5 Manfaat Masker Matcha Untuk Wajah

Matcha atau teh bubuk adalah jenis teh hijau dalam bentuk bubuk yang didapatkan dari cara menggiling teh hijau sampai halus, mirip seperti tepung. Diperkirakan matcha dibuat pertama kali di Tiongkok pada abad ke – 10, sedangkan matcha dikenal orang Jepang sejak abad ke – 12 atau pada zaman Kamakura ketika dibawa ke Jepang oleh seorang pendeta Zen. Asalnya, matcha dibuat dari satu jenis teh hijau bernama Tencha. Tanaman teh di perkebunan ditutup dengan jerami atau kerai selama 20 – 30 hari untuk menghalanginya terkena sinar matahari langsung. Setelah dipetik, daun teh langsung mengalami proses pengukusan dan pengeringan. Daun teh yang kelak menjadi matcha digiling menggunakan alat penggiling batu hingga halus seperti tepung. Matcha yang sedang naik daun di Indonesia kerap dapat kita temui dengan mudah digunakan sebagai bahan makanan dan minuman kekinian. Tidak hanya itu, matcha bahkan digunakan untuk bahan masker wajah yang berkhasiat sangat baik.

Khasiat Masker Matcha

Manfaat masker matcha bisa Anda dapatkan dengan mencampurkan satu sendok teh bubuk matcha dengan satu sendok teh madu. Campur kedua bahan hingga tercampur rata dan bertekstur seperti pasta. Manfaat masker Matcha bagi kecantikan wajah antara lain:

1.Sebagai anti penuaan dini

Matcha green tea mengandung antioksidan sebesar 137 kali lebih besar daripada teh hijau biasa, dan juga mengandung katekin, vitamin A, C, K dan vitamin B kompleks. Warna hijau yang terang pada matcha berasal dari kandungan klorofilnya yang tinggi, yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, juga dari kotoran dan kimia pada lingkungan yang bisa menyumbat pori – pori. Dengan kandungan tersebut, antioksidan pada manfaat masker matcha dapat berfungsi untuk melawan radikal bebas dan membuangnya dari kulit, mencegah sel kulit menjadi rusak dan menyebabkan munculnya tanda – tanda penuaan dini seperti keriput dan garis halus, juga kerusakan dari sinar matahari, age spot, kulit kering.

2.Mengatasi peradangan

Bubuk matcha memiliki banyak kandungan anti inflamasi khususnya untuk mengurangi kemerahan yang seringkali dihubungkan dengan kondisi kulit kronis seperti rosacea dan bahkan jerawat. Manfaat masker matcha cukup baik untuk semua jenis kulit dan bisa membawa manfaat yang menenangkan dari masalah – masalah tersebut. Tidak hanya kulit akan terasa lebih baik, tetapi masker matcha juga menghilangkan kemerahan yang menyertai kondisi kulit kronis.

3. Memperbaiki rona kulit

Manfaat masker matcha dapat menjaga rona kulit wajah Anda tetap segar dan sehat. Tidak hanya mengurangi peradangan, masker matcha juga dapat memberikan manfaat eksfoliasi kulit dan mengeliminasi sel kulit mati, lalu meremajakan kulit sehingga tekstur dan rona kulit menjadi lebih baik. Matcha juga digunakan sebagai bahan pada produk Body Shop untuk memutihkan wajah dan masker kantung mata yang banyak dicari para wanita.

4. Mengatasi kulit berminyak

Kandungan tanin dalam matcha dapat mengecilkan pori – pori dan juga mengurangi produksi minyak yang seringkali menyebabkan jerawat. Jika Anda bermasalah dengan breakout dan kulit berminyak, matcha khususnya bermanfaat untuk menghilangkan minyak dari kulit dan memperlambat produksi minyak yang menyebabkan jerawat.

5. Mengatasi jerawat

Salah satu komponen penting lainnya yang ditemukan pada matcha, epigallocatechin – 3 – gallate atau EGCG memberikan manfaat masker matcha sebagai anti bakteri dan antibiotik yang akan membantu kulit acne prone. Manfaat masker matcha bisa juga Anda dapatkan sebagai salah satu manfaat masker Lea Gloria yang banyak dijual di toko online.

Memanfaatkan Matcha Untuk Wajah

Manfaat masker matcha yang sangat baik untuk kulit wajah Anda bisa didapatkan dengan beberapa cara pengolahan yang menjadi bagian dari rutinitas perawatan kecantikan Anda. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menggunakan matcha pada kulit wajah:

  • Gunakan matcha sebagai toner wajah. Campur bubuk matcha dengan air dan minyak esensial pilihan Anda secukupnya dalam botol semprot, atau gunakan sebagai masker dan bahan untuk  cara scrub wajah dengan benar.
  • Campur satu sendok makan bubuk matcha, satu seperempat cup minyak kelapa dan sekitar tiga perempat gula putih organik sebagai scrub wajah natural yang akan membantu menghilangkan kotoran dari kulit wajah.
  • Untuk masker pembersih pori – pori dalam sekejap dan sebagai produk scrub eksfoliasi wajah, campur satu setengah sendok makan clay, setengah atau seperempat sendok teh matcha, dan satu sendok makan air.
  • Jika Anda mengalami kulit kering dan iritasi, campurkan bubuk matcha dengan minyak kelapa dalam takaran yang sama untuk membuat masker wajah yang praktis dan dapat menenangkan serta merevitalisasi kulit wajah.
  • Bagi Anda yang berjerawat, buatlah masker antibakteri dengan mencampurkan satu sendok makan bubuk matcha dengan minyak serai secukupnya. Masker ini selain untuk menghilangkan bakteri, juga dapat menyembuhkan bekas jerawat dan luka sebelumnya.

Kapan saja Anda membutuhkan sedikit perawatan untuk memulihkan kulit, masker matcha merupakan salah satu pilihan terbaik yang bisa dilakukan. Selagi mencoba manfaat masker matcha pada kulit wajah, Anda juga bisa menikmati secangkir teh matcha hangat untuk mendapatkan manfaatnya secara lebih optimal lagi. Pastikan untuk mendapatkan bubuk matcha asli di toko yang terpercaya dan jangan mudah tergiur harga murah begitu saja, karena banyak produk matcha palsu yang beredar di pasaran. Jangan lupa juga untuk menjaga intensitas pemakaian masker matcha Anda sebanyak 1 – 2 kali dalam seminggu saja agar tidak berlebihan dan menghindari efek samping masker green tea yang mungkin saja terjadi.