3 Bahaya Totok Wajah Di Usia Muda Untuk Wajah

Perawatan wajah menjadi bagian yang penting dalam rutinitas kecantikan seorang wanita, karena kodratnya sebagai makhluk yang selalu ingin tampil cantik. Ada banyak produk perawatan wajah yang beredar di pasaran, begitu juga dengan berbagai jenis perawatan wajah yang tersedia di klinik – klinik kecantikan atau salon. Mulai dari facial biasa hingga jenis perawatan yang paling canggih kini tersedia untuk dipilih termasuk totok wajah. Jika selama ini hanya dikenal metode totok untuk penyembuhan penyakit, maka kini para wanita dapat mencoba metode totok wajah untuk kecantikan wajahnya. Totok wajah berasal dari Tiongkok (RRC) dengan perpaduan dua metode yaitu pijat akupresur dan tekanan energi tenaga dalam yang dialirkan bersamaan ke seluruh tubuh untuk membuat lebih rileks. Karena jaminan akan kecantikan, banyak wanita telah mencoba metode perawatan ini, termasuk para wanita muda atau bahkan remaja.

Manfaat Totok Wajah

Anda juga perlu memahami cara mengetahui jenis kulit wajah dan ciri – cirinya, jenis – jenis kulit wajah dan tahapan perawatan wajah yang benar dan tepat sebagai pelengkap untuk rutinitas perawatan kecantikan. Sebagai jenis perawatan wajah yang banyak direkomendasikan, totok wajah memiliki manfaat seperti berikut:

  • Meremajakan kulit wajah – Totok membantu kelancaran aliran darah ke kulit wajah sehingga lebih maksimal. Totok wajah juga bisa menstimulasi kinerja otot wajah untuk mengedarkan oksigen pada area wajah agar dapat menjadi cara mencegah penuaan dini.
  • Mengatasi sakit kepala – Tidak hanya untuk perawatan kecantikan, totok wajah juga bermanfaat untuk mengurangi gejala migren yang kerap dialami. Selain itu juga dapat membantu mengatasi masalah sinusitis yang dapat menyebabkan sakit kepala.
  • Meningkatkan suasana hati – Secara psikologis, totok wajah pun bisa membuat seseorang menjadi lebih rileks dan segar berkat pijatan – pijatan yang dilakukan sehingga juga mempengaruhi suasana hati.

Resiko Totok Wajah

Apakah benar totok wajah dapat dikatakan aman bagi para wanita muda yang pada dasarnya wajahnya masih belum bermasalah? Untuk itu Anda sebagai wanita muda atau remaja yang sudah menaruh minat pada perawatan kecantikan, perlu mengetahui bahaya totok wajah di usia muda yang bisa terjadi.

1. Rasa Sakit

Pada umumnya totok wajah tidak berbahaya dan tidak menimbulkan rasa sakit jika terapis melakukannya secara perlahan dan lembut. Jika terapis melakukan totok dengan kasar dan tekanan yang berlebihan, hal itu dapat menyebabkan sebagian orang merasa pusing dan sakit di bagian wajah. Bahkan hingga nyeri atau memar di beberapa tempat yang ditekan oleh sang terapis sebagai bahaya totok wajah di usia muda, yang bisa merusak kondisi kulit atau bahkan struktur wajah. Jika ini terjadi, sebaiknya Anda tidak ragu untuk meminta terapis menurunkan kekuatan tekanan pada tangannya.

2. Reaksi Infeksi

Bahaya totok wajah di usia muda bisa saja terjadi jika terapis tidak menjaga higienitas saat sedang melakukan totok. Tangan yang tidak bersih mengandung kuman yang bisa menimbulkan infeksi pada wajah pasien totok wajah, terutama jika totok dilakukan pada wajah yang sedang berjerawat atau sedang mengalami luka. Jika hal ini terjadi, Anda tentunya beresiko mengalami kerusakan pada kulit wajah yang masih muda dan sebenarnya masih berada dalam kondisi yang prima.

3. Reaksi Alergi

Totok wajah dilakukan dengan menggunakan minyak aromaterapi. Minyak ini bisa menimbulkan reaksi alergi pada kulit jika Anda memang memiliki kecenderungan alergi tersebut. Minyak yang tidak cocok dengan kulit wajah bisa saja justru menimbulkan jerawat, iritasi atau gatal – gatal pada kulit wajah yang tadinya tidak terlalu bermasalah. Untuk menghindarinya, Anda dapat mencari tahu tentang minyak yang digunakan pada klinik kecantikan yang dipilih dan mencobanya lebih dulu jika memungkinkan.

Prosedur Totok Wajah

Para terapis totok wajah biasanya memang menggunakan jari, telapak tangan atau alat khusus untuk memberikan tekanan pada titik – titik akupresur di jalur meridian tubuh manusia. Para terapis harus mengetahui dengan baik apa yang dilakukannya untuk menghindari bahaya totok wajah pada usia muda. Sebagian diantaranya juga melibatkan pijatan selama prosesnya berlangsung. Biasanya totok wajah memerlukan waktu 60 menit dengan beberapa pembagian waktu untuk masing – masing area wajah. Anda akan diminta untuk duduk atau berbaring di atas kasur pijat. Setelah itu terapis akan menekan beberapa titik akupresur di wajah secara perlahan. Titik – titik akupresur di wajah tersebut adalah:

  • Bagian tengah dahi

Pusatnya tepat berada diantara kedua alis dimana pangkal hidung bertemu dengan pusat dahi Anda. tekanan pada bagian ini bisa merangsang kinerja kelenjar endokrin dan kinerja hipofisis pada otak yang dapat meningkatkan penampilan kulit secara keseluruhan, meredakan kelelahan pada mata dan masalah sinus yang menyebabkan sakit kepala.

  • Tulang pipi

Totok dilakukan pada bagian tulang pipi samping hidung untuk membantu melancarkan aliran darah, yang bermanfaat untuk menyamarkan noda hitam dan keriput di wajah. Totok bisa menonjolkan ciri – ciri kulit wajah yang sehat, juga menjadi cara membuat wajah awet muda dan kencang.

  • Samping hidung

Area ini berada di samping cuping hidung kiri dan kanan. Tekanan yang diberikan di area ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, menyamarkan kerut pada wajah, dan mengatasi pembengkakan.

Apabila Anda ingin menghindari bahaya totok wajah di usia muda, sebaiknya pilihlah klinik yang terpercaya dan terapis yang benar – benar ahli. Jangan ragu untuk mencari info secara detil sebelum memutuskan akan melakukan totok wajah di tempat tersebut. Perawatan wajah di usia muda sebenarnya belum terlalu diperlukan, kecuali untuk masalah yang lebih kompleks seperti jerawat parah yang kerap dialami para remaja. Karena itu usahakan untuk melakukan totok wajah hanya jika benar – benar diperlukan untuk menghindari resiko yang bisa merusak wajah muda Anda. Totok wajah yang tidak dilakukan sesuai aturan bisa saja justru menjadi penyebab kulit keriput di usia muda dan penyebab cepat tua, padahal hasil yang diharapkan justru untuk terlihat lebih muda.