5 Cara Perawatan Wajah Menjelang Lebaran yang Penting Dilakukan

Wajah merupakan bagian dari tubuh kita yang pertama kali akan dilihat oleh orang lain. karena itulah kulit wajah yang sehat juga akan turut mempengaruhi penampilan menjadi lebih menarik. Tanda kulit sehat adalah rona yang merata, kenyal dan halus, bebas dari noda, serta tampak bercahaya. Untuk menjaga kondisi kulit agar tetap menawan diperlukan perhatian khusus yaitu dengan istirahat yang cukup, mengurangi stres, mengonsumsi sayuran dan buah, mencukupi asupan air untuk tubuh, dan rajin melakukan olah raga.

Tetapi itu saja tidak cukup karena sejak usia 20 tahunan, kulit akan mengalami penuaan karena faktor genetik, oksidasi dalam tubuh dan perubahan hormon, yang diperparah dengan sinar UV, asap rokok, polusi, alkohol dan pola makan tidak sehat. Pada momen lebaran, sudah tentu Anda ingin tampil semaksimal mungkin tanpa kulit yang tampak mengendur, kering, kusam atau bebercak, yang bisa saja terjadi karena pola tidur dan istirahat yang berkurang selama puasa. Untuk itu ada banyak jenis perawatan wajah menjelang lebaran yang bisa Anda lakukan.

1. Membersihkan Wajah

Perawatan wajah menjelang lebaran ini tidak ada bedanya dengan hari biasa karena membersihkan wajah adalah ritual perawatan yang harus dilakukan secara rutin. Tanpa kebiasaan membersihkan wajah yang benar, Anda tidak akan mendapatkan kulit wajah mulus yang diidamkan saat lebaran. Gunakan pembersih yang cocok dengan jenis dan kondisi kulit wajah Anda, jika memungkinkan gunakan facial wash bertekstur lembut agar kulit Anda lebih lembut. Anda juga dapat melakukan cara perawatan wajah sehari – hari dengan bahan alami seperti madu atau lidah buaya.

2. Menggunakan Pelembap

Pemakaian pelembap adalah langkah perawatan kecantikan, juga tahapan perawatan wajah yang benar dan wajib dilakukan terlebih lagi pada bulan Ramadan, untuk membantu melembapkan kulit yang cenderung kering karena kurangnya asupan air saat berpuasa. Anda bisa memilih pelembap sesuai dengan kondisi kulit, misalnya yang berbahan dasar air, bertekstur krim, yang digunakan dengan cara dioles atau berbentuk spray.

3. Tabir Surya

Pelindung matahari ini tidak hanya untuk perawatan wajah menjelang lebaran, tetapi sama dengan hari biasanya perlu Anda gunakan. Sinar UV pada negara beriklim tropis kita dapat merusak kulit. Gunakan sunscreen maksimal pada waktu 15 menit sebelum Anda keluar rumah. Gunakan berulang pada bulan puasa setelah wudu jika Anda perlu keluar rumah. Tabir surya sangat diperlukan sebagai cara merawat wajah agar awet muda,  dan cara merawat wajah agar tetap segar.

4. Peeling Komedo

Munculnya komedo hitam di wajah terutama hidung akan tampak jelas dan sangat mengganggu bagi wanita yang selalu ingin wajahnya mulus dan bersih. Perawatan menjelang lebaran ini biasanya kerap dilakukan para wanita sebagai salah satu macam – macam perawatan wajah di salon. Hasilnya instan dan caranya juga mudah sehingga tidak menyebabkan ketergantungan. Perawatan wajah menjelang lebaran untuk menghilangkan komedo ini akan membuat wajah lebih segar dan sehat.

5. Mikrodermabrasi

Memiliki kulit wajah yang mulus, halus dan bebas noda serta tampak bersinar tentu diinginkan pada momen khusus seperti lebaran. Perawatan wajah menjelang lebaran yang bisa dilakukan untuk mendapatkannya adalah melalui mikrodermabrasi, yang dapat mengikis sel – sel kulit mati, mengurangi kerutan pada wajah, meremajakan kulit dan mengecilkan pori – pori. Juga dapat menjadi cara merawat wajah agar putih dan bersih serta cara merawat wajah agar tidak kusam

Menjaga Kulit Pada Bulan Puasa

Rutinitas makan dan istirahat yang berubah pada bulan Ramadan bisa membuat kulit tampak kusam dan lelah, kehilangan kelembapan dan elastisitasnya. Untuk menjaga kulit tetap sehat dan bersinar ketika sedang puasa, coba beberapa tips berikut.

  • Membersihkan make up – Bulan puasa bisa menjadi waktu yang tepat untuk beristirahat dari make up yang Anda gunakan setiap hari. Gunakan kesempatan ini untuk memberi kulit Anda jeda yang dibutuhkan dari make up berbahan kimia agar dapat pulih sementara dari serbuan berbagai kosmetik yang Anda gunakan.
  • Minum air putih – Minum sebanyak delapan gelas air putih ketika berbuka dan sahur juga diperlukan agar kulit tidak kusam. Air akan menghindarkan Anda dari dehidrasi tetapi juga dapat melembabkan kulit. Meminum cukup air putih akan membantu untuk merasa kenyang lebih lama dan juga menjaga kondisi tubuh tetap prima saat berpuasa.
  • Merawat kulit – Menggunakan pembersih, eksfoliator dan toner akan menjadi tips perawatan wajah menjelang lebaran. Pastikan Anda melakukan perawatan kulit dengan baik selama berpuasa agar kondisi kulit tetap terjaga.
  • Mengonsumsi makanan sehat – Konsumsi makanan yang kaya serat pada saat sahur dan berbuka akan sangat membantu memperbaiki kesehatan kulit Anda. Buah – buahan, sayuran dan kacang – kacangan serta ikan dan minyak esensial akan membantu merawat kulit agar tetap sehat.
  • Mengonsumsi yogurt – Makanan kaya protein ini akan membantu menutrisi kulit Anda. Konsumsi yoghurt pada saat sahur atau berbuka puasa secara teratur dan sesuai porsinya untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda. Yoghurt bahkan bisa Anda jadikan bahan untuk masker wajah.

Perawatan wajah menjelang lebaran yang dapat Anda lakukan sebenarnya tidak perlu dilakukan dengan canggih atau melalui teknologi terkini di salon atau klinik kecantikan. Anda dapat menjaga dan memelihara kondisi wajah dengan perawatan rutin di rumah yang dilakukan setiap hari, sebab cara itu akan menciptakan dasar yang baik bagi rutinitas kecantikan Anda. Pilihlah produk – produk perawatan yang aman, teruji kualitasnya dan berasal dari toko yang terpercaya sehingga Anda tidak mengalami bahaya efek samping dari produk palsu atau bahan kosmetik berbahaya.