Sponsors Link

26 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah Secara Alami dan Cepat

Sponsored Links

Kerutan atau keriput serta garis halus akan nampak seiring bertambahnya usia kita. Munculnya tanda-tanda demikian mengartikan bahwa penuaan dini tengah terjadi dan meski normal, hal ini cukup mengganggu penampilan. Banyak orang mulai tak percaya diri dikarenakan munculnya kerutan pada wajah, bisa itu di pipi, area mata, atau dahi, dapat juga muncul pada daerah wajah lainnya.

Memang kerutan bukanlah gangguan kesehatan yang harus Anda khawatirkan, namun karena kerutan yang kelihatan, seseorang bisa menjadi minder. Kebiasaan-kebiasaan buruk juga mampu menjadi pemicu kerutan atau keriput, seperti misalnya mengonsumsi alkohol, kurang tidur, paparan sinar matahari, maupun kebiasaan merokok. Berikut adalah cara menghilangkan kerutan di wajah yang bisa Anda lebih baik terapkan.

(Baca juga: cara menghilangkan kerutan di mata)

1. Mengurangi Stres

Stres juga kerap disebut-sebut sebagai salah satu faktor yang meningkatkan potensi seseorang mengalami penuaan dini. Kerutan pada wajah bisa saja terjadi karena masalah yang bertumpuk-tumpuk dan tak kunjung selesai. Stres mampu berefek buruk untuk kondisi tubuh seseorang meski tidaklah terjadi pada semua orang.

Melakukan relaksasi adalah hal penting demi menjaga supaya stres tidak berdampak negatif terhadap kulit. Berpikir positif juga adalah kunci dari menghilangkan stres penyebab penuaan dini. Karena setiap persoalan selalu ada solusinya dan tak akan melebihi kemampuan kita, mencoba untuk rileks adalah yang terbaik untuk mengelola tekanan mental.

2. Rajin Berolahraga

Olahraga tak hanya berguna bagi yang sedang ingin membentuk tubuh atau menurunkan berat badan. Manfaat olahraga lebih dari itu karena kegiatan fisik selalu bagus untuk menghilangkan stres maupun meningkatkan kesehatan kulit. Kerutan pada wajah yang merupakan tanda penuaan dini juga mampu diperlambat atau dicegah dengan rajin melakukan latihan fisik.

Malas olahraga adalah kunci dari timbulnya penyakit, bahkan hal tersebut menjadi pemicu layunya kulit wajah. Bagi yang masih cukup muda, olahraga bisa mengatasi penuaan dini, jadi lakukanlah aktivitas yang menyenangkan Anda. Jogging pun tak apa bila Anda ingin melakukan olahraga yang ringan-ringan saja, tapi akan lebih baik kalau dilakukan pagi hari.

(Baca juga: penyebab kulit keriput di usia muda)

3. Memijat Wajah

Melakukan pemijatan secara singkat namun teratur pada bagian wajah akan sangat menolong bagi Anda yang ingin mengatasi masalah keriput. Bahkan Anda juga perlu memfokuskan proses pemijatan pada area kelenjar getah bening supaya kelebihan berat air yang ada pada wajah dapat dikurangi. Kerutan pun akhirnya bisa hilang dengan lebih gampang.

  • Mulailah dengan gerakan memutar saat memijat pada area bawah telinga lalu ke sisi leher turun ke selangka, dan gunakan hanya jari tengah serta jari telunjuk.
  • Lanjutkan pemijatan pada area bawah dagu, lalu lanjutkan ke bawah tulang rahang serta menuju telinga.
  • Sesi berikutnya adalah area mata bagian dalam ke bagian luar dan pindah ke pelipis menelusuri dua sisi wajah.
  • Gerakan tersebut bisa diulang 5 kali dalam sehari untuk hasil yang memuaskan.

4. Menggunakan Minyak Zaitun

Mungkin Anda hanya baru tahu akan cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan minyak zaitun. Padahal minyak zaitun juga berguna untuk menghilangkan kerutan-kerutan penanda penuaan dini di wajah.

  • Caranya: Setiap hari cobalah untuk mencuci wajah menggunakan minyak zaitun yang kandungan asam linoleatnya tinggi. Tujuannya adalah untuk membuat kulit selalu terhidrasi sehingga jauh dari tanda-tanda kerutan dan garis halus. Perawatan rutin akan membantu memunculkan hasil seperti yang diinginkan.

(Baca juga: manfaat minyak zaitun untuk rambut anak)

5. Mengonsumsi Air Putih

Minum banyak air putih tak hanya menjadi cara mencegah kerutan di wajah, tapi juga bisa menghilangkannya. Jangan remehkan air putih karena manfaatnya tak hanya sekadar untuk membuat keseimbangan cairan tubuh, tapi juga mampu meningkatkan kelembaban kulit. Ketika kulit selalu lembab, keriput pun tak akan mudah datang, jadi minumlah sekitar 2 liter atau 8 gelas air putih dalam sehari.

6. Memakai Lap Basah

Untuk membuat kerutan hilang dan memudar, Anda bisa mencoba untuk memakai lap basah yang mampu Anda basahi menggunakan air hangat. Kemudian, tepuk-tepukkanlah ke area wajah yang muncul kerutan. Pastikan Anda menepuk-nepuknya secara merata dan lakukan setiap kali hendak tidur serta keesokan paginya sebelum beraktivitas.

sponsored links

7. Mengoleskan Serum atau Krim Mata

Serum atau krim khusus untuk mata dapat dijadikan perawatan rutin Anda demi membuat area kerutan pada wajah bisa terasa lebih lembab. Keriput akan lebih gampang diatasi dengan gampang oleh karena area mata yang dirawat sedemikian rupa setiap sebelum tidur di malam hari khusus untuk krim mata. Sedangkan untuk serum, pastikan Anda hanya memakainya sekali seminggu saja asal rutin; justru biasanya serum lebih bermanfaat untuk kekencangan kulit sehingga keriput pada mata dan daerah wajah lainnya menjadi memudar lebih cepat.

(Baca juga: manfaat madu untuk masker wajah)

8. Menggunakan Susu dan Madu

Madu dan susu adalah dua sumber nutrisi lengkap yang tak hanya akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh tapi juga untuk kulit. Karena ada senyawa humektan di dalam madu, maka kelembaban kulit Anda akan selalu terjaga dengan baik. Dengan adanya kandungan tersebut, elastisitas kulit pun akan terus terjaga baik dan inilah yang membuat keriput tak mudah timbul.

Sedangkan untuk susu, di dalam bahan ini terdapat asam laktat yang termasuk besar kadarnya sehingga baik untuk menghilangkan kotoran dalam kulit wajah. Ketika pori-pori bersih dari kotoran, kolagen akhirnya juga dapat terekskresi dengan baik secara maksimal. Dapatkan manfaat susu untuk kulit yang bakal makin optimal bila dikombinasikan bersama madu.

9. Memakai Masker Nanas

Mungkin penggunaan nanas lebih dikenal sebagai salah satu cara menghilangkan tompel secara alami. Tapi nanas bisa melakukan lebih dari itu dan sangat berkhasiat bagi yang ingin membuat wajah bebas tanda penuaan dini. Tak begitu sulit pula untuk meramu larutan yang Anda bisa jadikan masker.

  • Caranya: Siapkan buah nanas secukupnya bersama dengan air hangat. Setelah buah nanas dikupas dan dicuci, dagingnya bisa diambil untuk kemudian Anda usap-usapkan ke wajah secara menyeluruh. Diamkan selama kurang lebih 15 menit sebelum memakai air hangat untuk mencuci wajah. Melakukan perawatan ini secara teratur setiap hari akan memberikan hasil sempurna untuk memudarkan kerutan.

(Baca juga: cara menghilangkan kutil secara alami)

10. Memakai Masker Semangka

Semangka adalah buah segar yang tak hanya bisa dimakan ketika udara sedang panas-panasnya. Semangka merupakan salah satu cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami yang bakal Anda sukai karena bisa dijadikan masker tanpa sulit membuatnya.

  • Caranya: Sediakan buah semangka tak usah banyak-banyak, secukupnya saja. Kemudian, tumbuklah buah semangka sampai benar-benar lembut atau blender saja supaya lebih gampang mendapatkan tekstur yang diinginkan. Kemudian Anda masih harus memerasnya lagi untuk diambil airnya, barulah air perasan Anda simpan di dalam lemari es selama seharian alias 24 jam sebelum dipakai dengan cara dioles ke wajah yang ada kerutannya. Melakukannya rutin akan secara efektif memudarkan kerutan.

11. Melakukan Senam Wajah

Senam wajah memberikan banyak manfaat, terutama dalam menunda penuaan dini. Lewat senam wajah, tak hanya kerutan saja yang hilang, tapi juga pikiran bakal menjadi lebih tenang dan rileks. Ini adalah salah satu cara dalam mengelola rasa stres yang juga berdampak positif bagi kerutan agar menjadi halus serta elastis.

Senam wajah juga bisa dilakukan kapan saja serta di mana saja tanpa harus menggunakan alat atau bahan tertentu, jadi ini adalah cara paling murah serta simpel yang Anda bisa coba. Kulit wajah yang sudah kendur akan mampu dikencangkan kembali ketika melakukan langkah-langkah berikut:

  • Usap bagian dagu, pijat lembut menggunakan dua tangan sambil menghitung hingga 10 hitungan, ini bagus untuk kerutan pada bawah bibir.
  • Tarik dahi bagian bawah ke atas juga memakai kedua tangan dan sampai 10 hitungan. Tangan kemudian diarahkan ke sisi dahi supaya otot-ototnya dapat tertarik; ini sangat baik untuk kerutan pada dahi.
  • Beri tekanan atau pijatan pada bagian area mata kanan dan kiri menggunakan kedua tangan. Mulailah dari depan pelipis menuju samping dengan 10 hitungan juga; ini efektif untuk mencegah kerutan pada sudut mata menjadi semakin parah dan nampak.

(Baca juga: cara mengencangkan kulit leher)

12. Memakai Masker dari Telur Ayam

Telur yang dimaksud di sini adalah telur ayam kampung karena memang lebih baik serta bermanfaat bagi kulit.

  • Caranya: Cukup dengan menyediakan sebutir saja, dan tidak ketinggalan secangkir tepung kacang hijau dan secangkir tepung beras. Campurkan seluruh bahan yang kemudian bisa Anda jemur bersama; baru tumbuklah sesudah mengering. Oles ke bagian kulit berkerut sambil Anda gosok-gosokkan ke wajah.

13. Menggunakan Minyak Jarak

Tak banyak yang tahu bahwa minyak jarak sangat berguna untuk mencegah kerutan dan penuaan dini. Kalau Anda pernah tahu bahwa penggunaan minyak jarak dapat menjadi cara menghilangkan tahi lalat di wajah, kali ini Anda perlu memanfaatkannya sebagai penghilang kerutan secara alami.

  • Caranya: Siapkan minyak jarak secukupnya saja, tapi Anda tidak bisa langsung menggunakannya. Minyak jarak ini perlu dihangatkan lebih dulu, jadi Anda perlu memakainya ketika keadaannya suam-suam kuku. Panaskan selama 2 menit, barulah setelah terasa hangat Anda bisa oles minyak jarak ke seluruh wajah, atau hanya ke bagian yang dipenuhi kerutan serta garis halus yang mengganggu.

(Baca juga: cara membuat muka tirus secara alami)

14. Menggunakan Anggur Hijau

Bila Anda mungkin sudah tahu adanya manfaat anggur untuk rambut, anggur juga dapat Anda gunakan untuk merawat kulit. Kulit berkerut dan memunculkan tanda-tanda penuaan dini harus segera diatasi dan anggur hijau adalah bahan yang tepat. Karena menjadi ratu buah-buahan, tentunya ada manfaat segudang yang bisa Anda peroleh.

  • Caranya: Siapkan buah anggur secukupnya yang kemudian dapat Anda cuci lebih dulu sampai bersih. Sesudah dicuci, Anda dapat membelahnya menjadi 2 dan kemudian usap-usapkan ke wajah sampai menyeluruh. Ratakanlah dan tunggu kira-kira 20 menitan sebelum memakai air hangat untuk mencuci wajah sampai bersih. Lakukanlah secara rutin setiap hari jika menginginkan hasil maksimal.

15. Memakai Bengkoang

Karena termasuk di dalam cara mengencangkan kulit wajah terampuh, penggunaan bengkoang tentu sudah tak diragukan lagi dapat menghilangkan kerutan pada wajah. Selain membuat kulit wajah menjadi kencang, kulit pun bakal menjadi lebih bercahaya dan cerah karena bengkoang mampu memutihkan kulit juga.

  • Caranya: Siapkanlah bengkoang secukupnya saja yang lalu bisa Anda parut. Parutan bengkoang inilah yang bisa diaplikasikan langsung ke wajah; penerapan ke seluruh wajah lebih baik meski Anda juga bisa menerapkan hanya di bagian yang berkerut. Tunggulah selama sejam demi penyerapan nutrisi optimal ke dalam kulit. Baru sesudahnya Anda bisa cuci wajah menggunakan air hangat.

(Baca juga: manfaat bengkoang untuk kulit)

16. Menggunakan Alpukat

Sudah banyak diketahui akan manfaat alpukat untuk kulit begitu besar, jadi tak salah bila Anda memilih alpukat untuk perawatan kulit Anda yang berkerut. Karena alpukat mengandung banyak nutrisi baik, tak terkecuali vitamin E, Anda bisa memanfaatkannya untuk menjaga kesehatan kulit dan menjauhkannya dari tanda penuaan dini.

  • Caranya: Siapkan buah alpukat secukupnya yang kemudian dapat Anda tumbuk sampai lembut. Setelah ramuan buah alpukat menjadi lembut, Anda dapat mengoleskannya langsung ke wajah sampai rata. Produksi minyak pada wajah bakal terangsang oleh kandungan alpukat, jadi ini akan menghilangkan serta menghambat kemunculan keriput. Setelah beberapa menit bilas langsung dengan air.

17. Menggunakan Pepaya

Pepaya biasanya adalah bahan alami yang bisa digunakan untuk mengeksfoliasi kulit wajah. Manfaat eksfoliasi wajah adalah untuk membuat sel-sel kulit wajah yang sudah mati dapat terangkat dan mendukung regenerasi sel baru. Tapi pepaya juga mampu membantu supaya kerutan yang mengganggu di area wajah memudar secara alami.

  • Caranya: Siapkan pepaya, madu serta oatmeal mentah dan awali dengan menghaluskan lebih dulu buah pepaya yang sudah matang. Kemudian pepaya bisa dicampur ebrsama oatmeal mentah serta ditambahkan madu juga sedikit. Sesudah jadi, terapkan ke wajah dan tunggu paling maksimal setengah jam. Baru setelah itu bilas dengan air hangat; untuk hasil terbaik, lakukan sekali seminggu dan rutin.

(Baca juga: manfaat masker pepaya bagi kulit)

18. Memakai Tomat

Manfaat tomat untuk kulit tentunya juga tak usah diragukan lagi karena tomat pun berguna untuk menghilangkan kerutan tanda penuaan dini.

  • Caranya: Siapkan 1 buah tomat serta juga madu untuk melengkapinya. Sesudah Anda mencuci tomat sampai bersih, potong-potonglah lebih dulu sebelum kemudian lanjut dengan memerasnya. Perasan tomat inilah yang Anda perlu tambahkan dengan madu secukupnya, dan aduk serta campur hingga merata. Sesudah jadi, larutan atau ramuan ini dapat Anda oles ke wajah secara menyeluruh atau hanya pada bagian yang berkerut. Tomat juga bakal berguna membuat wajah Anda lebih putih, cerah serta sehat.

19. Memakai Putih Telur

Tak hanya cara menghilangkan komedo dengan putih telur saja yang perlu Anda ketahui, tapi juga cara menghilangkan kerutan serta garis halus pada wajah menggunakan putih telur. Kaya akan protein, putih telur bakal mampu mendukung proses regenerasi sel-sel kulit baru. Dengan sifat astringent-nya jugalah kulit bakal terasa lebih kencang.

  • Caranya: Sediakan 2 butir telur yang diambil bagian putihnya saja. Gunakan mixer untuk mengocoknya sampai akhirnya berbusa. Ketika busa sudah keluar, oleskan ke area wajah sambil dipijat-pijat lembut secara merata. Tunggu dulu selama kira-kira 20 menit supaya terserap sempurna, barulah menggunakan air dingin untuk mencuci wajah sampai bersih.

(Baca juga: manfaat telur untuk rambut)

sponsored links

20. Menggunakan Jus Lemon dan Gula

Kedua bahan ini bila dikombinasikan bakal sangat ampuh dalam menghilangkan kerutan serta keriput. Sifat abrasif pada jus lemon mampu meregenerasi sel-sel baru sehingga sel kulit mati penyebab kerutan pada wajah dapat hilang. Vitamin C-nya juga berkhasiat dalam memutihkan kulit dan glikolat pada gulanya juga baik dalam memperbaiki sel kulit rusak.

  • Caranya: Sediakan gula organik mentah sebanyak 5 ml atau 1 sendok teh bersama dengan 30 ml atau 2 sendok makan air perasan jeruk lemon. Campur rata, oleskan ke bagian yang berkerut di wajah tapi hindari bagian mata. Tunggu sekitar 10 menit dan sampai meresap sebelum membilasnya dengan air dingin.

21. Memanfaatkan Kacang Almond

Jenis kacang almond adalah kacang berserat tinggi ditambah juga memiliki segudang kandungan mineral. Vitamin E di dalamnya pun cukup tinggi sehingga bisa sangat efektif dalam mencegah maupun memudarkan kerutan di wajah. Sebagai anti penuaan dini, kacang almond merupakan bahan yang tak dapat ditinggalkan.

  • Caranya: Sediakan susu mentah dan rendamlah almond ke dalamnya selama semalaman. Pagi harinya, kulit bisa dikelupas dan almond bisa langsung digiling hingga akhirnya membentuk pasta kental. Pasta ini yang bisa Anda oles secara merata ke bagian kulit wajah. Tunggu 20-30 menit sebelum Anda membersihkannya. Setiap hari lakukan perawatan ini agar hasilnya luar biasa.

(Baca juga: manfaat almond untuk rambut)

22. Menggunakan Jahe

Rempah jahe adalah dapat Anda manfaatkan sebagai obat anti kerutan karena tingginya kadar antioksidan di dalamnya. Bahkan pemecahan elastin pun dapat dihambat sehingga pemicu paling utama dari garus halus dan kerutan juga bisa dicegah untuk muncul.

  • Caranya: Sediakan jahe secukupnya yang kemudian Anda kupas dan cuci bersih sebelum Anda boleh memarutnya. Parutan jahe lalu dapat Anda campur rata bersama madu sesendok makan. Obat alami anti penuaan dini ini bisa dikonsumsi setiap pagi per harinya demi hasil terbaik. Atau, teh jahe juga berguna dan dapat diminum sehari 2 kali setiap hari.

23. Menggunakan Wortel

Wortel tak hanya sedap dimasak, manfaat wortel untuk kulit wajah pun sudah sangat diketahui. Kandungan nutrisi vitamin A di dalam jenis sayur ini begitu tinggi sehingga bagus untuk mempromosikan kolagen di dalam tubuh. Jadi selain kerutan hilang, kulit pun terjaga senantiasa halus.

  • Caranya: Ambil 3 wortel berukuran besar yang direbus lebih dulu setelah dikupas dan dicuci. Biarkan sampai lunak dan setelah diangkat Anda bisa menghaluskannya hingga membentuk pasta. Terapkan secara langsung ke area wajah dan tunggulah sekitar 1 ½ jam sebelum akhirnya Anda bilas menggunakan air hangat. Selain menggunakan dari luar, konsumsilah wortel mentah karena ini baik untuk diet Anda.

(Baca juga: cara merawat wajah agar tetap segar)

24. Tidur Cukup

Tidur atau istirahat yang cukup tentu diperlukan oleh kulit agar senantiasa sehat dan segar. Akibat kurang tidur tak hanya membuat kulit terlihat kuyu dan kusam, tapi juga membuat keriput mudah muncul. Begadang sebaiknya dihindari supaya kulit dapat selalu terjaga kekencangannya. Aturlah dengan baik cara istirahat Anda supaya setiap harinya Anda mendapatkan kualitas tidur yang seharusnya, yaitu 8-9 jam per hari.

25. Tidak Merokok dan Minum Alkohol

Kedua kebiasaan ini adalah kebiasaan buruk yang seharusnya dihindari supaya tidak menyebabkan kulit menjadi tak sehat. Kandungan nikotin di dalam rokok adalah racun yang mengakibatkan tubuh terkena radikal bebas. Pengaruhnya untuk kulit begitu besar dan mampu membuat tekstur kelembutan serta elastisitas kulit berkurang banyak.

26. Melindungi Diri dari Sinar Matahari

Lindungilah diri dari cahaya matahari yang berbahaya, khususnya saat siang hari. Paparan ultraviolet terhadap kulit tak hanya bisa membakar dan membuatnya kusam, tapi juga menimbulkan kerutan. Ketika sedang panas-panasnya cuaca di tempat Anda, pakailah pelindung seperti tabir surya, topi, masker, atau bahkan gunakan sekalian kacamata hitam supaya kulit wajah tetap terjaga baik.

(Baca juga: cara menghilangkan flek hitam di wajah)

Demikianlah cara menghilangka kerutan di wajah yang perlu Anda tahu dan pertimbangkan supaya mampu mengatasi masalah penuaan dini. Cara-cara tersebut terbilang aman dan alami sehingga Anda tak perlu khawatir akan efek sampingnya. Khusus untuk serum dan krim mata, pilihlah juga secara bijaksana saat hendak membeli dengan mengetahui apa saja komposisinya dan apakah memiliki jaminan keamanan.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 01st, September 2016 / 07:05 Oleh :
Kategori : Wajah