Categories
Buah Sehat

13 Cara Memutihkan Gigi Dengan Lemon Paling Mudah dan Ampuh

Banyak orang yang beranggapan jika segala jenis buah jeruk seperti jeruk lemon memiliki kandungan asam yang tidak baik untuk gigi. Namun seorang dokter gigi asal Florida pada tahun 1996 mengatakan jika lemon sangat baik untuk melindungi kesehatan gigi sekaligus menghilangkan warna kuning pada gigi selain banyak manfaat lemon untuk rambut. Berbagai kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi makanan tidak sehat, merokok, minum kopi atau teh, penyakit dan beberapa jenis obat obatan bisa menyebabkan warna gigi semakin menguning. Gigi manusia dilapisi dengan enamel yang memberikan warna putih pada gigi, sedangkan lapisan kuning yang berada di bawah enamel dinamakan dengan dentin. Saat enamel ini tergerus atau mengalami masalah, maka lapisan kuning dari dentin akan semakin terlihat sehingga tampilan gigi akan menguning. Salah satu solusi untuk menghilangkan gigi kuning adalah menggunakan bahan alami seperti beberapa cara memutihkan gigi dengan lemon yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Perasan Jeruk Lemon

Dalam buah lemon mengandung vitamin C yang sangat tinggi dan berfungsi untuk mencerahkan warna gigi sekaligus memutihkan gigi yang berwarna kekuningan secara alami dan juga cara menghilangkan flek hitam di gigi.

  • Campur 1 sendok teh air dengan 1 sendok teh perasan lemon dan gunakan untuk menyikat gigi selama beberapa menit.
  • Lanjutkan dengan berkumur dan menyikat gigi memakai pasta gigi biasa yang dilakukan 2 kali seminggu.
  1. Kulit Jeruk Lemon

Tidak hanya air lemon saja yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi, namun kulit jeruk lemon yang mengandung asam sitrat ini bisa merangsang produksi air liur sehingga bisa digunakan untuk membersihkan mulut sekaligus cara memutihkan gigi secara alami.

  • Kupas kulit lemon dan gosok langsung pada permukaan gigi.
  • Gosok secara lembut selama 1 hingga 2 menit lalu bilas bersih dengan air dan lakukan 3 kali seminggu.
  1. Lemon dan Cuka Apel

Dalam cuka apel juga mengandung asam ringan seperti lemon sehingga bisa dikombinasikan untuk menghilangkan noda kuning pada gigi untuk membuat tampilan gigi semakin putih.

  • Campur 1/2 sendok teh cuka apel dengan 1/2 sendok teh air perasan lemon lalu campur dengan secangkir air.
  • Gunakan air tersebut untuk berkumur sebelum menyikat gigi dan lakukan 2 hingga 3 kali seminggu saat pagi hari.
  1. Baking Soda dan Lemon

Baking soda atau sodium bikarbonat memiliki sifat abrasif sehingga bisa digunakan untuk mengikis noda pada permukaan gigi sekaligus mengandung sifat basa yang bisa mengurangi keasaman pada mulut. Sedangkan lemon juga mengandung asam yang bisa membantu memutihkan gigi sekaligus bertindak sebagai antiseptik alami. Cara membuat masker baking soda dan lemon untuk gigi bisa anda lihat berikut ini.

  • Campur 1 sendok teh baking soda dengan 1 sendok teh air lemon.
  • Oleskan pada sikat gigi lalu gosok gigi selama 3 menit dan kumur seperti biasa yang dilakukan 2 kali seminggu.
  1. Lemon dan Kulit Pisang

Kombinasi vitamin C dan asam pada lemon serta mangan dan potasium dalam kulit pisang juga menjadi kombinasi yang baik untuk memutihkan gigi secara alami.

  • Teteskan air perasan jeruk lemon pada kulit pisang yang baru dikupas.
  • Gosok perlahan pada permukaan gigi selama 1 hingga 2 menit lalu kumur dengan air hangat.
  • Lakukan cara ini setiap hari hingga tampilan gigi terlihat lebih putih.
  1. Lemon dan Minyak Kelapa

Manfaat minyak kelapa untuk alis ternyata juga sangat baik digunakan untuk menjaga kesehatan rambut serta kulit sekaligus mengandung asam laurat yang bisa membunuh bakteri penyebab plak pada gigi sekaligus menyegarkan napas.

  • Campur beberapa tetes air lemon dengan minyak kelapa lalu gosok pada gigi menggunakan jari.
  • Bilas bersih dengan air kemudian lanjutkan menyikat gigi yang dilakukan setiap pagi hari.
  1. Minyak Lemon

Minyak esensial lemon yang dibuat dari kulit jeruk lemon juga memiliki kandungan untuk memutihkan gigi sekaligus mengandung sifat anti jamur sehingga bisa meningkatkan kesehatan gusi dan gigi.

  • Teteskan minyak esensial lemon pada sikat gigi lalu tambahkan dengan pasta gigi biasa.
  • Gunakan untuk menyikat gigi seperti biasa yang dilakukan setiap pagi selama beberapa minggu.
  1. Lemon dan Minyak Wijen

Kombinasi lemon dan minyak wijen sangat ampuh digunakan untuk memutihkan gigi seperti noda dan juga plak gigi sekaligus memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri sehingga baik juga untuk merawat gusi.

  • Campurkan 1 sendok makan minyak wijen dengan 1 sendok makan air perasan lemon.
  • Gunakan campuran ini untuk berkumur selama 15 hingga 20 menit dan tambahkan dengan sedikit garam untuk hasil maksimal yang dilakukan setiap pagi.
  1. Lemon dan Arang Aktif

Manfaat masker arang aktif memiliki fungsi untuk menyerap kotoran sekaligus memutihkan gigi secara cepat dan efektif. Kombinasi kedua bahan ini menjadi cara efektif untuk memutihkan gigi sekaligus mencegah gigi berlubang dan menjaga kesehatan gusi.

  • Campur beberapa tetes perasan lemon dengan arang aktif yang sudah dihaluskan menjadi bubuk.
  • Oleskan campuran ini pada sikat gigi lalu gosok gigi anda seperti biasa dengan gerakan melingkar yang lembut selama 2 menit.
  • Bilas bersih dengan air dan lakukan 2 kali seminggu.
  1. Lemon dan Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida juga merupakan zat pemutih sehingga bisa dicampur dengan air lemon untuk memutihkan gigi dalam waktu cepat.

  • Campur 2 sendok teh air perasan jeruk lemon dengan 1 cangkir hidrogen peroksida dengan 1 cangkir air.
  • Gunakan larutan itu untuk berkumur selama 40 detik lalu buang dan berkumur seperti biasa.
  • Lakukan cara ini 2 kali seminggu untuk hasil terbaik.
  1. Lemon dan Garam

Manfaat garam bagi wajah juga bisa dijadikan solusi untuk memutihkan gigi. Kombinasi antara perasan jeruk lemon dengan garam bisa digunakan untuk menghilangkan noda kuning pada gigi dan garam yang juga bertindak sebagai exfoliant lembut.

  • Campur 1 sendok teh garam dengan 2 sendok teh perasan lemon.
  • Gunakan campuran ini untuk menggosok gigi yang dilakukan 2 kali seminggu.
  1. Lemon dan Kunyit

Cara memutihkan kulit dengan kunyit juga mempunyai manfaat untuk memutihkan gigi. Meski kunyit yang mengenai baju bisa membuat baju kotor dan sering digunakan sebagai pewarna makanan, namun ternyata kunyit juga merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi gigi kuning. Kunyit juga memiliki sifat abrasif ringan seperti lemon sehingga akan memutihkan gigi sekaligus membunuh mikroba tidak sehat pada gigi dan gusi.

  • Campur 1/8 sendok teh bubuk kunyit dengan beberapa tetes perasan lemon hingga menjadi pasta.
  • Tuang pasta ini pada sikat gigi lalu gunakan untuk menyikat gigi selama 3 menit.
  • Selesaikan dengan berkumur seperti biasa dan lakukan selama beberapa kali untuk hasil maksimal.
  1. Lemon dan Daun Jambu Biji

Dalam daun jambu biji mengandung zat seperti flavonoid dan fenol yang ampuh untuk mengatasi stres oksidatif karena mikroorganisme pada gigi penyebab gigi kuning, menghilangkan plak pada gigi, mengatasi pembengkakan gusi dan infeksi.

  • Haluskan 2 pucuk daun jambu biji hingga membentuk pasta kasar.
  • Tambahkan beberapa tetes air lemin lalu gunakan untuk menggosok gigi selama 1 hingga 2 menit.
  • Bilas seperti biasa dan lakukan selama beberapa hari.

Cara memutihkan gigi dengan lemon terjadi karena dalam lemon mengandung sifat asam dan anti bakteri serta beberapa kandungan lainnya untuk mengatasi masalah gigi kuning sekaligus mengatasi masalah gigi dan gusi lainnya seperti gigi berlubang, radang gusi, bau mulut dan masalah lain khususnya saat dikombinasikan dengan bahan alami lain sehingga memaksimalkan hasil hanya dalam beberapa minggu pemakaian saja.