa debu dan kotoran selama beraktifitas diluar rumah.
  5. Dapat menutrisi kulit kepala sehingga terhindar dari pertumbuhna jamur atau bakteri yang dihasilkan dari keriungat yang telah bercampur dengan debu dan kotoran lain. (Baca Juga: Penyebab Rambut Bercabang dan Rusak , Cara Alami Menghilangkan Ketombe)

Akibat Pemakaian Hair Tonic yang Tidak Tepat

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan perawatan rambut dengan mernggunakan hair tonic.

  1. Tidak dianjurkan memberikan hair tonic pada saat ada luka dikulit kepala
  2. Jangan memberikan hair tonic sesaat setelah rambut mendapatkan proses pengeritingan (tunggu sampai 7 hari setelahnya) (Baca Juga: Penyebab Alergi Kulit Wajah , Cara Menghilangkan Ketombe Di Kulit Kepala)
  3. Jangan memberikan hair tonic sesaat setelah rambut mendapatkan proses pewarnaan (tunggu sampai 7 hari setelahnya)
  4. Jangan memberikan hair tonic sesaat setelah rambut mendapatkan proses pelurusan (tunggu sampai 7 hari setelahnya)
  5. Tidak dianjurkan memberikan hair tonic pada saat kulit kepala berkeringat atau berketombe
  6. Tidak dianjurkan memberikan hair tonic pada saat rambut basah setelah keramas (tunggulah sampai setengah kering atau sudah kering )
  7. Tidak dianjurkan memakai hair tonic dalam keadaan tubuh sedang terserang demam atau sedang tidak fit (Baca Juga: Cara Mengurangi Rambut Rontok , Cara Merawat Rambut Kering)
  8. Tidak dianjurkan setelah memakai hair tonic terlalu lama terpapar ultaviolet tanpa perlindungan (misalnya dengan payung atau topi)
  9. Berenang atau terlalu sering menyelam dilaut dapat mengganggu kesehatan rambut sehingga pemakaian hair tonik yang tidak konsisten tidak makan memberikan hasil yang optimal
  10. Pilih dan pakailah hair tonic yang sesuai kebutuhan rambut misalnya rambut mudah rontok pakailah hair tonic yang berbahan dasar gingseng atau untuk rambut yang tipis dan sulit panjang dapat memakai bahan dasar kemiri dan lain lain. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering , Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut)

Cara Membuat Hair Tonic

Hair tonik bisa dibuat dengan menggunakan bahan alami yang biasa dipakai oleh ibu rumah tangga misalnya minyak kelapa, santan, susu sapi murni dan air jeruk nipis. (Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut , Cara Mengatasi Rambut Bercabang)

Cara membuat hair tonic sederhana yang dapat dibuat sendiri dirumah dan langsung diaplikasikan pada rambut selama 30 menit kemudian dibilas dengan air bersih yang hangat kemudian dilanjutkan dengan pemakaian air dingin.

Sponsors Link

1. Cara 1

Bahan bahan yang dibutuhkan adalah :

  1. Santan kental
  2. susu murni
  3. air jeruk nipis

Santan kelapa yang kental dapat dicampur dengan susu murni dengan ukuran 1 banding satu atau ukuran yang saama. misalnya 5 sendok makan santan, 5 sendok makan susu murni dan 5 sendok air perasan jeruk nipis. Ramuan tradisional ini dapat diaduk sampai rata dan diaplikasikan pada rambut sambil kepal dipijat pijat perlahan. setelah itu bungkuslah rambut dan kepala dengan handuk yang sebelumnya telah direndam dalam air yang hangat, biarkan selama 30 menit. (Baca Juga: Manfaat Susu Untuk Rambut , Cara Membuat Lulur Susu Yang Mudah)

  • Cara ini jika rajin dilakukan maka akan memperkuat akar rambut,
  • Menjaga dan mempertahankan kelembaban rambut akan selalu terjaga stabil
  • dan kulit kepala terhindar dari pertumbuhan bakteri penyebab gatal gatal.

2. Cara 2

Bahan bahan yang dibutuhkan adalah :

  1. Minyak kelapa
  2. air jeruk nipis

Minyak kelapa murni dapat dipanaskan terlebih dahulu setelah hangat campurkan air jeruk nipis lalu diaduk hingga merata. Oleskan ramuan ini pada kulut kepala sambil memijat perlahan selama 10 menit kemudian bungkuslah rambut dengan menggunakan handuk yang sebelumnya telah direndam didalam air hangat. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami , Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Jeruk Nipis)

  • Ramuan sederhana ini mampu menghindari rambut dari kekeringan,
  • Mengatasi dehidrasi pada kulit kepala dan tidak mudah rusak ketika terserang sengatan matahari dalam waktu yang lama.
  • Minyak kelapa dapat menutrisi dari batang hingga ujungnya sehingga rambut akan terhindar dari bercabang, kemerahan dan kering. ramuan ini juga bisa membuat struktur permukaan rambut menjadi lebih halus dan ringan.

3. Cara 3

Bahan bahan yang dibutuhkan adalah:

  • Teh hitam

Teh hitam yang telah diseduh kemudian dibiarkan dingin selama satu hari dapat dijadikan tonic yang kuat pada rambut yang sering rontok atau mudah rontok dalam jumlah yang banyak ketika disisir dan ketika bangun tidur. Oleskan air teh kental pada seluruh bagian kulit kepala dan lakukaan pemijatan perlahan kira kira selama 10 menit atau 20 menit. bungkuslah dengan rambut dengan menggunakan handuk yang sebelumnya telah direndam diair hangat. lakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan rambut yang lebih sehat . (Baca Juga: Produk Vitamin Rambut Kering , Cara Mengatasi Rambut Kusut)

  • Ramuan sederhana ini ampuh untuk memperkuat akar rambut
  • Dapat membuat tampilan rambut lebih berkilau
  • Dapat melindungi rambut dari munculnya uban dini
  • Menebalkan setiap helai rambut dan mencegah kerontokan dalam jumlah yang banyak

4. Cara 4

Bahan bahan yang dibutuhkan adalah :

  1. Bunga sepatu
  2. Bunga lotus
  3. Air jeruk nipis

Rebuslah bunga sepatu dan bunga lotus secara bersamaan hingga airnya mendidih. kemudian dinginkan lalu saringlah airnya dan tambahkan perasan air jeruk nipis, aduklah hingga merata. anda dapat oleskan pada kulit kepala dan rambut sambil dilakukan pemijatan perlahan hingga 20 menit. bungkus rambut dengan handuk yang sebelumnya telah direndam diair hangat. (Baca Juga:  Sampo Untuk Rambut Berminyak , Penyebab Kulit Berminyak)

  • Ramuan sederhana ini mampu membuat rambut kusam menjadi bercahaya
  • Kulit kepala terhindar dari serangan bakteri yang dihasilkan dari keringat yang bercampur debu
  • Menghitamkan rambut secara bertahap
  • Meningkatkan pertahana rambut terhadap serangan radikal bebas termasuk sinar ultraviolet

Menggunakan hair tonic secara instan yang bisa dibeli ditoko kosmetik baik bagi peningkatan kesehatan rambut dan kulit kepal, namun jika menggunakan hair tonic buatan sendiri yang dibuat dari bahan bahan alami akan tetap bisa mendapatkan hasil yang sama baiknya. Namun hair tonic buatan sendiri jauh lebih aman karena didalam pembuatnnya tidak ikut serta bahan bahan kimia dan manfaat hair tonic pun akan jauh lebih maksimal.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Monday 02nd, January 2017 / 13:51 Oleh :
Kategori : Rambut