15 Cara Mengecilkan Hidung Jambu

Hidung jambu merupakan istilah yang digunakan untuk seseorang yang memiliki hidung berbentuk jambu. Hidung jambu bentuknya semakin ke bawah semakin mengembang persis menyerupai buah jambu. Beberapa orang ada yang memiliki bentuk hidung jambu, dan biasanya memang berkaitan dengan genetik. Di sisi lain menurut psikologis orang yang memiliki hidung jambu biasanya memiliki sifat yang mendominasi dan keras kepala. Namun jika Anda merasa kurang percaya diri dengan hidung jambu yang dimiliki, ada beberapa cara yan dapat Anda lakukan untuk mengecilkan hidung jambu. Nah, berikut ini cara mengecilkan hidung jambu antara lain sebagai berikut :

1.Yoga

Pertama cara untuk mengecilkan hidung jambu secara alami adalah dengan menggunakan latihan yoga. Yoga bertugas untuk mengecilkan ukuran hidung jambu dengan menfokuskan pengambilan nafas melalui hidung. Cara melakukan yoga ini adalah dengan menaha cuping hidung dengan jari jempol dan jari telunjuk. Setelah itu hirup nafas secara perlahan dan tahan, lalu keluarkan melalui mulut. Ulangi gerakan ini sekitar 10 sampai 20 kali dalam sehari. Dengan melakukan yoga ini secara teratur dapat membantu Anda untuk mengecilkan ukuran hidung jambu.

(Baca juga : Cara mengecilkan hidung yang mengembang)

2. Beri pijatan pada hidung

Kedua cara untuk mengecilkan hidung jambu adalah dengan memberikan pijatan pada hidung. Hidung memiliki tulang rawan yang lunak dan bisa bentuk agar lebih kecil. Jadi cara untuk cara yang kedua ini adalah dengan pijitan yang menfokuskan pada tulang hidung. Beri pijatan dan tarik perlahan-lahan sampai beberapa kali. Lakukan kebiasaan ini setiap hari secara konsisten untuk memberikan hasil yang maksimal.

(Baca juga : Cara membuat hidung mancung)

3. Operasi plastik

Cara yang ketiga untuk mengecilkan hidung jambu adalah dengan menempuh cara yang instan. Cara tersebut adalah dengan melakukan operasi plastik. Operasi plastik bertujuan untuk melakukan pembedahan di salah satu anggota tubuh yang kita inginkan. Jika ingin mengecilkan hidung jambu berarti operasi ini akan dilakukan dibagian hidung. Cara ini tergolong cepat dan tidak membuat Anda perlu waktu yang lama untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. di sisi lain operasi plastik yang dilakukan tetap memungkinkan Anda untuk mengalami resiko mulai dari resiko ringan hingga berat. Serta menjalani operasi plastik dapat membuat Anda mengeluarkan biaya yang mahal.

(Baca juga : Cara memancungkan hidung tanpa operasi)

4. Nose straightener

Cara yang keempat untuk mengecilkan hidung jambu adalah dengan menggunakan alat bernama nose straightener. Nose straightener adalah alat pemancung hidung yang dapat membantu memancung hidung jambu. Dengan menggunakan alat ini secara teratur dapat memberikan hasil yang maksimal untuk Anda. Nose straightener dapat dibeli secara online di tempat yang terpercaya.

(Baca juga : Cara memancungkan hidung dalam 30 menit)

5. Teknik contouring

Kelima cara untuk mengecilkan hidung jambu adalah dengan menggunakan teknik contouring. Teknik contouring ini berhubungan dengan cara menggunakan tata rias. Tata rias ini berperan untuk menutupi kekurangan bagian hidung Anda agar tampak semakin kecil. Namun menggunakan teknik contouring ini hanya bersifat sementara dan akan hilang jika tata rias yang Anda gunakan sudah dihapus.

(Baca juga : Manfaat totok aura wajah)

6. Dermal filler restylane

Teknik untuk mengecilkan hidung yang keenam disebut juga denan dermal filler restylane. Pengertian dari teknik dermal filler restylane ini adalah gel yang berfungsi untuk melakukan pengisian kulit dengan suntikan ke jarinan dermis kulit wajah. Bahan kimia yang terkandung didalam dermal filler restylane ini adalah asam hyaluronic. Teknik ini hanya tahan paling lama selama satu tahun. Setelah satu tahun berlalu maka akan dilakukan lagi suntikan ke jaringan dermis kulit wajah. Seperti teknik mengecilkan hidung lainnya yang menggunakan bantuan dokter kecantikan teknik dermal filler restylane ini juga memiliki efek samping. Adapun efek samping yang biasanya terjadi adalah bengkak pada tempat disuntik dan kemerahan pada kulit.

(Baca juga : Cara memancungkan hidung dengan make up)

7. Menggunakan penjepit hidung

Cara yang ketujuh untuk membantu mengecilkan ukuran hidung adalah menggunakan penjepit hidung. Penggunaan penjepit hidung ini termasuk yang tergolong alami dan aman. Efek untuk membantu mengecilkan ukuran hidung jambu ini mungkin memerlukan waktu yang tidak sebentar. Untuk itu Anda bisa menggunakan penjepit hidung ini disela-sela waktu luang. Semakin sering dan konsisten Anda menggunakan penjepit hidung ini maka hasilnya hidung jambu akan tampak berbeda, dimana hidung ini akan tampak mengecil dan lebih mancung tentunya.

(Baca juga : Cara menghilangkan komedo putih secara permanen)

8. Membentuk tulang hidung

Cara kedelapan yang dapat Anda terapkan untuk mengecilkan hidung jambu adalah membentuk hidung jambu. membentuk hidung jambu dapat dilakukan dengan membentuk tulang hidung. Tulang hidung merupakan tulang rawan dimana tulang ini lebih lunak dari pada  sebelumnya. Cara untuk membentuk tulang hidung ini lebih baik untuk dilakukan di usia sedini mungkin. Karena dengan ini tulang hidung bisa lebih mudah dibentuk karena tulang masih sangat lunak. Contohnya pada anak bayi dengan menarik lembut tulang hidungnya cara ini dapat membantu membentuk tulang hidung.

(Baca juga : Cara memancungkan hidung pesek)

9. Bahan alami pasta gigi

Cara yang kesembilan untuk mengecilkan hidung jambu adalah dengan menggunakan bahan alami seperti pasta gigi. Pasta gigi berguna untuk membersihkan gigi dari sisa makanan yang ada di gigi. Jadi penggunaan pasta gigi lainnya ternyata dapat membantu untuk mengecilkan hidung jambu. Caranya ambil beberapa isi dari pasta gigi, kemudian campurkan ari jeruk nipis dan aduk hingga merata kedua bahan ini. Setelah rata baru oleskan bahan ini pada bagian hidung. Biarkan mengering selama 30 menit setelahnya baru bersihkan wajah Anda hingga bersih.

Baca juga :

10. Totok wajah

Cara yang kesepuluh ini benar-benar cara yang alami untuk membantu mengecilkan hidung jambu. Caranya adalah dengan melakukan totok wajah. Saat sekarang ini memang banyak sekali orang yang beralih menggunakan cara alami karena masih tergolong aman dan tidak menimbulkan efek samping. Dengan melakukan totok wajah dapat membuat tulang hidung lebih mancung dan melancarkan peredaran darah. Disamping itu melakukan totok wajah dapat membantu Anda untuk tampak awet muda dan segar selalu sepanjang hari. Totok wajah biasanya dilakukan di gerai-gerai kecantikan dengan menggunakan minyak zaitun untuk memberikan pijatan pada seluruh wajah.

(Baca juga : Cara menghilangkan pori-pori besar di hidung)

11. Minyak astiri

Cara yang kesebelas yang dapat membantu mengecilkan ukuran hidung jambu adalah dengan menggunakan minyak astiri. Minyak astiri merupakan minyak yang dioleskan hanya dibagian hidung saja. Manfaat dari mengoleskan minyak astiri ini adalah melunturkan lemak pada bagian hidung sehingga hidung tampak lebih tirus. Penggunaan minyak astiri ini baiknya dilakukan pada malam hari menjelang tidur. Dan baru dibilas jika sudah pagi hari keesokannya.

( Baca juga : Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan minyak zaitun)

12. Melatih otot hidung

Kedua belas cara untuk mengecilkan hidung jambu adalah dengan melatih otot hidung. Hidung memiliki otot yang jika dilatih akan semakin kencang dan ini imbasnya akan membuat hidung Anda semakin lebih mancung dan tegak. Cara untuk melatih otot hidung ini dapat Anda lakukan dengan mengembang kempeskan bagian hidung kiri dan kanan secara bergantian. Lakukan cara ini sebanyak 10 kali dalam sehari. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah sambil becermin untuk melihat hidung yang kembang kempis.

(Baca juga :Cara mengecilkan hidung yang besar)

13. Latihan pernapasan

Selanjutnya cara yang dapat membantu mengecilkan hidung jambu yang ketiga belas adalah dengan melakukan latihan pernapasan. Latihan pernapasan ini dapat Anda lakukan dengan cara menarik napas dalam-dalam sambil menahan napas beberapa detik dan fokuskan pada bagian hidung. Kemudian keluarkan kembali melalui hidung dengan cara perlahan-lahan. Latihan pernapasan yang dilakukan secara teratur dapat memperbaiki bentuk hidung mnenjadi lebih tirus dan tidak besar lagi. Melakukan latihan pernapasan ini dapat Anda lakukan setiap hari secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

14. Menarik hidung

Cara yang keempat belas yang berguna untuk mengecilkan hidung jambu adalah menarik hidung. Caranya Anda cukup menarik hidung dengan menggunakan jempol dan jari telunjuk. Tarik hidung secara perlahan-lahan. Waktu baiknya menarik hidung ini dilakukan pada pagi hari saat baru bangun tidur. Anda bisa melakukannya sendiri dirumah dan lakukan secara konsisten agar memberikan hasil yang sesuai dengan yang Anda inginkan.

15. Menekan sisi hidung

Cara terakhir yang dapat dilakukan secara alami dan sendiri dirumah adalah dengan menekan sisi hidung. Melakukan penekanan pada sisi hidung ini baik sekali untuk mengecilkan hidung jambu. Caranya adalah Anda melakukan penekanan pada cuping hidung sebelah kiri dan cuping hidung sebelah kanan. Setelah itu tahan selama beberapa saat dan lakukan sampai beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang sesuai keinginan. Jika Anda melakukan cara menekan sisi hidung ini lakukan secara perlahan namun sering. Tujuannya agar hidung Anda tidak jadi memerah karena terlalu sering ditekan.

(Baca juga : Cara menghilangkan komedo hitam di hidung)

Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan baik menggunakan cara yang alami yang tentu memakan waktu yang mala. Serta juga menggunakan cara yang cepat seperti operasi plastik. Namun ingat cara yang cepat seperti melakukan operasi plastik memiliki efek samping yang beresiko besar jika Anda mengalami kegagalan. Untuk itu baiknya melakukan cara yang lebih alami meskipun memerlukan waktu yang tidak sebentar saja. Semoga cara ini dapat membantu Anda.