17 Bahan Pemutih Wajah Alami Cepat dan Aman Serta Efektif

Sudah menjadi hal yang lazim apabila diantara para remaja dan wanita saat ini ingin mendapatkan kulit wajah yang lebih cerah dan putih. Diantara wanita yang menginginkan kulit wajah putih ini biasanya mengalami masalah warna kulit yang tidak merata, atau mengalami masalah pigmentasi yang disebabkan oleh sinar matahari. Penyebab pigmentasi bisa karena sinar matahari, begitu juga dengan penggunaan produk berbahan kimia dalam jangka waktu lama. Ada banyak cara yang telah dilakukan untuk memutihkan wajah yang dilakukan oleh para wanita, bahkan pria.

Usaha untuk mendapatkan kulit cantik yang berkilau dan putih sudah dicoba oleh banyak wanita dan pria dengan menggunakan cream pemutih wajah pria namun sayangnya kerap kali sedikit atau tanpa pertimbangan akan keefektifan dan keamanan metodenya. Ada banyak krim pencerah wajah yang dijual di counter, lotion, suntik pemutih, obat – obatan, bedak kecantikan dan banyak sekali metode yang dapat digunakan namun keamanannya tidak dapat dijamin seratus persen. Bahkan iklan untuk produk kecantikan yang begitu gencar di media massa dan media sosial dapat menyesatkan para wanita, sebab tidak semua produk tersebut dapat dijamin aman untuk kulit.

Bahan Alami Untuk Pemutih Wajah

Apapun masalah kulit yang dialami, memang tidak ada salahnya untuk menggunakan produk berbahan dasar kimia. Namun yang perlu diketahui bahwa produk berbahan kimia masih memiliki kemampuan untuk mengakibatkan efek negatif pada kulit dalam jangka panjang, walaupun tidak semua produk memiliki resiko demikian. Bagi Anda yang lebih suka memilih bahan perawatan kulit yang lebih aman, ada beberapa bahan alami yang dapat menjadi alternatif untuk pemutih wajah alami cepat dan aman yaitu:

1. Tomat, yogurt dan oatmeal

Ini merupakan pemutih wajah alami cepat dan aman yang paten namun formulanya lembut untuk segala jenis kulit. Cara menggunakan masker tomat dicampur dengan yogurt dan oatmeal lumayan mudah untuk dilakukan. Campur satu sendok makan oatmeal dengan satu sendok makan air perasan tomat dan yogurt. Campur merata sampai menjadi pasta kental, lalu gunakan pada wajah. Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat, dan gunakan pelembab setelahnya.

2. Susu, lemon dan madu

Ketiga bahan ini menjadi ramuan untuk cara memutihkan wajah yang dapat memutihkan kulit lebih baik daripada kebanyakan produk berharga mahal. Pastikan untuk menggunakan lemon segar pada ramuan ini. campur satu sendok makan susu dan air lemon di mangkuk, lalu tambahkan satu sendok makan madu. Madu berfungsi sebagai pelembab kulit yang dapat menyeimbangkan efek  lemon yang mengeringkan kulit. Campur semua bahan sampai rata dan oleskan pada wajah yang telah dibersihkan. Biarkan selama 20 menit lalu bilas.

3. Yogurt

Yogurt tidak saja baik untuk sistem pencernaan namun juga bagus untuk kulit wajah Anda. Kandungan  asam laktat dalam probiotik ini dapat memutihkan dan melembabkan kulit secara alami ketika diaplikasikan ke kulit. Oleskan yogurt segar secukupnya pada wajah Anda dan biarkan selama 20 menit. Bilas seperti biasa untuk cara memutihkan wajah secara alami dalam 1 minggu .

4. Lemon

Tidak ada bahan pemutih kulit yang lebih baik daripada lemon, yang dapat menjadi cara memutihkan wajah dan leher dalam 1 minggu. Potong lemon sebagian kecil dan gosokkan pada wajah dalam gerakan melingkar. Biarkan jus lemon di wajah selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Anda dapat menggunakan pelembab setelahnya agar kulit wajah tidak kering. Cara mencerahkan wajah dengan lemon memang sangat efektif, namun ketahuilah ada efek samping lemon  untuk wajah yang mengeringkan kulit, maka Anda sebaiknya tidak menggunakan lemon dalam jumlah banyak atau terlalu sering.

5. Tepung gram

Bahan ini tidak saja akan memutihkan kulit namun juga mencegah pembentukan komedo hitam dengan menghilangkan kelebihan minyak dan tetap menyisakan minyak alami wajah secukupnya untuk tetap melembabkan wajah. Cara memutihkan wajah secara alami dengan tepung gram bisa menjadi salah satu pilihan untuk perawatan kulit Anda. Buatlah pasta dari dua sendok makan tepung gram dan air mawar secukupnya. Tambahkan air mawar hingga pasta menjadi kental. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas. Gunakan tiga kali seminggu.

6. Tomat

Cara memutihkan wajah dengan tomat juga dapat Anda pertimbangkan untuk mendapatkan wajah putih alami. Pemutih wajah alami dan aman berikutnya adalah tomat yang dapat membuat kulit berkilau dan tampak lebih putih dari sebelumnya. Anda bisa mengonsumsi tomat setiap hari atau membuat masker wajah dari tomat yang dihancurkan dengan dicampur yogurt. Gunakan masker setiap dua hari sekali .

7. Kunyit, cendana dan susu

Ini juga merupakan salah satu cara terpercaya dan telah terbukti telah memutihkan kulit secara alami. Anda cukup mencampur dua sendok makan bubuk cendana, satu sendok teh bubuk kunyit dan sedikit susu. Tambahkan susu sedikit demi sedikit pada cendana dan bubuk kunyit sampai terbentuk pasta kental. Oleskan pada wajah dan biarkan sekitar 20 menit sebelum dibilas. Ramuan ini akan menghilangkan kotoran dari kulit secara efektif. Kunyit juga akan menjadi cara memutihkan muka dan badan yang efektif.

8. Pepaya

Pepaya merupakan salah satu bahan pemutih kulit alami. Memakan pepaya setiap hari dapat memberi Anda rona kulit yang lebih terang dan menambahkan kilau pada kulit wajah. Anda juga dapat membuat masker wajah dengan menghancurkan sepotong pepaya matang dan tambahkan air perasan lemon secukupnya. Oleskan hingga merata pada wajah dan biarkan selama 20 menit sebelum dibilas.

9. Almond dan susu

Cara memutihkan wajah secara alami dengan susu dan almond juga bisa Anda coba. Kedua bahan ini merupakan salah satu cara tradisional untuk memutihkan kulit wajah tanpa harus menggunakan bahan kimia. Anda cukup menggiling sedikit almond hingga menjadi bubuk. Lalu campur almond giling dengan susu secukupnya hingga pasta tebal terbentuk. Anda dapat mengaplikasikan masker ini setiap hari. Cobalah juga cara memakai masker susu beruang untuk memutihkan wajah.

10. Kentang

Air sari kentang menawarkan banyak keuntungan untuk kulit, antara lain memutihkan dan melembabkan kulit, menghilangkan kotoran, cara alami menghilangkan mata panda serta cara menghilangkan kantung mata yang besar. Blender kentang yang sudah dikupas dan dicuci secukupnya lalu ambil sarinya. Cara memutihkan wajah dengan kentang sangat sederhana. Gunakan pada wajah menggunakan kapas bulat atau kapas wajah hingga merata. Biarkan sampai kering lalu bilas dan bersihkan wajah dengan sabun wajah ringan.

11. Oatmeal dan gula

Anda cukup menyiapkan segenggam oatmeal dan tiga sendok makan gula untuk cara memutihkan kulit secara alami dalam waktu singkat. Campur dengan air lemon secukupnya sampai terbentuk ramuan yang bertekstur kasar. Pastikan pasta tidak menjadi terlalu lembut atau cair. Gunakan pasta ini untuk scrub wajah dan leher selagi mandi lalu bilas seperti biasa. Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

12. Kelapa dan air mawar

Air mawar sangat baik untuk kulit, begitu pula manfaat buah kelapa untuk kecantikan. Jika digabungkan dengan air kelapa maka akan menjadi ramuan yang sangat sempurna untuk memutihkan kulit. Air kelapa membantu memudarkan bintik – bintik di wajah dan juga sangat bagus untuk membersihkan kulit. Campur air mawar dan air kelapa dalam jumlah yang sama lalu simpan di botol semprot.

13. Kulit jeruk dan susu

Anda yang memiliki jenis kulit berminyak pada umumnya sulit untuk menemukan produk kosmetik yang cocok. Namun ramuan alami yang sederhana ini cocok untuk kulit berminyak. Manfaat kulit jeruk untuk wajah berminyak cukup bagus untuk merawat wajah. Gunakan kulit jeruk yang telah dikeringkan dan dijadikan bubuk, lalu campur dengan susu secukupnya serta madu lalu oleskan pada kulit. Ramuan wajah ini akan membantu melawan pigmentasi kulit dan mencerahkan kulit Anda beberapa tingkat.

14. Kunyit , jeruk nipis dan air mawar

Manfaat buah jeruk nipis untuk wajah dapat dikombinasikan dengan kunyit dan air mawar juga. Anda dapat mengkombinasikan kunyit dengan jumlah air jeruk nipis segar dan air mawar yang sama. Oleskan pasta ke kulit Anda, biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air dingin. Bubuhkan pelembab yang bagus pada wajah setelahnya untuk mencegah kekeringan.

15. Wortel

Manfaat wortel untuk kulit juga dapat memutihkan wajah Anda. Pemutih wajah alami cepat dan aman ini bisa Anda dapatkan dengan merebus dan menghancurkan beberapa buah wortel. Tambahkan beberapa tetes minyak vitamin E, satu sendok teh krim susu dan beberapa tetes air perasan lemon pada wortel dan campur merata. Ini merupakan ramuan yang baik untuk Anda yang memiliki tipe kulit kering. Ramuan ini tidak saja akan memutihkan wajah namun juga dapat menutrisi, merawat dan menjauhkan kekeringan pada wajah.

16. Lidah buaya

Gel dari tanaman lidah buaya akan mengurangi hiperpigmentasi secara alami dan mengungkap warna kulit yang cerah dan lembut sejak pemakaian pertama. Lidah buaya juga memiliki bahan alami yang dapat membantu memperbaiki sel kulit dan jaringan yang rusak dan mendorong pertumbuhan sel kulit baru. Keluarkan gel kental yang ada di dalam lidah buaya lalu oleskan pada wajah. Biarkan selama setengah jam lalu bilas. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu.

17. Kulit jeruk dan yogurt

Yogurt dapat menjadi cara mencerahkan kulit wajah secara alami. Anda dapat mengeringkan kulit jeruk dengan menjemurnya di bawah terik matahari sampai menjadi kering. Parut atau giling kulit jeruk yang sudah kering sampai menjadi bubuk, lalu campur secukupnya dengan yogurt tawar segar hingga menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut pada wajah yang telah dibersihkan dan biarkan selama 20 menit. Ulangi setidaknya tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih baik.

Pemutih wajah alami cepat dan aman yang telah dibahas di atas merupakan bahan alami yang benar – benar dapat bekerja dengan aman. Anda dapat menjadikan bahan – bahan tersebut diatas sebagai alternatif yang baik untuk memutihkan wajah. Memutihkan wajah dengan cara alami memang tidak akan memberikan hasil yang cepat seperti jika Anda menggunakan produk kosmetik tertentu, namun resikonya akan lebih kecil untuk menimbulkan efek samping pada wajah. Anda juga dapat menggunakan krim pemutih wajah yang aman di apotik, cream pemutih wajah yang bagus dan cream penutih wajah yang aman agar terhindar dari bahan pemutih wajah berbahaya dan krim pemutih palsu. Jika Anda tetap ingin menggunakan produk pemutih kulit yang dibeli di pasaran, maka pastikan agar Anda memeriksa terlebih dulu kandungan bahan kimia di dalamnya. Pastikan agar tidak salah menggunakan produk palsu atau mengandung bahan kosmetik yang berbahaya.