3 Cara Membuat Masker Lidah Buaya Dan Beras Untuk Kulit Wajah

Melihat wajah di cermin setelah mengalami hari yang panjang dan sibuk bisa jadi akan mengejutkan mengingat efek dari polusi, stress, paparan sinar matahari yang terjadi pada kulit wajah Anda. Wajah akan tampak lelah, kusam dan tidak bercahaya. Kebanyakan wanita sekarang ini tidak punya banyak waktu selain dari menjalankan pekerjaan sehari – harinya.

Karena itulah untuk mengatasi masalah kulit pada wajah seringkali menggunakan produk siap pakai yang lebih praktis dan mudah didapat. Walaupun demikian, penting untuk menyadari bahwa beberapa produk tidak dapat memberikan efek dalam waktu lama dan bahkan bisa membawa efek yang merugikan bagi kulit. Menggunakan masker dari bahan alami lebih baik untuk dilakukan agar kulit terbebas dari paparan bahan kimia terlalu banyak.

Manfaat Beras Dan Lidah Buaya Untuk Kulit

Manfaat beras untuk wajah dapat berfungsi sebagai scrub yang akan mengangkat sel kulit mati sehingga kulit wajah akan terlihat cerah dan tidak kusam. Kaya akan mineral, asam amino dan vitamin yang dapat menjadi cara mencerahkan wajah dengan beras dan meningkatkan kadar kolagen dalam kulit sehingga elastisitas kulit tetap terjaga. Ada pula kandungan asam ferulat yang menjadi antioksidan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Digabungkan dengan vitamin C dan E, efeknya akan berlipat ganda. Selain itu beras juga mengandung tirosinase yang bisa mencegah produksi berlebihan dari melanin di kulit, juga konsentrasi PABA (Para Aminobenzoic Acid) yang tinggi berfungsi sebagai tabir surya, kandungan vitamin B yang mendorong produksi sel baru dan menunda proses penuaan pada kulit.

Sedangkan lidah buaya akan melembabkan kulit, membasmi bakteri dan jamur serta meredakan peradangan serta dapat merangsang pertumbuhan kulit baru. Lidah buaya mengandung konsentrasi tinggi vitamin C, E dan jaringan lemak. Cara membuat masker lidah buaya dan beras akan berperan dalam mengelupas kulit dan menghilangkan ciri – ciri sel kulit mati di wajah dan kotoran serta memperbaiki tingkat kecerahan kulit. Selain itu, masker dengan kandungan kedua bahan ini akan membantu melembabkan dan memberi kulit yang glowing serta lebih bercahaya.

Membuat Tepung Beras Untuk Masker

Cara membuat masker lidah buaya dan beras bisa dilakukan hanya jika beras dihaluskan terlebih dulu menjadi tepung beras. Berikut ini adalah cara membuat tepung beras untuk digunakan sebagai masker wajah.

  • Siapkan 1-2 cup beras di dalam blender sekali waktu. Anda tidak akan ingin menyumbat blender dengan mengisinya terlalu penuh. Jika banyak beras yang akan diolah, bagilah menjadi beberapa kali pekerjaan agar blender dapat menggiling beras lebih baik.
  • Perbandingan yang bagus adalah untuk satu cup atau 240ml beras akan menghasilkan 1,5 cup atau 350ml tepung beras.
  • Giling beras dalam blender sampai halus dan tidak ada gumpalan.
  • Simpan tepung beras dalam kontainer kedap udara dan tutup dengan rapat.
  • Anda dapat menyimpannya di tempat kering dan jauh dari suhu panas selama 1 tahun.

Pembuatan Masker Lidah Buaya Dan Beras

Ketika beras digabungkan dengan lidah buaya, maka tercipta masker wajah yang kaya akan gizi dan mampu meningkatkan elastisitas dan membuatnya putih dan cerah. Masker wajah ini cocok untuk semua kulit wajah terutama bagi orang – orang dengan kulit sensitif dan untuk merawat kulit yang terbakar matahari. Beberapa cara membuat masker lidah buaya dan beras yaitu:

1. Masker Lidah Buaya Dan Beras

Untuk cara memutihkan wajah dengan cepat dalam waktu 2 hari dengan beras dan lidah buaya, Anda dapat mengikuti langkah – langkah berikut ini:

  • Potong satu buah daun lidah buaya, cuci bersih dan kupas.
  • Sisihkan gel yang berwarna bening di dalamnya secukupnya.
  • Tambahkan satu sendok makan beras yang telah diolah menjadi tepung tadi.
  • Aduk ramuan sampai merata.
  • Oleskan pada wajah Anda.
  • Biarkan sampai agak mengering, lalu bilas.
  • Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

2. Masker Lidah Buaya, Tepung Putih Dan Beras

Anda dapat melakukan cara membuat masker lidah buaya dan beras dicampur dengan tepung biasa untuk cara memutihkan wajah dengan masker beras dan lidah buaya  berikut ini:

  • Siapkan setengah sendok makan tepung beras, satu sendok makan tepung putih biasa, dan dua sendok makan gel lidah buaya.
  • Campur semua bahan dalam mangkuk dan aduk sampai rata hingga menjadi pasta yang halus dan tanpa gumpalan.
  • Aplikasikan pada wajah dan biarkan sampai agak mengering.
  • Oleskan pada wajah dan leher, bilas setelah agak kering atau selama 20 menit dengan air biasa.
  • Lakukan perawatan ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

3. Masker Lidah Buaya, Madu Dan Beras

Beras yang diolah menjadi tepung dikenal efektif untuk mengurangi jerawat karena mengandung sifat antiseptik untuk melawan kuman serta bakteri penyebab jerawat. Kandungan allantoin dalam tepung beras juga berfungsi sebagai anti inflamasi yang bagus, mengurangi dampak paparan sinar matahari dan dapat memperbaiki tekstur kulit secara mendalam.

  • Siapkan dua sendok makan tepung beras, satu sendok makan madu dan dua sendok makan gel lidah buaya.
  • Aduk semua bahan sampai rata dan tidak menggumpal.
  • Oleskan masker secara lembut ke wajah sambil dipijat.
  • Biarkan selama lima menit lalu bersihkan dengan air dingin.

Jika Anda berpikir bahwa make up dapat menutupi masalah kulit, maka hal itu tidak benar. Make up tidak akan dapat menandingi kilauan kulit yang sehat. Menggunakan cara membuat masker lidah buaya dan beras akan dapat mengatasi masalah kulit kusam dan berjerawat Anda. Pastikan wajah selalu bersih sebelum menggunakan masker. Ada beberapa orang yang ternyata mengalami reaksi alergi, maka usahakan untuk mengujinya lebih dulu. Mungkin Anda juga ingin mencoba manfaat memakai masker beras setiap hari, tetapi sebaiknya cari tahu dulu mengenai bolehkah memakai masker tepung beras setiap hari agar tidak mengalami efek samping masker tepung beras pada wajah.