3 Macam Urutan Memakai Sunblock Dan Pelembab di Wajah

Dalam rutinitas skincare yang memiliki banyak langkah – langkah perawatan, urutan pemakaian adalah yang paling penting. Apakah harus menggunakan serum atau toner dulu, pelembab atau serum duluan, dan lain sebagainya. Pertanyaan mengenai produk jenis mana yang harus digunakan lebih dulu, seperti sunblock atau pelembab sudah menjadi pertanyaan yang lazim dan tidak ada habisnya di dunia perawatan kecantikan. Semua orang sepertinya selalu memiliki jawaban yang berbeda, dan teori – teori yang berbeda mengenai urutan memakai sunblock dan pelembab yang benar.

Bersama – sama, pelembab dan tabir surya memberi dasar untuk pencegahan keriput, melawan kanker, dan meningkatkan rona kulit Anda. Mungkin Anda akan berpikir bahwa ada aturan pemakaian produk yang universal seperti halnya pemecahan matematika yang memiliki rumus tertentu. Akan tetapi kenyataannya tidak semua ahli kecantikan setuju mengenai urutan pemakaian yang benar. Sebagian ahli kecantikan setuju pemakaian sunblock lebih dulu, namun yang lainnya lebih memilih menggunakan pelembab lebih dulu.

Sunblock atau Pelembab Lebih Dulu?

Berdasarkan perdebatan para ahli, ada beberapa teori yang perlu diperhatikan atau menjadi dasar pertimbangan Anda dalam menggunakan sunblock dan pelembab. Keduanya sangat penting untuk merawat wajah dan sebaiknya tidak ditinggalkan pemakaiannya. Tahukah Anda bahwa ada dua jenis sunscreen yang terdapat di pasaran dan menentukan urutan memakai sunblock dan pelembab? Kedua jenis itu adalah chemical sunscreen atau sunscreen inorganik dan mineral sunscreen. Beberapa teori mengenai urutan memakai sunblock dan pelembab antara lain:

1. Penggunaan Chemical Sunscreen

Sunblock kimia atau sunscreen inorganik kandungannya menggunakan filter UV sintetis, seperti avabenzone, mexoryl dan octocrylene. Teori ini menyatakan bahwa chemical sunscreen harus menyentuh kulit sehingga dapat menimbulkan reaksi kimia yang mengaktifkannya. Susncreen kimia manapun digunakan sebelum pelembab, sedangkan mineral sunscreen bisa diaplikasikan belakangan. Menggunakan pelembab sebelum sunblock kimia akan mengganggu reaksi sunblock pada kulit tersebut sehingga tidak akan bereaksi dengan cara yang seharusnya. Di siang hari ketika sunblock membutuhkan aplikasi ulang, sebagian besar pelembab di kulit sudah memudar sehingga tidak akan mengganggu pemakaian ulang sunblock tersebut.

Tetapi, belum ada bukti ilmiah yang benar – benar dapat mendukung teori urutan memakai sunblock lebih dulu dari pelembab ini. Satu – satunya reaksi yang diketahui timbul ketika Anda mengaplikasikan tabir surya manapun pada kulit adalah terjadinya lapisan pelindung pada kulit. Ketika sunscreen mengering, ia akan membentuk lapisan pada kulit, yang membutuhkan waktu 20 menit untuk terbentuk.

2. Penggunaan Mineral Sunscreen

Sunscreen organik ini menggunakan UV filter sintetis, seperti titanium dioksida dan zinc oksida. Kedua bahan ini tidak perlu diaktifkan melalui reaksi kimia dengan kulit wajah, sehingga dapat menjadi perisai untuk kulit Anda. Ketika sinar matahari mencapai kulit, pelindung ini akan memantulkannya dan membuatnya menjauhi kulit sehingga kerusakan akibat sinar matahari dapat dicegah. Urutan memakai sunblock dan pelembab untuk jenis sunblock ini dapat dilakukan setelah memakai pelembab. Anda juga perlu mengetahui mengenai perbedaan primer dan  pelembab, juga perbedaan pelembab dan bb cream.

3. Pemakaian Pelembab Urutan Akhir

Teori berikutnya yang banyak digunakan para wanita saat ini adalah bahwa urutan memakai sunblock dan pelembab yang benar yaitu dengan menggunakan sunblock setelah memakai pelembab, tidak penting apapun jenis sunblocknya. Pemakaian sunblock dilakukan setelah pelembab dan produk perawatan kulit lainnya tetapi sebelum menggunakan make up. Jika Anda tidak menggunakan make up, maka pemakaian sunblock seharusnya menjadi hal yang terakhir digunakan pada kulit wajah. Sunblock akan dapat menjadi cara menghilangkan belang di wajah akibat memakai kerudung. Perhatikan juga ciri – ciri tidak cocok memakai pelembab yang mungkin timbul. Jika terjadi demikian, segera hentikan pemakaian pelembab Anda.

Tips Menggunakan Sunblock dan Pelembab

Tidak ada yang lebih penting daripada mempertahankan kulit tetap tampak muda, terlindungi dan kenyal dalam perawatan sehari – hari daripada pemakaian sunblock yang mengandung SPF 30 atau lebih besar lagi. Beberapa tips menggunakan sunblock yaitu:

  • Ekspos kulit terhadap matahari bahkan secara tidak langsung membutuhkan sunscreen atau sunblock. Pemakaian sunblock harus dilakukan sekitar 15-30 menit sebelum keluar rumah dan pastikan menyerap sebelumnya. Para peneliti menemukan bahwa kerusakan kulit dimulai pada menit ketika kulit yang tidak terlindungi terpapar matahari atau cahaya siang hari.
  • Panduan umum dalam urutan memakai sunblock dan pelembab adalah secara bebas, tetapi seberapa bebas sebenarnya jumlah pemakaian yang disarankan tersebut? Tidak semua orang memiliki kebutuhan yang berbeda – beda. Cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda mengaplikasikan sunblock yang cukup adalah dengan mengoleskan lapisan pada semua permukaan kulit yang akan terkena sinar matahari, memijatnya dengan perlahan dan melakukan pelapisan dobel jika Anda akan berada di luar dalam waktu lama.
  • Aplikasikan sunblock setiap dua jam sekali direkomendasikan oleh para ahli jika Anda tidak menggunakannya dengan lapisan yang benar sejak awal pemakaian, tetapi jika Anda menggunakan dalam jumlah yang cukup maka cara ini tidak perlu dilakukan. Pengaplikasian ulang juga akan tergantung kepada besaran SPF yang digunakan. Jika sebuah produk mengandung SPF 30 atau lebih maka pengaplikasian ulang dapat dilakukan setelah dua jam.
  • Gunakan pelembab sesuai dengan kebutuhan. Misalnya pelembab untuk kulit berminyak dan bruntusan, pelembab yang cocok untuk kulit bruntusan atau pelembab wajah untuk pria.

Pada dasarnya, urutan memakai sunblock dan pelembab yang disepakati oleh para ahli adalah menempatkan sunblock pada tahap terakhir setelah pelembab. Lapisan sunblock yang berada pada tahap terakhir atau tahap terluar akan membentuk perlindungan yang sangat baik terhadap sinar UV. Teori ini sesuai dengan kebanyakan ahli yang menyatakan bahwa urutan pemakaian tidak penting, yang penting adalah jika Anda menggunakan keduanya dalam rutinitas perawatan kecantikan Anda karena manfaat keduanya sangat berbeda bagi perawatan kulit wajah.