3 Cara Menyimpan Serum The Ordinary

The ordinary adalah merk dari perusahaan DECIEM yang didirikan oleh Brandon Truaxe asal Toronto, Kanada sejak 2013 yang menjadi populer saat ini karena memproduksi skincare berkualitas dengan harga yang terjangkau. Produk The Ordinary dengan tagline “The Abnormal Beauty Company” dikhususkan untuk perawatan kecantikan yang canggih dan fungsional. Spesialisasinya dalam material kimia dan biokimia, telah menjadi pelopor dalam skincare melalui merk tersebut. Semua produk DECIEM termasuk The Ordinary bebas dari paraben, sulfat, mineral oil, methylchloroisothiazolinone, methylisothiazolinone, animal oil, pewarna coal tar, formaldehyde, merkuri dan oxybenzone. Tidak dilakukan pengujian menggunakan binatang. Para wanita selalu memburu produk – produk The Ordinary sebanyak 40 jenis berbeda termasuk skincare untuk warna kulit tidak merata, terutama serum wajahnya sejak pertama kali diluncurkan hingga habis terjual.

Jenis – jenis Serum The Ordinary

Serum wajah The Ordinary sukses menjadi salah satu produk andalan bahkan menjadi cult product diantara para wanita dengan berbagai formulanya seperti berikut ini.

  • The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

Serum The Ordinary yang paling terkenal adalah produk Niacinamide 10% + Zinc 1%. Niacinamide atau vitamin B3 diindikasikan untuk mengurangi penampilan noda pada kulit, mencegah kulit memproduksi melanin berlebihan yang dapat memicu munculnya flek hitam, mengontrol produksi sebum berlebihan dan juga mengencangkan pori – pori sehingga membuat kulit terlihat lebih cerah. Pada pemakaian di siang hari, Anda harus menggunakan sunscreen juga karena produk ini meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Cara pakai serum yang benar akan cocok untuk digunakan pada kulit acne prone, kulit berminyak dan yang memiliki pori – pori besar.

  • The Ordinary Salicylic Acid 2% Solution

Serum ini mengandung asam salisilat dan witch hazel untuk membersihkan dan mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit wajah. Penggunaan secara rutin akan mampu mencerahkan wajah dan mengatasi beruntusan, cocok sebagai serum yang bagus  untuk wajah berminyak. Hindari menggunakannya ketika kulit sedang sensitif.

  • The Ordinary Hyaluronic Acid 2% + B5

Serum ini memiliki kandungan utama hyaluronic acid atau asam hyaluronat. Fungsi utamanya adalah untuk melembapkan kulit, sehingga jika digunakan secara rutin maka kulit akan tampak lebih cerah dan terasa lebih kenyal. Serum yang cocok untuk kulit kering ini bisa digunakan setiap hari setelah menggunakan toner, pagi dan malam hari. Hindari menggunakan serum ini pada kulit yang sedang mengalami peradangan.

  • The Ordinary Ascorbic Acid 8% + Alpha Arbutin 2%

Kandungan utama dalam serum ini adalah propanediol, ascorbic acid dan alpha arbutin. Cocok untuk Anda yang memiliki noda hitam di kulit dan mulai merasakan munculnya tanda – tanda penuaan. Produk ini adalah turunan dari vitamin C yang memiliki formula bebas air sehingga lebih stabil untuk diaplikasikan ke kulit. Vitamin C sebagai antioksidan yang melawan tanda – tanda penuaan dan mencerahkan kulit. Sedangkan alpha arbutin dapat mencerahkan noda hitam serta meratakan warna kulit. Kedua bahan ini jika dicampur dengan air akan menjadi kurang stabil sehingga sebaiknya Anda tidak menggunakannya dengan skincare lain yang mengandung air juga. Ketika baru diaplikasikan, wajah akan terasa berminyak selama beberapa detik, namun cocok untuk semua jenis kulit.

  • The Ordinary Alpha Arbutin 2% +HA

Serum yang mampu mencerahkan kulit secara perlahan dan membuat penampilan bekas jerawat menjadi pudar. Jika digunakan dengan teratur, serum ini dapat mencegah munculnya jerawat baru dan mengatasi tekstur pada kulit wajah yang tidak rata. Ketika memakainya di siang hari, gunakan tabir surya karena meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari. Serum ini cocok digunakan oleh Anda yang memiliki kulit kusam dan berjerawat.

Penyimpanan Serum The Ordinary

Serum wajah adalah produk skincare yang cukup sensitif. Jika diamati, produknya dikemas dalam botol kaca yang berwarna gelap untuk menjaga kualitas dan efektivitas isinya. Cara menyimpan serum The Ordinary juga tidak bisa dilakukan di sembarang tempat dan harus dilakukan sesuai cara menyimpan serum yang benar seperti berikut ini.

1. Hindari sinar matahari

Serum yang mengandung bahan – bahan aktif menyebabkannya lebih cepat meresap ke dalam kulit dengan maksimal jika dibandingkan dengan pelembap. Bahan aktif tersebut lebih mudah rusak dan tidak tahan lama sehingga memiliki tanggal kadaluarsa yang lebih pendek daripada produk perawatan wajah lainnya yang mengandung bahan aktif lebih sedikit. Cara menyimpan serum The Ordinary di area yang kerap terkena cahaya matahari pun tidak diperbolehkan. Termasuk paparan secara tidak langsung melalui jendela, terutama yang mengandung retinol, benxoyl peroksida, dan vitamin C.

2. Bukan di kamar mandi

Kebanyakan orang menyimpan produk kecantikannya di kamar mandi karena lebih mudah digunakan langsung setelah mencuci wajah atau mandi. Tetapi cara tersebut tidak tepat untuk dilakukan. Produk skincare mudah terpapar bakteri setelah dibuka dan terpengaruh oleh suhu panas, cahaya dan lingkungan. Terlebih pada kamar mandi, yang merupakan ruangan dengan suhu paling tidak stabil di seluruh rumah sehingga memungkinkan skincare menjadi cepat basi jika Anda melakukan cara menyimpan serum The Ordinary di kamar mandi.

3. Simpan di dalam lemari es

Anda perlu menyimpan serum di tempat yang bersuhu dingin seperti dalam lemari es, yang dapat menjaga kualitas serum dan memberikan efek segar pada kulit wajah. Terutama pada produk yang mengandung retinol atau salicylic acid. Cara menyimpan serum The Ordinary tidak bisa dilakukan di tempat yang panas dan lembap karena bisa merusak kandungan bahan aktifnya. Ketika dimasukkan ke dalam lemari es, suhu pada serum akan membuat pembuluh darah mengecil dan bekerja seperti mesin penyedot sehingga lebih mudah diserap oleh kulit. Penyimpanan pada lemari es berguna bagi manfaat serum kinclong Ertos, manfaat Fresh Herb Origin Serum, dan manfaat serum Lanbena.

Sebelum membelinya, perlu Anda ketahui lebih dulu bahwa tidak semua orang dapat menggunakannya dengan bebas. Walaupun kandungannya tampak sangat berkhasiat untuk kulit wajah, sebaiknya Anda melakukan tes terlebih dulu pada kulit. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat, lebih baik jika berkonsultasi lebih dulu dengan dokter kulit untuk menghindari iritasi. Pastikan bahwa kulit Anda tidak memiliki kondisi yang akan semakin parah jika menggunakan skincare dengan bahan aktif tertentu.