12 Cara Membuat Lulur Temulawak Alami Untuk Badan

Kulit yang cerah akan membuat setiap wanita tampak menarik perhatian dan tentunya tampak bersih. Pastinya untuk para wanita yang memperhatikan penampilan, kondisi kulitnya akan turut menjadi perhatian utama. Percuma saja bukan jika Anda sudah mengenakan busana dengan model terbarum memoles wajah dengan make up teknik terkini namun kulit tubuh tidak tampak cerah, bahkan kusam. Hal tersebut akan mengurangi kesan keseluruhan penampilan Anda karena ada satu area tubuh yang tampak kurang maksimal.

Itulah sebabnya banyak sekali produk kecantikan yang dikhususkan untuk kulit tubuh yang diklaim dapat mencerahkan kulit tubuh para wanita dalam sekejap. Produk – produk tersebut mudah sekali ditemukan di toko dan juga sangat mudah digunakan dengan harga yang bervariasi dari mulai yang terjangkau hingga yang berkualitas paling tinggi. Namun ada satu kekurangan produk – produk yang siap pakai tersebut, yaitu campuran bahan kimia didalamnya yang kurang aman apabila digunakan dalam waktu lama. Walaupun telah terbuat dari bahan yang paling aman, tetap saja akan lebih baik apabila sesekali Anda mencoba bahan alami untuk mencerahkan kulit.

Lulur Temulawak Untuk Kulit Cerah

Temulawak memiliki banyak sekali manfaat bagi kulit dari mulai mencerahkan, memutihkan, hingga mengatasi jerawat. Manfaat temulawak untuk kecantikan wajah bahkan tidak asing lagi, salah satunya digunakan dalam cara membuat masker temulawak untuk wajah. Dari sekian banyak manfaat temulawak untuk kulit, tentunya tidak diragukan lagi bahwa rempah ini adalah bahan yang tepat untuk digunakan sebagai alternatif perawatan kulit Anda. Cara membuat lulur temulawak alami untuk cara merawat kulit supaya putih yang dapat Anda coba yaitu:

  1. Bahan – bahan yang diperlukan untuk cara membuat lulur temulawak alami seperti kunyit dan temulawak, beras, temu giring, susu bubuk dan juga air mawar yang mudah didapatkan di toko kosmetik.
  2. Sesuaikan penggunaan bahan yang diperlukan dengan jumlah yang dibutuhkan untuk kulit Anda. Anda bisa menggunakan bentuk bubuk agar lebih praktis untuk kunyit, temulawak dan temu giring. Jika tidak ada, parut ketiga rempah tersebut sesuai keperluan setelah sebelumnya dikupas dan dicuci bersih.
  3. Haluskan beras putih sampai menjadi tepung.
  4. Campurkan tepung beras dengan bubuk temulawak.
  5. Masukkan bubuk temu giring dan susu bubuk ke dalam ramuan.
  6. Aduk semua bahan sampai tercampur merata.
  7. Tambahkan air mawar ke dalam campuran sampai menjadi pasta yang padat dan kenyal namun tidak terlalu kental agar dapat dioleskan ke kulit dengan mudah.
  8. Anda bisa menambahkan garam atau gula secukupnya ke dalam cara membuat lulur temulawak alami tersebut agar dapat menambahkan manfaat mengangkat sel kulit mati secara maksimal.
  9. Balur tubuh Anda dengan minyak zaitun secara merata secukupnya sebelum menggunakan lulur sambil dipijat agar lulur juga mudah dioleskan.
  10. Oleskan lulur sedikit demi sedikit ke seluruh kulit tubuh Anda secara merata.
  11. Biarkan lulur sampai setengah kering lalu gosok dengan gerakan memutar sampai lulur rontok dari kulit tubuh bersama kotoran.
  12. Bersihkan lulur dengan mandi seperti biasa. Anda bisa melakukan cara membuat lulur temulawak alami untuk perawatan kulit ini satu minggu sekali secara rutin.

Manfaat Temulawak Untuk Kulit   

Salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit adalah temulawak. Rimpang temulawak ini sudah lama dikenal sebagai bahan alami yang digunakan dalam pengobatan herbal dan jamu, untuk merangsang nafsu makan dan menjaga stamina atau daya tahan tubuh. Saat ini di dunia kecantikan, temulawak juga banyak dimanfaatkan untuk digunakan pada produk pemutih kulit. Manfaat temulawak untuk kulit antara lain:

  • Membasmi Jerawat – Untuk cara merawat kulit berjerawat dan sensitif, Anda bisa mengonsumsi temulawak untuk minuman sehari – hari. Cukup celupkan satu rimpang temulawak yang sudah dikupas, dicuci bersih dan digeprek ke dalam segelas air hangat. Tambahkan madu jika suka, lalu minum dua kali sehari pagi dan sore hari. Perhatikan bahwa temulawak bisa meningkatkan nafsu makan, maka untuk Anda yang tidak ingin menambah berat badan sebaiknya mengatur frekuensi konsumsi minuman temulawak ini.
  • Menghaluskan Kulit – Menggunakan temulawak untuk masker wajah bisa membuat kulit wajah menjadi halus dan juga tampak bersih. Tidak seperti masker kunyit, masker temulawak akan sangat mudah dibersihkan dan tidak meninggalkan noda kekuningan pada kulit, tangan atau pakaian.
  • Mengurangi Resiko Kanker – Kandungan antioksidan tinggi yang dimiliki temulawak akan berguna untuk mencerahkan kulit tubuh dan cara menggunakan temulawak untuk wajah Anda baik itu digunakan dengan cara diminum atau digunakan sebagai masker dan lulur untuk kulit tubuh.
  • Mencerahkan Kulit – Temulawak juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit tubuh dan wajah karena mampu mengeksfoliasi sel – sel kulit mati  yang sulit dibersihkan. Kandungan vitamin A, B dan C didalamnya berfungsi sebagai bahan – bahan yang turut mencerahkan kulit sebagai masker wajah ataupun ketika digunakan dalam cara membuat lulur temulawak alami.

Cara membuat lulur temulawak alami pada umumnya merupakan cara yang aman karena bahan – bahan herbal berupa rempah – rempah jarang menimbulkan reaksi alergi pada pemakainya. Anda yang memiliki ciri – ciri kulit sensitif bisa menggunakan manfaat lulur temulawak tanpa mengalami efek samping apapun asalkan memastikan bahan – bahan campuran dan peralatannya juga telah dibersihkan dengan seksama, digunakan sesuai resep, secara teratur dan tidak berlebihan. Lulur temulawak akan menjadi cara yang sangat baik untuk mendapatkan kulit yang cerah dan bersih tanpa harus menggunakan berbagai macam produk canggih seperti lotion dan cream yang mengandung bahan kimia terus menerus pada tubuh Anda.