4 Cara Membedakan Lulur Temulawak Asli Dan Palsu Agar Aman

Luluran sebagai cara tradisional menjaga keindahan kulit wanita sudah tidak asing lagi untuk dilakukan. Ramuan lulur yang dibalurkan ke seluruh tubuh berfungsi mengangkat sel kulit mati dan kotoran sehingga kulit akan tampak lebih bersih, tidak kusam dan halus. Bahan yang digunakan untuk membuat lulur ada berbagai macam, salah satunya adalah temulawak. Sebagian wanita biasanya lebih menyukai produk lulur yang sudah siap digunakan karena lebih praktis daripada harus repot – repot meramu dan meracik berbagai bahan sendiri. Oleh karena itu, adanya produk siap pakai seperti lulur temulawak dalam kemasan akan sangat mempermudah bagi para wanita terutama yang tidak memiliki banyak waktu luang.

Manfaat Lulur Temulawak

Temulawak adalah bahan alami dengan kandungan minyak atsiri yang akan berfungsi sebagai anti penuaan. Minyak atsiri diekstrak dari temulawak dan vitamin A, C dan E yang sangat baik untuk perawatan kulit termasuk manfaat temulawak untuk kecantikan wajah dengan cara membuat masker temulawak di rumah. Anda juga bisa melakukan cara membuat lulur temulawak alami. Manfaat lulur temulawak antara lain:

  • Memberikan kelembapan pada kulit dan mengatasi kulit yang bersisik.
  • Melembutkan kulit dengan kandungan nutrisinya.
  • Membuat kulit tampak lebih segar dan lebih cerah.
  • Mengangkat sel – sel kulit mati dengan mudah sehingga tampak terawat, jauh dari kekusaman dan tampak awet muda.
  • Aroma herbalnya yang menenangkan membantu untuk rileks dan santai.

Ciri Lulur Temulawak Asli dan Palsu

Untuk saat ini, lulur temulawak asli bisa Anda dapatkan dengan merk V Natural yang diproduksi oleh CV. Varia Niaga Cosmetics. Anda juga perlu mewaspadai peredaran produk palsu yang dilakukan oleh pihak yang ingin mendapatkan keuntungan dengan cara ilegal. Cara membedakan lulur temulawak asli dan palsu bisa Anda ketahui dari beberapa ciri lulur temulawak asli berikut ini.

1. Perhatikan Kemasan

Cara membedakan lulur temulawak asli dan palsu bisa Anda lihat pertama – tama pada kemasan produk. Pada kemasan lulur temulawak yang asli terbuat dari kaca, juga terdapat label V Natural Temulawak di bagian atasnya sehingga mudah dikenali. Warna kemasan juga biasanya cerah dan jelas, sementara produk palsu biasanya memiliki warna kemasan yang lebih pudar atau kusam.

2. Perhatikan Tekstur Produk

Isi produk berwarna hijau agak kebiruan dan terdapat butiran halus berfungsi sebagai scrub. Karena menggunakan bahan yang berbeda, sudah tentu tekstur lulur temulawak palsu tidak akan dapat menyamai yang asli. Amati dengan teliti tekstur produk lulur temulawak Anda untuk mengetahui cara membedakan lulur temulawak asli dan palsu yang benar.

3. Perhatikan Aroma Produk

Cara membedakan lulur temulawak asli dan palsu bisa Anda lihat dari aromanya yang berupa aroma herbal khas. Sementara lulur yang palsu, kemungkinan tidak akan dapat menyamai bau herbal yang segar karena menggunakan bahan yang berbeda juga. Jadi perhatikan aroma lulur temulawak Anda, apakah cenderung berbau segar seperti temulawak ataukah berbau seperti bahan kimia.

4. Perhatikan Harga Jual

Sebagaimana kita ketahui, produk palsu kerap menggunakan bahan – bahan kimia yang tidak aman untuk mengejar harga murah dan mendapatkan keuntungan sebesar – besarnya. Jadi apabila Anda menemukan produk lulur temulawak yang lebih murah, maka jangan terburu tergiur dengan harga tersebut karena ada kemungkinan bahwa lulur tersebut palsu.

Cara Menggunakan Lulur Temulawak

Selain mengetahui cara membedakan lulur temulawak asli dan palsu, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara menggunakannya dengan benar.

  • Ambil lulur dari kemasannya dengan ujung jari yang sudah bersih, cuci dulu tangan Anda sebelumnya. Bakteri bisa berpindah dari tangan yang kotor ke dalam kemasan lulur sehingga menjadi cepat basi dan tidak bisa digunakan lagi.
  • Oleskan ke seluruh bagian tubuh Anda secara merata sebelum mandi.
  • Gosok perlahan dengan gerakan memutar sambil dipijat.
  • Biarkan selama 15 – 30 menit sampai mengering.
  • Bilas dengan air hangat dan mandi seperti biasa.
  • Usahakan untuk melakukan perawatan ini secara rutin yaitu 1-2 kali setiap minggunya untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

Cara Memilih Lulur Temulawak

Di pasaran beredar berbagai harga lulur temulawak yang sangat beragam, sehingga sulit menentukan produk mana yang benar – benar asli. Untuk menghindari resiko membeli produk lulur temulawak palsu, selain cara membedakan lulur temulawak asli dan palsu Anda juga perlu tahu bagaimana cara memilihnya sebelum membeli.

  • Perhatikan label pada tiap kemasan dengan baik dan seksama apakah sesuai dengan ciri produk yang asli. Perhatikan juga kondisi kemasan, apakah masih bagus atau tidak.
  • Perhatikan tanggal kadaluarsa produk atau tanyakan lebih dulu kepada penjual jika Anda membeli secara online.
  • Perhatikan komposisi yang tertera pada kemasan produk.
  • Pilihlah merk terpercaya yang sudah mengantongi izin edar BPOM.
  • Pastikan harga jualnya masih termasuk wajar dan tidak berbeda terlalu jauh dengan harga pasaran. Untuk itu, Anda harus mengetahui harga pasaran dengan pasti lebih dulu.
  • Cari review dari para pengguna lebih dulu jika Anda belum yakin akan kecocokannya dengan kulit Anda.

Mengetahui cara membedakan lulur temulawak asli dan palsu atau ciri – ciri kosmetik berbahaya sangat diperlukan untuk menghindari produk palsu yang bisa saja mengandung berbagai bahan kosmetik yang berbahaya seperti cream yang mengandung merkuri dan hydroquinon. Selain itu, menggunakan produk kosmetik juga perlu memperhatikan berbagai bahan yang mungkin saja bisa memancing reaksi alergi. Karena itulah pastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi terhadap temulawak atau bahan tambahan lainnya di dalam produk lulur sebelum menggunakannya.