5 Cara Membedakan The Saem Aloe Vera Asli Dan Palsu Dengan Cermat

The Saem adalah salah satu merk kosmetik dan skincare dari Korea The Saem International Co.Ltd yang berdiri pada tahun 2010, dan diklaim menggunakan bahan – bahan yang alami serta ramah lingkungan. Toko pertamanya dibuka di Myeongdong, Seoul. Pada tahun 2016 mereka membuka toko pertama di AS dan Jepang, juga sudah mendapatkan berbagai penghargaan sebagai merk kosmetik ternama. Salah satu produk unggulan The Saem adalah Jeju Fresh Aloe Soothing Gel yang mengandung 99% aloe dan morus alba root extract yang dapat mencerahkan kulit yang kusam, menenangkan kulit yang terbakar dan sensitif, memiliki efek anti bakteri dan dapat melembabkan kulit wajah dengan baik. Produk ini tidak mengandung alkohol, sulfat dan paraben sehingga bisa digunakan sebagai bahan untuk merawat wajah berjerawat, juga bisa digunakan sebagai sleeping mask.

Manfaat The Saem Aloe Vera

Gel The Saem ini sangat mudah menyerap ke wajah. Kegunaan dari The Saem Aloe Vera asli adalah sebagai berikut:

  • Melembabkan kulit wajah sehingga menjadi segar dan terasa ringan.
  • SOS Packnya dapat menenangkan bagian kulit yang sensitif.
  • Jika disimpan di dalam kulkas dapat mengecilkan pori – pori sebagai cooling pack.
  • Jika dioleskan dengan tebal dapat melembabkan kulit dengan intensif.
  • Juga dapat berfungsi sebagai after shave yang dapat menenangkan kulit sensitif setelah bercukur.
  • Berfungsi sebagai after sun care.
  • Juga dapat digunakan sebagai body lotion, hair care dengan manfaat aloe vera untuk rambut dan nail essence.

Membedakan The Saem Aloe Vera Palsu

Sebagaimana produk skincare dan kosmetik yang laris, maka bisa dipastikan produk palsunya pun juga ada. Agar Anda tidak salah membeli, perlu diketahui cara membedakan The Saem Aloe Vera asli dan palsu berikut ini, seperti juga cara membedakan serum animate asli dan palsu, krim pemutih palsu dan perbedaan lipstik revlon asli dan palsu.

1. Perbedaan Kemasan

The Saem aloe vera palsu tidak memiliki keterangan apapun yang menyatakan bahwa produk ini mengandung 99 persen aloe vera. Begitu juga dengan warna dan kualitas dari gambar di kemasan sedikit berbeda pada produk palsu, agak kabur dan lebih berwarna kehijauan. Tinggi kedua kemasan serupa tetapi bentuknya dari samping agak berbeda, produk the Saem palsu berbentuk sedikit cekung dan lurus sedangkan the Saem asli berbentuk jar yang lurus. 

2. Ketebalan Kemasan

Kontainer the Saem asli lebih transparan daripada yang palsu. Untuk mengujinya sebagai cara membedakan The Saem Aloe Vera asli dan palsu, Anda dapat mendekatkan kemasannya ke arah cahaya. Kontainer The Saem lebih transparan san tembus cahaya sehingga jumlah isinya bisa terlihat jelas, sedangkan produk Saem palsu tidak terlalu transparan sehingga tidak tembus cahaya dan tidak terlihat sisi lainnya jika didekatkan ke cahaya.

3. Perbedaan Label

Cara membedakan The Saem Aloe Vera asli dan palsu bisa Anda lihat juga dari label yang ditempel di bagian bawah produk. Labelnya terlihat disusun dengan lebih profesional dan berwarna, dengan informasi perusahaan importir, produsen, asal negara pembuatan, dan lambang daur ulang. Logo the Saem juga terdapat pada label depan produk sementara produk palsunya menaruh label di bagian belakang. Label juga dapat menjadi penanda dalam menentukan perbedaan nature republic yang asli dan palsu.

4. Tekstur Produk

Anda bisa mengetahui cara membedakan The Saem Aloe Vera asli dan palsu dengan melihat tekstur produknya. Untuk The Saem asli, gel masih terlihat kental dan terlihat kenyal ketika digoyangkan. Wanginya juga khas aloe vera asli dan alami, juga memiliki tutup plastik didalam kemasan untuk melindungi isinya agar tidak langsung terpapar udara ketika dibuka, juga memiliki banyak gelembung yang tampak di dalam gelnya. Sedangkan produk aloe vera the Saem palsu bertekstur lebih encer seperti air dan tidak memiliki pelindung plastik, juga tidak memiliki gelembung yang banyak. Aromanya pun tidak terlalu tercium kecuali ketika didekatkan ke hidung.

5. Komposisi Produk

Mencermati komposisi yang dituliskan pada kemasan merupakan cara lain untuk cara membedakan The Saem Aloe Vera asli dan palsu. Untuk the Saem aloe vera asli, bahan utamanya adalah 99% ekstrak lidah buaya ditambah dengan gliserin yang berfungsi untuk melembabkan dan meningkatkan kesehatan kulit, serta tidak mengandung alkohol sehingga dapat termasuk sebagai produk aloe vera yang halal. Sedangkan produk yang palsu mencantumkan bahan dasar air pada labelnya di urutan pertama, kemudian baru kandungan air dari lidah buaya dan lebih banyak mengandung zat kimia.

Maraknya peredaran produk palsu atau KW dari suatu merk produk skincare di pasaran, maka selain melakukan cara membedakan The Saem Aloe Vera asli dan palsu, Anda juga perlu melakukan beberapa hal untuk memastikan keamanan produk.

  • Jangan lupa mengecek merk produk yang akan Anda beli. Membeli secara langsung akan lebih memudahkan Anda untuk membedakan keasliannya, tetapi membeli secara online akan lebih sulit. Pastikan penjual online memiliki rating yang bagus dan produk yang dijual benar – benar asli 100 persen.
  • Periksa juga review produk dari merk yang akan Anda beli untuk memastikan seberapa banyak orang mendapatkan manfaat yang baik sesuai dengan klaim produk yang diiklankan.
  • Jika belanja secara langsung ke toko, komposisi produk akan langsung dapat kita lihat. Tetapi jika Anda berbelanja secara online, Anda bisa meminta foto label asli produk atau foto asli dari produk tersebut.
  • Bandingkan harga produk asli yang dijual di toko resmi dengan harga yang dijual di toko online. Jangan mudah tergiur dengan harga yang terlalu murah yang justru bisa menandakan bahwa produk itu palsu.

Pada intinya dalam cara membedakan The Saem Aloe Vera asli dan palsu, yang diperlukan adalah ketelitian dan kewaspadaan Anda sebagai konsumen. Jangan mudah tergiur dengan klaim keampuhan satu produk  sehingga lupa untuk meneliti dengan cermat produk yang Anda beli sehingga tidak mengalami efek samping yang merugikan kelak. Membedakan keaslian suatu produk sangat perlu dilakukan seperti misalnya cara membedakan cuka apel asli dan palsu serta cara membedakan v-c injection asli dan palsu.