13 Cara Menghilangkan Flek Hitam Dengan Jahe Ampuh dan Mudah

Jahe sudah dikenal memiliki efek penyembuhan sejak lama seperti untuk menyembuhkan flu dan juga demam. Jahe juga sangat mudah digabungkan dengan bahan lain seperti dibuat menjadi teh untuk menyembuhkan mual atau dijadikan bahan baluran untuk menyembuhkan gatal gatal pada kulit. Selain untuk menyembuhkan penyakit dalam, jahe juga bisa digunakan untuk perawatan kulit karena mengandung lebih dari 40 antioksidan yang baik sebagai pelindung dari radikal bebas. Kegunaan dari jahe untuk kecantikan kulit juga sangat beragam, mulai dari bibir, mencegah kelebihan sekresi melanin pada kulit, menyembuhkan jerawat dan juga menghilangkan flek serta noda pada wajah. Agar khasiatnya lebih cepat, jahe juga bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya seperti cara menghilangkan flek hitam dengan jahe yang akan kami ulas berikut ini.

  1. Jahe Tanpa Campuran

Selain cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan minyak zaitun, dalam jahe mengandung zat gingerol yang sangat efektif untuk menangkal radikal bebas perusak kulit dan penyebab timbul flek hitam pada wajah. Untuk cara penggunaannya juga sangat mudah yakni dengan membersihkan wajah lalu oleskan jahe yang sudah dihaluskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit yang sangat ampuh untuk menghilangkan flek hitam serta jerawat.

  1. Jahe, Kayu Manis dan Madu

Dalam jahe, madu dan kayu manis sama sama memiliki antioksidan seperti asam lemak linoleat, sodium ascorbyl phosphate dan juga vitamin B3 dan juga memiliki sifat anti jerawat, anti bakteri dan anti inflamasi sehingga sangat baik digunakan untuk cara menghilangkan flek hitam di hidung dan wajah.

  • Campur 2 sendok makan madu dengan 1/2 sendok teh bubuk kayu manis dan 1/2 sendok teh jahe yang sudah dihaluskan.
  • Oleskan pada wajah sebagai masker dan biarkan selama 10 hingga 15 menit lalu bilas dan keringkan memakai handuk.
  1. Jahe dan Nanas

Seperti jahe yang mengandung antioksidan, dalam nanas juga mengandung antioksidan serta vitamin A dan C yang sama baiknya untuk meningkatkan produksi kolagen sekaligus cara menghilangkan flek hitam di pipi dan seluruh wajah. Nanas juga mengandung bromelain yang akan mengencangkan kulit, melembutkan dan meningkatkan elastisitas kulit untuk mencegah keriput.

  • Haluskan 1/4 buah nanas bersama 1 rimpang jahe memakai blender.
  • Celupkan kapas dalam larutan tersebut dan oles pada area flek hitam di wajah.
  • Diamkan hingga mengering lalu bilas hingga bersih dan lakukan setiap hari.
  1. Jahe, Madu dan Cuka Apel

Cuka apel tidak hanya baik untuk diminum namun juga baik digunakan sebagai masker kulit karena mengandung antioksidan seperti vitamin A, B Kompleks, C dan juga E. Sedangkan kandungan asam alfa hidroksi dalam cuka apel juga sangat ampuh untuk mengangkat sel kulit mati dan bintik hitam sekaligus meningkatkan produksi sel kulit baru yang lebih sehat.

  • Campur 1 sendok teh cuka apel dengan 1 sendok teh air perasan jahe dan 1 sendok teh madu.
  • Celupkan kapas ke dalam laruan dan aplikasikan pada bercak gelap di wajah kemudian diamkan selama 15 menit.
  • Cuci bersih dengan air dan lakukan setiap hari secara teratur.
  1. Jahe dan Pepaya

Manfaat pepaya untuk kulit mengandung enzim papain yang berfungsi sebagai antidot bintik hitam. Enzim papain terkenal sangat ampuh dalam menghilangkan noda hitam, mengelupas sel kulit mati dan menghambat produksi tirosinase pada kulit untuk mengurangi produksi melanin penyebab flek hitam sehingga sangat disarankan untuk dicampur bersama jahe.

  • Haluskan 1/2 buah pepaya bersama 2 sendok makan air perasan jahe memakai blender.
  • Aplikasikan pasta kental ini ke seluruh wajah dan diamkan selama 20 meit.
  • Bilas bersih dengan air dan lakukan secara teratur selama 3 minggu.
  1. Jahe dan Tomat

Selain banyak manfaat tomat untuk alis, tomat memiliki komponen sehat bagi kulit seperti vitamin A, B dan C yang akan meningkatkan produksi kolagen, mengurangi bintik hitam, menangkal radikal bebas dan menjaga elastisitas kulit. Selain itu, dalam tomat juga mengandung kalsium, potassium, magnesium dan juga likopen yang membantu dalam melembabkan kulit dan menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh.

  • Campur 2 sendok makan jus lemon dengan 1 sendok makan air perasan jahe.
  • Oleskan pada kapas kemudian aplikasikan pada seluruh wajah khususnya area bintik hitam.
  • Tunggu hingga mengering dan bersihkan dengan air.
  1. Jahe, Mentimun dan Lidah Buaya

Kandungan air tinggi dalam mentimun menjadikan buah ini bahan alami yang hebat untuk melembabkan kulit. Manfaat mentimun untuk wajah juga mengandung cucurbitacin serta cucumerin yang baik untuk mengatasi tanda tanda penuaan pada kulit. Sedangkan senyawa antioksidan seperti vitamin A, B5, C E dan K akan menyamakan warna kulit dan mengatasi lingkaran hitam, bekas jerawat dan juga bintik hitam sekaligus silika untuk sintesis kolagen untuk meremajakan kulit.

  • Haluskan 1 buah mentimun dengan 1/2 sendok teh gel lidah buaya dan 1 sendok makan air perasan jahe.
  • Balurkan pasta tersebut pada seluruh wajah dan biarkan selama 30 emnit.
  • Bilas bersih dengan air dan lakukan setiap hari untuk hasil maksimal.
  1. Jahe dan Susu

Kombinasi antara jahe dengan susu tidak hanya menjadi minuman nikmat untuk menghangatkan tubuh namun juga baik untuk menjaga kecantikan kulit wajah khususnya menghilangkan bintik hitam. Dalam susu juga mengandung vitamin A, kalsium, vitamin D, biotin dan vitamin B6 yang baik untuk meningkatkan produksi kolagen, memproduksi sel kulit baru, menangkal radikal bebas, menyamarkan bintik hitam dan mencegah penuaan dini untuk membantu jahe memaksimalkan khasiatnya. Cara membuat masker susu dan jahe selengkapnya bisa anda lihat berikut ini.

  • Campur 4 sendok makan susu murni dengan 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan perasan jahe.
  • Oleskan campuran ini pada bintik hitam menggunakan kapas dan diamkan selama 10 menit.
  • Bilas hingga bersih dan lakukan setiap hari.
  1. Jahe, Oatmeal dan Yogurt

Yogurt sudah digunakan sejak lama untuk menjaga kesehatan badan oleh masyarakat seluruh dunia, sedangkan manfaat oatmeal untuk wajah sensitif juga sangat ampuh digunakan untuk menyerap minyak dan mengatasi bintik hitam. Namun kandungan asam laktat dalam yogurt juga berguna untuk mengelupas lapisan kulit teratas yang terdiri dari pigmen dan sel kulit mati sehingga jaringan kulit yang baru bisa di produksi. Untuk itu, kombinasi jahe yang ditambahkan dengan yogurt dan oatmeal sangat ampuh dipakai untuk menghilangkan flek hitam pada wajah.

  • Campur 2 sendok makan yogurt dengan 1 sendok makan oatmeal dan 1 sendok makan air operasan jahe hingga menjadi pasta.
  • Terapkan pasta tersebut pada wajah dan biarkan selama 20 menit.
  • Bilas dengan air dan lakukan secara teratur 3 kali seminggu.
  1. Jahe dan Madu

Manfat madu untuk kulit sudah digunakan sejak 2 ribu tahun yang lalu sebagai perawatan kulit seperti mencegah jerawat dan mengatasi segala tanda tanda penuaan dini seperti bintik hitam, garis halus serta keriput yang sangat baik dicampur bersama jahe untuk masker penghilang flek hitam.

  • Kombinasikan 2 sendok makan madu dengan 1 sendok makan air perasan jahe hingga menjadi pasta yang ringan.
  • Celupkan kapas dalam larutan dan oles pada flek hitam di wajah.
  • Diamkan selama 20 menit dan bilas bersih memakai air hangat.
  • Lakukan dengan teratur setiap hari untuk hasil terbaik.
  1. Jahe dan Kulit Jeruk

Dalam kulit jeruk mengandung vitamin C dan kalsium tinggi yang ampuh untuk mengatasi radikal bebas sekaligus meremajakan kulit. Kulit jeruk juga ampuh untuk menghilangkan bintik hitam dengan cara mengeluarkan semua racun dan kotoran penyumbat pori sekaligus memutihkan kulit secara alami. Cara menggunakan kulit jeruk untuk menghilangkan komedo dan flek hitam bisa dilihat berikut ini.

  • Keringkan kulit jeruk di bawah terik matahari dan haluskan menjadi bubuk.
  • Campur bubuk kulit jeruk tersebut dengan air perasan jahe secukupnya hingga menjadi pasta yang kental.
  • Oleskan pasta tersebut pada wajah dan biarkan selama 25 menit lalu bilas sampai bersih.
  1. Jahe dan Dandelion

Dandelion yang tumbuh liar di halaman atau pinggir jalan biasanya hanya disingkirkan karena dianggap sebagai tanaman pengganggu. Namun ternyata, dandelion bisa digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit seperti menghilangkan flek hitam, mengangkat sel kulit mati dan meremajakan kulit.

  • Campur getah dari daun dandelion dengan air perasan jahe.
  • Aplikasikan langsung campuran ini pada wajah sebanyak 2 kali sehari.
  • Diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas dan flek hitam akan terlihat memudar seiring rutinnya penggunaan bahan alami ini.
  1. Jahe dan Tepung Beras

Selain cara memutihkan tangan dengan tepung beras, salah satu jenis tepung yang terbuat dari beras ini sering juga digunakan untuk membuat kue juga bisa digunakan sebagai alternatif menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Adan banyak kandungan dalam tepung beras seperti vitamin A, B1, B2, B6, niacinm lipid dan juga biotin yang semuanya ini sangat ampuh digunakan untuk meringankan warna kulit, meningkatkan pengelupasan kulit dan tentunya menghilangkan bercak gelap pada wajah.

  • Campur 1 sendok makan tepung beras dengan air perasan jahe hingga menjadi pasta yang lembut.
  • Oleskan pasta tersebut pada wajah sebagai masker dan biarkan selama 20 menit.
  • Basuh wajah dengan air hingga bersih dan lakukan 2 kali dalam seminggu untuk hasil terbaik.
  1. Jahe dan Pisang

Selain banyak manfaat pisang untuk rambut, dalam pisang juga tinggi akan kandungan potassium, zat besi, magnesium, zat besi, seng, asam folat dan juga tripofan yang sangat ampuh untuk mengatasi flek hitam bersama dengan jahe.

  • Campur 1/2 buah pisang dengan 1 sendok teh parutan jahe dan tambahkan 1 sendok teh minyak zaitun lalu haluskan dengan blender.
  • Aplikasikan campuran ini pada wajah dan pijat lembut sebentar lalu diamkan selama 20 menit.
  • Bersihkan wajah dan lakukan cara ini 2 kali seminggu.
  1. Jahe dan Terong

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui jika terong juga bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Jahe yang dicampur dengan terong ini mengandung seng, zat besi, vitamin B1 dan B12 yang bisa menghentikan metalin dan mengurangi melisma sekaligus memudarkan flek hitam dalam waktu yang sangat cepat.

  • Haluskan terong ungu secukupnya bersama air jahe dengan blender.
  • Terapkan campuran ini pada wajah sebagai masker dan diamkan selama 20 menit.
  • Bilas bersih dengan air dingin dan gunakan sebanyak 3 kali seminggu untuk hasil terbaik.
  1. Jahe dan Pepaya Mentah

Selain kandungan mineral dan vitamin yang sangat tinggi dalam jahe, dalam pepaya juga mengandung enzim papain untuk cara menghilangkan kulit mati di wajah, meremajakan kulit dan juga mengangkat bercak gelap di wajah yang sangat mengganggu.

  • Haluskan pepaya mentah dan air perasan jahe secukupnya menggunakan blender.
  • Aplikasikan campuran ini pada wajah sebagai masker dan diamkan selama 20 menit.
  • Lakukan juga pijatan lembut agar kandungan dalam pepaya bisa meresap ke dalam kulit.
  • Bilas bersih dengan air hangat dan lakukan 2 kali seminggu untuk hasil cepat.

Cara menghilangkan flek hitam dengan jahe yang sudah kami berikan diatas bisa anda praktekkan di rumah dengan mudah tidak hanya untuk mengatasi bintik hitam, namun juga untuk meremajakan, melembutkan dan mencegah berbagai tanda penuaan dini seperti komedo, jerawat, garis halus dan juga kerutan.