17 Pelembab Wajah Lokal Untuk Kulit Kering dan Kusam

Kondisi iklim kita yang tropis beresiko membuat kulit tubuh dan wajah menjadi kering. Kulit yang kering akan membuat wajah terlihat kusam, bahkan kulit akan terlihat mengelupas, bersisik, tampak merah dan teriritasi. Penyebab kulit kering dan kusam ada banyak, antara lain karena cuaca, makanan, atau karena tipe kulit yang memang kering sejak lahir. Kulit kering bisa juga disebabkan karena produksi kolagen yang sudah mulai berkurang sehingga kelembaban kulit juga akan terpengaruh. Gaya hidup seseorang juga dapat menyebabkan kondisi kulitnya menjadi kering. Misalnya sering terkena pendingin udara, terlalu banyak minum alkohol dan merokok, sering terkena panas matahari dan lain sebagainya.

Penyebab kulit kering dan keriput sedikit banyak harus dikenali untuk dapat mengatasinya. Bagi para wanita, kulit kering sama menyusahkannya dengan kulit berminyak karena akan membuat penampilan wajahnya menjadi kurang prima. Kondisi kulit yang kering akan membuat wajah menjadi mudah mengalami iritasi, mengelupas dan juga terbentuknya keriput serta garis halus di wajah sehingga akan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Untuk mengatasi kulit wajah yang kering, pelembab untuk kulit kering dan kusam merupakan salah satu solusi yang dapat diandalkan dan juga merupakan salah satu rutinitas kecantikan dasar yang perlu digunakan.

Cara Memilih Pelembab Untuk Kulit Kering

Banyaknya merk pelembab yang ditujukan untuk semua jenis kulit secara umum bahkan untuk jenis – jenis kulit secara spesifik seperti pelembab untuk kulit berminyak, pelembab untuk kulit kombinasi, pelembab untuk kulit sensitif, dan pelembab wajah untuk kulit kering, memang bisa menyulitkan untuk memilihnya. Untuk itu Anda dapat mengikuti cara memilih pelembab untuk kulit kering berikut ini:

  • Mengenali Jenis Kulit

Agar dapat menggunakan pelembab yang khusus dibuat untuk kulit kering dengan tepat, tentunya Anda perlu mengenali dulu jenis kulit wajah sendiri. Jika kulit terlihat kusam, kasar, bersisik, dan mengelupas dan kerap terasa gatal, kemungkinan Anda memiliki jenis kulit kering. Pastikan juga apakah kulit Anda juga menunjukkan ciri – ciri kulit sensitif.

  • Memilih Tekstur dan Kandungan Pelembab

Pilihlah pelembab wajah lokal untuk kulit kering yang bertekstur padat dan kental seperti krim kental, salep, atau menyerupai body butter. Anda juga dapat memilih pelembab yang berbahan dasar minyak, asam hialuronat, lanolin, ceramides, asam stearat atau gliserin, dan juga mengandung tabir surya minimal SPF 30. Hindari pelembab yang mengandung alkohol karena dapat membuat kulit menjadi semakin kering. Pelembab oil free dan non comedogenic misalnya, ditujukan untuk kulit berminyak.

  • Mengetahui Cara Memakainya

Menggunakan pelembab wajah tentunya merupakan suatu langkah mudah yang tidak lagi perlu banyak langkah rumit, namun tetap harus dilakukan dalam urutan yang benar. Jangan lupa untuk membersihkan wajah sebelumnya sebagai langkah perawatan kulit kering  lalu segera gunakan pelembab sebelum menggunakan foundation untuk kulit kering. Anda juga dapat menggunakan bedak wardah untuk kulit kering atau produk Laneige untuk kulit kering.

Pelembab Produksi Lokal Untuk Kulit Kering

Pelembab wajah lokal untuk kulit kering dapat menjadi pilihan Anda untuk menentukan produk mana yang paling cocok dengan kondisi kulit Anda. Selain itu, pelembab wajah buatan lokal kualitasnya juga tidak kalah dengan pelembab wajah impor yang harganya jauh lebih mahal dan lebih sulit dicari. Beberapa referensi merk pelembab wajah lokal untuk kulit kering yaitu:

1. Erha 8 Moisturizer

Pelembab dengan merk lokal ini adalah produk yang ditujukan untuk kulit sangat kering dan sensitif. Kandungan formula khusus didalamnya dapat melembabkan wajah dengan intensif dan juga melindungi wajah dari sinar UV, cara melembabkan wajah yang kering dan kusam, serta dapat digunakan sekaligus sebagai alas make up.

2. Pixy Radiant Finish Spot Care Beauty

Pixy menujukan pelembab ini untuk para remaja yang mengalami kulit kering dan kusam dengan Active Veil yang dapat melapisi kulit dengan sempurna. Kandungan SPF 15 didalamnya dapat melindungi kulit dari sinar matahari, juga dapat mencerahkan dan meratakan warna kulit, juga menghilangkan noda di wajah, serta menjadi cara mengatasi kulit kering dan bersisik.

3. Wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel

Jerawat tidak hanya bisa terjadi pada kulit wajah yang berminyak saja, namun juga bisa muncul pada kulit kering. Pelembab lokal untuk kulit kering berjerawat ini mengandung anti bakteri (Triclosan), lidah buaya, Pro Vitamin B5, tabir surya mengandung SPF 18 dan juga Zin Gluconate. Mudah menyerap pada kulit wajah karena dibuat dengan tekstur gel untuk mengatasi penyebab wajah kering.

4. Sariayu Putih Langsat Skin Brightening Moisturizer

Merk pelembab lokal untuk kulit kering yang satu ini sudah tentu sangat dikenal luas. Mengandung ekstrak buah langsat yang dapat memutihkan wajah secara alami dan melindungi wajah dari enzim tirosinase yang dapat membuat kulit wajah menjadi gelap. Produk ini akan memberi efek dewy pada wajah dan juga dilengkapi dengan SPF 15 dan micronized titanium dioksida untuk melindungi dari sinar matahari.

5. Citra Hazeline Pearly White UV

Satu lagi pelembab wajah lokal untuk kulit kering yang ditujukan bagi remaja untuk cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas.Kandungan pearl dan bubuk mutiara di dalamnya mampu memberi efek cerah pada kulit dan dapat merawat kulit dari dalam hingga ke lapisan terluar. Selain teksturnya yang seperti lotion dan berwarna putih, pelembab ini juga dapat berfungsi untuk memberi manfaat eksfoliasi wajah untuk menghilangkan sel kulit mati di wajah.

6. Emina Moist In A Bottle

Tekstur dari pelembab wajah lokal untuk kulit kering ini sangat ringan sehingga sangat nyaman untuk digunakan untuk cara mengatasi kulit kering pada wajah. Mengandung minyak macadamia untuk melindungi kulit dari kekeringan dan membantu kebutuhan nutrisi harian kulit Anda. Produk ini mudah ditemukan di toko kosmetik atau supermarket besar.

7. Mustika Ratu Moisturizer Plus

Mustika ratu adalah merk dari produsen kecantikan lokal yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Pelembab ini mengandung oxygen complex dan teh hijau yang dapat menjaga kelembaban kulit sehingga terhindar dari kekeringan dan tersedia varian untuk normal cenderung kering untuk cara mengatasi wajah kering dan bersisik dan kulit normal cenderung berminyak.

8. Mustika Ratu Pelembab Sekar Tanjung

Jenis pelembab yang satu ini mengandung oxygen complex dan juga vitamin derivatif A,C, dan E untuk menjaga kelembaban kulit dan membuat kulit lembut, halus dan tampak lebih cerah. Tersedia dua macam varian yaitu untuk kulit normal cenderung kering untuk cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas secara alami dan juga varian untuk normal cenderung berminyak.

9. Biokos Derma Bright Day Moisturizer

Kulit wajah akan dilindungi dari paparan sinar matahari dengan kandungan SPF 25 dari pelembab wajah lokal untuk kulit kering ini. Selain itu, pelembab ini juga dapat menyamarkan flek hitam di wajah dan juga menghambat pembentukan melanin pada kulit, dan mengandung anti iritasi sehingga cocok untuk kulit yang kering.

10. Biokos Vital Nutrition 30’s Daily Moisturizer

Pelembab ini merupakan bagian dari produk perawatan kulit yang ditujukan untuk wanita berusia diatas 30 tahun yang sudah mulai mengalami kekeringan pada kulit wajahnya. Mengandung bahan alami seperti Bio Seaweed Extract, Collagen, Glycoprotein, dan Hydroviton untuk menjaga kelembaban kulit agar tetap halus dan lembut di siang hari dan sepanjang hari.

11. Viva Pelembab Bengkoang

Pelembab dengan tekstur lotion ini ditujukan untuk kulit normal dan kering. Ekstrak bengkoang ditambahkan untuk membuat kulit menjadi semakin cerah, juga dilindungi dari sinar UV dengan kandungan UV filternya.

12. Sariayu Pelembab Mawar

Kandungan ekstrak mawar dan zaitun pada pelembab lokal untuk kulit kering ini akan merawat kelembaban kulit sehingga akan terlindungi dari kekeringan dan juga bahaya paparan sinar UV dari matahari dengan fungsi tabir surya yang ada di dalamnya. Sariayu juga merupakan salah satu merk produk kecantikan lokal yang telah lama dipercaya para wanita Indonesia.

13. La Tulipe Rejuvenating Moisturizer Cream

Pelembab wajah lokal untuk kulit kering berikutnya adalah La Tulipe yang akan mempertahankan kulit tetap lembab, sekaligus mencerahkan dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Adanya kandungan Liposome AHA akan mempercepat proses pergantian sel kulit sehingga kulit menjadi halus dan lembut.

14. Inez Exclusive All Day Facial Moisturizer Gel

Merupakan salah satu merk lokal yang memproduksi pelembab bertekstur gel sehingga dapat digunakan untuk semua jenis kulit termasuk untuk kulit kering. Pelembab ini tidak mengandung parfum dan formulanya dibuat untuk menjaga kulit wajah tetap lembut dan halus. Tekstur gel membuat pelembab ini mudah diaplikasikan dan mudah menyerap.

15. Bless Moisturizer

Dapat digunakan untuk kulit normal dan kering, merk Bless akan merawat kulit wajah agar tetap lembut dan halus serta jauh dari kekeringan dengan kandungan Urea dan minyak zaitun didalamnya. Pelembab ini bahkan dapat digunakan untuk menjadi dasar make up.

16. Natur E Daily Face Cream

Walaupun lebih terkenal dengan produk kapsul vitamin E, namun produk yang dibuat oleh PT. Darya Varia ini sekarang juga memiliki varian pelembab untuk wajah. Kandungan antioksidan pada pelembab ini ada dari vitamin E didalamnya yang juga dapat berfungsi sebagai bahan untuk merangsang produksi kolagen agar kulit wajah tetap elastis. Selain itu, pelembab lokal untuk kulit kering ini juga mengandung minyak biji delima dan tabir surya.

17. Ristra Health & Beauty Moisturizing Cream 

Ristra merupakan salah satu merk kosmetik lokal yang sudah ada sejak beberapa puluh tahun lalu dan tentunya produknya disesuaikan dengan kulit wanita Indonesia serta iklim yang tropis. Pelembab ini memiliki formula PH Balanced 4.5-5.5 dan mengandung minyak zaitun untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kulit wajah.

Jika Anda sudah menemukan merk pelembab wajah lokal untuk kulit kering yang paling cocok, pastikan untuk meneliti terlebih dulu kandungan bahan – bahannya sebelum memutuskan untuk menggunakannya pada kulit wajah. Hindari bahan kosmetik yang berbahaya, waspadai bahaya kandungan paraben pada kosmetik dan lakukan tes alergi sebelumnya. Anda bisa mencoba membeli kemasan kecil lebih dulu. Kemudian jangan lupa untuk melakukan pengamatan selama penggunaan, perubahan apa yang tampak pada kulit wajah Anda selama beberapa waktu. Jika kondisi wajah justru tampak memburuk, segera hentikan pemakaian.