7 Perbedaan Moisturizer Dan Sunscreen yang Perlu Anda Ketahui

Tinggal di daerah tropis dimana paparan matahari bukan suatu barang langka, mengharuskan kita sering menggunakan pelindung matahari untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV. Beragam produk tabir surya di pasaran terkadang membingungkan untuk diikuti. Menentukan produk yang tepat bisa menjadi kegiatan yang melelahkan, dengan meneliti satu persatu kelebihan serta kekurangan setiap produk dan juga isi yang terkandng didalamnya. Pemakaian pelembab sejak dulu sangat dianjurkan untuk melindungi kulit wajah dari dehidrasi apapun jenis kulit Anda.

Sunscreen menjadi produk yang paling penting untuk melindungi kulit sebagai bagian dari perawatan kulit manapun, sebab tidak penting seberapa banyak Anda menghabiskan uang untuk pelembab berkualitas tinggi dan berkhasiat luar biasa, semuanya akan percuma ketika wajah tidak dilindungi dari radiasi UV. Tidak penting kapan waktunya, semua orang seharusnya menggunakan sunscreen, khususnya pada bagian tubuh yang paling mudah terpapar matahari. Berikut ini adalah penjelasan mengenai moisturizer dan sunscreen secara singkat.

  • Moisturizer

Moisturizer juga dikenal sebagai emolient, yang merupakan campuran dari bahan – bahan kimia. Bahan – bahan ini didesain untuk membuat lapisan luar dari kulit epidermis menjadi lebih lembut dan halus. Mereka mempunyai kemampuan untuk meningkatkan hidrasi kulit dengan mengurangi penguapan kadar air kulit. Merupakan produk komersil untuk kosmetik dan kegunaan terapeutik. Kulit yang terekspos cuaca akan menjadi dehidrasi, dan lapisan teratasnya akan menjadi kering dengan mudah. Ini akan menyebabkan kulit kasar dan kering, karena itulah diperlukan moisturizer untuk mengurangi penguapan dan meningkatkan hidrasi sehingga kulit tetap glowing.

  • Sunscreen

Sunscreen juga disebut sunblock, lotion suntan, tabir surya, sunburn cream dan lain sebagainya. Tersedia dalam banyak bentuk seperti lotion, cream, spray, gel atau produk topikal lainnya yang akan memantulkan sinar matahari dari kulit sebelum kontak. Membantu dan melindungi kulit dari terbakar matahari. Terbagi menjadi sunscreen fisik yang memantulkan sinar matahari dan chemical sunscreen yang menyerap sinar UV.

Apa Bedanya Pelembab dan Tabir Surya?

Sebagian orang kini menggunakan pelembab yang juga mengandung tabir surya untuk menghindari kerepotan harus menggunakan dua produk yang berbeda. Tetapi, pada dasarnya pelembab yang mengandung SPF tingkat efektivitasnya lebih rendah daripada tabir surya yang sesungguhnya. Walaupun pelembab dan tabir surya keduanya sama – sama berfungsi untuk melindungi kulit, namun tetap ada perbedaan moisturizer dan sunscreen mendasar yang perlu Anda ketahui.

1. Fungsi Moisturizer dan Sunscreen

Moisturizer berguna untuk memberikan hidrasi pada kulit, melembabkan dan memberi nutrisi pada kulit. Terkadang ada manfaat tambahan dari pelembab yaitu untuk mencerahkan wajah, memutihkan atau mengatasi kulit berjerawat. Sedangkan sunscreen digunakan untuk melindungi wajah dari sinar matahari, dan mencegah pembentukan melanin yang membuat kulit wajah menjadi hitam, dan berbintik hitam atau belang. Beberapa merk moisturizer Korea untuk kulit berminyak dan berjerawat atau pelembab wajah lokal untuk kulit kering adalah contoh pelembab yang ditujukan untuk jenis kulit berbeda.

2. Urgensi Pemakaian

Jika seseorang menggunakan sunscreen berkualitas baik secara umum maka pelembab tidak perlu diaplikasikan. Wanita yang memiliki kulit sangat kering bisa menggunakan pelembab untuk tambahan kelembaban. Tetapi wanita yang memiliki kulit berminyak bisa melewatkan pemakaian pelembab jika sudah menggunakan sunscreen berkualitas baik tersebut. Sebab, sunscreen juga memiliki manfaat melembabkan yang telah memberikan kulit wajah semua kelembaban yang dibutuhkannya.

3. Jumlah Pemakaian

Sunscreen klasik biasanya memerlukan pemakaian yang sangat sedikit saja, bisa digunakan untuk dasar make up tetapi tidak mengandung fungsi melembabkan. Sedangkan pelembab biasanya juga diberi kandungan sunscreen tetapi juga mengandung bahan – bahan yang akan membantu kulit untuk memulihkan diri dan meremajakan permukaan kulit wajah. Pemakaian moisturizer diperlukan lebih banyak daripada pemakaian sunscreen.

4. Konsistensi Sunscreen dan Moisturizer

Konsistensi sunscreen biasanya berminyak, lengket dan meninggalkan bekas putih di wajah. Tabir surya biasanya tidak dimaksudkan untuk meresap melainkan hanya menempel di permukaan kulit sebagai pelindung dari sinar matahari. Sementara pelembab lebih ringan, cair dan mudah meresap pada kulit wajah. Anda bisa mencoba beberapa merk pelembab wajah yang bagus dan murah serta pelembab oil free dan non – comedogenic yang cocok untuk kondisi wajah Anda.

5. Kekuatan dan Efektifitas Produk

Jika dibandingkan dengan produk yang benar – benar ditujukan untuk tabir surya, maka pelembab yang mengandung SPF biasanya memiliki kekuatan yang lebih lemah daripada sunscreen biasa. Terkadang untuk mendapatkan manfaat penuh dari SPF yang terkandung dalam pelembab, Anda harus melakukan double layering dan pemakaian ulang setiap 2 jam sekali. Beberapa pelembab ber SPF juga tidak bersifat broad spectrum sehingga tidak melindungi dari sinar UV A, yang menyebabkan penuaan dan kerusakan kulit.

6. Ketahanan Terhadap Air

Perbedaan moisturizer dan pelembab berikutnya adalah ketahanannya terhadap air. Tabir surya biasanya bersifat waterproof sehingga sangat baik untuk diaplikasikan sebelum berenang, sedangkan pelembab bahkan yang mengandung SPF sekalipun tidak tahan air dan keringat sehingga mudah luntur. Ada beberapa merk sunblock untuk wajah berminyak dan macam sunscreen untuk kulit berminyak remaja yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda gunakan.

7. Pengaplikasian Ulang

Jika Anda menggunakan pelembab yang mengandung SPF, biasanya jumlah SPF dalam pelembab tersebut tidak setinggi yang ada dalam sunscreen. Maka pengaplikasian ulang sunscreen dibutuhkan jika Anda beraktivitas cukup lama di luar ruangan. Sementara pelembab biasanya tidak perlu diaplikasikan ulang, baik itu pelembab untuk kulit kombinasi atau pelembab untuk kulit sensitif.

Perbedaan moisturizer dan sunscreen cukup membingungkan bagi para wanita yang masih pemula dalam bidang perawatan kulit, sebab terkadang fungsinya tampak mirip dan adanya moisturizer yang mengandung SPF juga membuatnya semakin rancu. Pada intinya, Anda tetap memerlukan tabir surya selain harus menggunakan pelembab, sebab perlindungan terhadap sinar matahari di negara tropis sangat penting. Sedangkan pelembab akan mencegah jenis kulit apapun mengalami dehidrasi karena suhu panas dari paparan sinar matahari yang intensif tersebut.