Bolehkah Memakai Cream Malam Setelah Menggunakan Masker Seperti Biasa

Masker wajah bisa memegang peranan penting dalam mendukung perawatan wajah terutama jika Anda bermasalah dengan kulit kering, dehidrasi atau berminyak dan ingin mengatasinya dengan cara apapun yang mungkin bekerja. Masker wajah adalah cara perawatan intensif yang bisa memberikan hasil pada wajah dalam waktu yang singkat. Agar masker wajah dapat bekerja dengan efektif, waktu pemakaiannya pun juga harus menjadi perhatian khusus. Pada siang hari, umumnya penggunaan skincare ditujukan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi lingkungan.

Sedangkan pada malam hari, kulit lebih membutuhkan perawatan untuk mendukung perbaikan kulit setelah terekspos berbagai macam hal di siang harinya. Sehingga malam hari menjadi waktu yang paling tepat untuk melakukan perawatan kulit seperti menggunakan masker wajah. Tujuan perawatan kulit di malam hari ini tentunya untuk memperbaiki semua kerusakan sel pada kulit yang disebabkan polusi, radiasi UV, mengembalikan kelembaban kulit agar kenyal dan cerah keesokan paginya.

Rutinitas Masker Wajah di Malam Hari

Di malam hari kulit akan kehilangan sebanyak kurang lebih 25 persen kandungan airnya. Untuk mengembalikan kadar air di kulit, penggunaan krim malam akan menjadi solusi yang bagus. Krim malam akan membantu mengembalikan kelembapan kulit wajah dan menjaganya sampai pagi hari. Kulit yang lebih mudah untuk beregenerasi pada malam hari akan membutuhkan skincare tambahan untuk membantu hidrasi kulit agar lebih maksimal. Kulit yang stress di siang hari membutuhkan perawatan ekstra di malam hari. Tanda – tanda kulit yang mengalami stress bisa dilihat dari kulit yang terasa kencang, timbul jerawat, kulit terasa kering, kemerahan dan terasa gatal. Masker wajah digunakan untuk menenangkan kulit yang mengalami stres tersebut.

Kebanyakan wanita menggunakan masker wajah yang berasal dari produk berbeda dengan krim malamnya sebagai perawatan wajah sebelum tidur secara alami. Ada pula yang menggunakan masker wajah buatan sendiri setiap malam, semuanya disesuaikan dengan tingkat kecocokan produk masker tersebut dengan kulit wajahnya. Sedangkan krim malam dikhawatirkan tidak berada satu rangkaian dengan masker wajah, karena itu timbul pertanyaan mengenai bolehkah menggunakan krim malam setelah menggunakan masker wajah. Hal ini bersumber dari kekhawatiran mengenai keamanannya bagi kulit wajah jika menggunakan krim malam setelah menggunakan masker wajah.

Krim malam adalah bagian dari perawatan wajah rutin yang dilakukan setiap malam untuk memelihara kesehatan kulit. Sedangkan tujuan dari pemakaian setiap masker wajah apapun jenisnya adalah untuk memelihara kelembapan kulit sehingga terhindari dari berbagai masalah. Karena itulah, tidak disarankan untuk mencuci wajah dengan pembersih setelah menggunakan masker agar tidak kehilangan masa penyerapannya pada kulit wajah Anda. Langkah penting yang disarankan setelah menggunakan masker wajah adalah untuk mengaplikasikan produk yang mengandung emollient yang dapat melunakkan kulit setelah membersihkan masker dari wajah. Krim malam adalah salah satu produk yang dianjurkan setelah menggunakan masker wajah sebagai manfaat menggunakan skincare yang akan melembutkan kulit.

Karena itulah jawaban dari pertanyaan bolehkah menggunakan krim malam setelah menggunakan masker wajah adalah bahwa hal itu sangat mungkin untuk dilakukan. Langkah yang tepat adalah melanjutkan rutinitas perawatan kecantikan rutin Anda setelah menggunakan masker wajah. Bolehkah menggunakan krim malam setelah menggunakan masker wajah terutama harus dilakukan jika Anda memiliki kulit yang sangat kering. Namun jika masker wajah Anda seharusnya digunakan semalaman, maka bolehkah menggunakan krim malam setelah menggunakan masker wajah tidak dapat dilakukan sebagaimana dengan bolehkah memakai sunblock di malam hari yang tidak perlu dilakukan karena tidak terekspos sinar matahari.

Tips Menggunakan Masker Wajah

Beberapa tips yang perlu diperhatikan mengenai bolehkah menggunakan krim malam setelah menggunakan masker wajah berikut ini perlu Anda simak:

  • Masker wajah yang terbuat dari clay, mud atau arang / charcoal harus dibersihkan setelah dibilas. Pastikan untuk membersihkan wajah setelah menggunakan jenis masker ini sebelum menggunakan jenis perawatan kulit selanjutnya seperti krim malam untuk memudahkan kontak langsung skincare dengan kulit wajah.
  • Kebanyakan masker peel off mengandung polyvinyl alcohol, jenis alkohol yang mengeringkan kulit dan bisa membuat kulit menjadi semakin sensitif, tetapi kandungan alkohol inilah yang memungkinkan masker dapat di peel off. Walaupun mengandung formula yang melembapkan, pada umumnya jenis masker ini tidak terlalu direkomendasikan terutama bagi pemilik kulit kering.
  • Sheet mask harus diaplikasikan sebelum perawatan wajah rutin Anda yang lain, juga sebelum krim malam. Lalu setelah masker dibersihkan, pijat kulit sebentar sebelum melanjutkan dengan pemakaian krim malam.
  • Kebanyakan masker leave on seperti manfaat masker tomat di malam hari mengandung formula yang menghidrasi, jadi Anda mungkin bisa melewatkan perawatan kulit rutin seperti krim malam, tetapi sebaiknya tetap menggunakan krim malam apabila Anda memiliki kulit yang sangat kering.
  • Apapun tipe masker yang akan digunakan, selalu bersihkan wajah sebelum mengaplikasikannya. Jika masker wajah adalah jenis yang harus dibilas, gunakan setelah membersihkan wajah, tetapi sebelum krim malam atau perawatan wajah lainnya.  Begitu juga dengan pertanyaan bolehkah menggunakan krim malam setelah facial yang sebaiknya tetap dilakukan seperti biasa.

Pada prinsipnya, bolehkah menggunakan krim malam setelah menggunakan masker wajah tidak menjadi masalah jika dilakukan dengan mengikuti berbagai panduan yang telah disebutkan sebelumnya. Menggunakan masker wajah akan berfungsi untuk membantu penyerapan produk perawatan wajah, karena itu penggunaan krim malam akan lebih efisien setelah masker digunakan pada wajah sebelumnya. Untuk mendapatkan hasil yang cocok dengan kondisi wajah, Anda tidak bisa mencoba sembarang jenis masker terutama karena ada efek gonta ganti masker wajah yang bisa menjadi buruk untuk wajah. Sebaiknya Anda mencari informasi secara menyeluruh sebelum memutuskan masker mana yang akan digunakan. Cobalah beberapa macam krim malam yang bagus untuk usia 20 an atau yang sesuai dengan usia Anda saat ini.