32 Cara Meniruskan Dagu dan Pipi yang Lebar

Bentuk wajah kita antara lain ditentukan pula dengan bentuk dagu. Dagu akan membentuk wajah menjadi oval, lonjong maupun bulat dan lain sebagainya. Dagu yang berbentuk lancip lebih disukai oleh para wanita karena akan membuat wajah tampak lebih ramping dan sempit. Wajah dengan bentuk dagu lancip akan terlihat lebih tirus dan menarik, serta cocok dengan sebagian besar tatanan rambut maupun gaya hijab. Dagu yang tirus juga akan memberikan kesan keseluruhan kepala yang akan tampak lebih kecil.

Sebaliknya, bentuk dagu yang bulat dan gemuk sangat tidak diinginkan oleh para wanita, karena dapat membuat bagian wajah dan kepala tampak tidak proporsional dengan tubuh. Sayangnya seiring dengan pertambahan usia, kulit wajah pun akan turut mengendur sehingga dagu juga akan terlihat turun bahkan berlipat ganda. Belum lagi, berkembangnya trend kecantikan sekarang yang benyak menampilkan wanita cantik dengan dagu yang tirus pula. Sebab itulah banyak wanita yang ingin melakukan cara meniruskan dagu dengan berbagai cara agar wajahnya tetap terlihat proporsional.

Membuat Dagu Tirus Dengan Senam Wajah

Bentuk dagu yang kurang sesuai dapat menjadi penyebab wajah tidak simetris. Latihan senam wajah dapat Anda lakukan untuk cara meniruskan dagu atau cara melancipkan dagu. Senam wajah dapat mengencangkan kulit wajah yang kendur, begitu pula dengan otot wajah.

1. Latihan Lidah

Buka mulut Anda selebar mungkin lalu julurkan lidah sejauh mungkin pula. Julurkan lidah hingga dapat menyentuh dagu, tahan selama kurang lebih 10 detik. Lakukan cara ini sebanyak 10 kali. Cara ini dapat membuat otot leher dan dagu Anda terasa mengetat atau mengencang. Agar dagu Anda semakin cantik, lakukan juga cara menghilangkan komedo di dagu dan cara memutihkan dagu yang hitam karena komedo.

2. Menggantung Kepala

Berbaringlah di sofa atau tempat tidur dengan posisi kepala mengganyung di tepi. Angkat dagu ke arah dada, tahan kurang lebih 10 detik lalu kembali lagi pada posisi awal sebelumnya. Ulangi latihan ini hingga 10 kali dan lanjutkan ke tahap yang berikut.

3. Mengangkat Dagu

Latihan ini dapat memberi manfaat berupa penguatan otot di leher dan wajah. Berdirilah dengan leher dan punggung lurus lalu angkat dagu ke atas dan arahkan pandangan mata ke atas. Kerutkan bibir seperti dalam posisi akan mencium secara berlebihan. Tahan selama kurang lebih 10 detik, dan ulangi sebanyak 10 kali.

4. Menggulung Leher

Berdiri dan tegakkan punggung, lalu putar kepala ke samping hingga dagu sejajar dengan bahu. Arahkan mata ke samping, putar perlahan kepala ke bawah lalu naikkan sisi yang lainnya. Ulangi cara ini hingga 10 kali. Senam wajah dapat juga menjadi cara menghilangkan kerutan di dahi.

5. Latihan Otot Platysma

Berdiri tegak dan tegakkan juga leher Anda. Kencangkan otot tendon pada leher dengan menarik bibir yang ada diatas gigi dan tarik sudut mulut Anda ke bawah. Tahan selama kurang lebih 10 detik. Rilekskan otot dan ulangi sebanyak 10 kali. Latihan ini dapat menjadi cara mengencangkan otot leher.

6. Menggunakan Bola Tenis

Taruhlah bola tenis pada lekukan dagu dan leher lalu jepit dengan dagu. Tekan bola dengan dagu lalu lepaskan sedikit. Ulangi latihan ini hingga 10 kali. Anda juga dapat mencoba manfaat totok aura wajah dan manfaat akupunktur wajah untuk kecantikan.

7. Mengunyah Permen Karet

Cara meniruskan dagu ini sangat mudah dilakukan. Anda tinggal mengunyah 0ermen karet bebas gula merk apa saja secukupnya. Mengunyah permen karet akan membuat otot di rahang menjadi kuat dan dapat membantu meniruskan dagu. Latihan ini juga dapat menjadi cara agar pipi tidak tembem dan cara meniruskan pipi.

8. Menyedot Pipi

Sedot pipi kanan dan kiri Anda sekuat – kuatnya. Tahan selama kurang lebih 10 detik. Ulangi cara ini sebanyak 10 kali. Latihan ini dapat menjadi cara membuat muka tirus secara alami dan cara mengencangkan kulit wajah yang kendur secara alami.

9. Mengangkat Pipi

Gerakkan bibir ke posisi tersenyum, tegangkan otot di sekitarnya dan angkat pipi hingga mendekati mata. Lakukan gerakan ini sembil menutup mata. Tahan posisi selama kurang lebih 10 detik. Ulangi latihan ini hingga 10 kali gerakan.

10. Meniup Pipi

Tutup mulut Anda seerat mungkin lalu gembungkan pipi seperti hendak meniup balon. Tiup pipi kanan selama kurang lebih 10 detik dan beralih ke pipi kiri selama 10 detik juga. Anda dapat melakukan latihan ini sebanyak 10 kali bergantian antara pipi kanan dan kiri.

11. Tertawa

Tertawa atau tersenyum dapat menjadi cara meniruskan dagu. Ketika Anda tersenyum atau tertawa, dagu akan melancip secara alami karena otot dagu akan tertarik ke bawah dan menyingkirkan lemak yang ada di pipi. Cara mengecilkan rahang tanpa operasi dan cara menghilangkan lemak di wajah bisa dilakukan juga dengan gerakan latihan ini.

12. Memijat Dagu

Pijatlah dagu setiap pagi setelah bangun tidur. Tarik dagu sedikit demi sedikit ke arah bawah. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk memperlancar pijatan pada dagu. Hal ini dapat menjadi cara mencegah kerutan di wajah. Untuk mengencangkan kulit wajah, Anda juga dapat menggunakan beberapa merk cream untuk mengencangkan kulit wajah yang banyak direkomendasikan para ahli kecantikan.

13. Menekan Otot Bibir

Buka mulut Anda lalu lipat bibir ke arah dalam sampai menutupi gigi. Gunakan tangan untuk menekan pipidi kedua sisi wajah. Gerakkan tangan perlahan ke arah atas hingga kulit pipi yang mengarah ke atas juga tertarik. Gerakan ini juga dapat dilakukan untuk cara mengecilkan bibir secara alami.

14. Menekan Bagian Dalam Pipi

Berdirilah di depan cermin dan gerakkan mulut seperti mengucapkan huruf O. Gunakan lidah juga agar dapat menekan bagian dalam pipi. Tahan selama beberapa saat. Senam wajah dapat menjadi cara memancungkan hidung pesek atau cara membuat hidung mancung.

15. Menekan Bagian Dalam Pipi 2

Gerakan ini membutuhkan ibu jari Anda, karena itu bersihkan dulu tangan sebelum melakukan gerakan tersebut. Masukkan ibu jari ke dalam mulut lalu tarik pipi dari bagian dalam kemudian tekankan ke gusi atau ke bagian langit – langit mulut. Jepit, tahan selama beberapa waktu dan lepaskan.

16. Mengaum

Jika Anda hanya memiliki sedikti waktu untuk melakukan latihan otot wajah, mengaum seperti seekor singa akan membuat 53 otot wajah berkontraksi. Duduklah tegak di sebuah kursi dan taruh telapak tangan di atas paha. Ambil napas dalam menggunakan hidung. Hembuskan napas sambil menggulung lidah keluar hingga ke dagu, dan menggulirkan mata ke atas. Bayangkan wajah singa yang sedang mengaum berlebihan, tahan posisi selama 10 detik. Lepaskan dan hirup napas kembali. Mengulangi latihan ini beberapa kali akan meningkatkan kandungan citric oxide dalam rongga hidung dan mencerahkan mood.

17. Latihat Otot Bawah Dagu

Otot dinbawah dagu atau yang kerap disebut Platysma bisa menjadi kendur dan lembek. Latihan untuk mengencangkan otot ini juga dapat membentuk garis rahang Anda. Tekan garis rahang menggunakan jempol, dan gunakan jempol untuk mengusap rahang dalam gerakan melingkar kecil. Tekan ujung lidah ke langit – langit mulut, yang akan membuat otot dagu berkontraksi. Lepaskan jempol dan ulangi sebanyak 10 kali.

18. Mencium Udara

Angkat dagu dan dongakkan kepala ke belakang beberapa kali. Ketika kepala pada posisi puncak, menelan dan dorong ujung lidah ke langit – langit mulut. Ulangi latihan tersebut sambil memalingkan kepala ke kanan, hingga telinga kanan hampir menyentuh bahu. Lakukan untuk ketiga kalinya dengan kepala ke arah kiri. Anda juga dapat melakukan variasi gerakan dengan mendongakkan kepala dan melakukan gerakan mencium ke arah langit – langit. Rapatkan bibir bersamaan dalam gerakan yang berlebihan untuk mengkontraksi otot yang digunakan untuk mengunyah. Lakukan sebanyak empat kali. 

Membuat Dagu Tirus Dengan Alat

Teknologi canggih masa kini memungkinkan terciptanya peralatan yang dapat memudahkan perawatan kecantikan, antara lain terciptanya alat untuk cara meniruskan dagu. Alat – alat yang dapat digunakan untuk cara meniruskan dagu yaitu:

1. Neckline Slimmer

Alat yang bekerja dengan tenaga baterai ini mampu membuat leher menjadi langsing dengan mengencangkan kulit leher sehingga kulit wajah di bagian leher tidak tampak kendur dan turun. Alat ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan dagu ganda karena kulit yang kendur. Alat ini akan membuat penampilan pemakainya menjadi tampak lebih muda.

2. Face Roller

Cara meniruskan dagu atau cara meniruskan wajah bulat juga dapat Anda lakukan menggunakan alat manual bernama Face Roller. Alat yang berasal dari Jepang ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah di sekitar wajah dengan memijat kulit wajah. Selain itu juga dapat menghaluskan wajah, membentuk wajah, mengecilkan pipi.

Membuat Dagu Tirus Dengan Bedah Kosmetik

Bedah plastik dapat dilakukan antara lain untuk cara menghilangkan garis senyum di wajah. Operasi plastik atau bedah kecantikan dilakukan untuk memperbaiki bentuk dagu yang dirasa tidak proporsional dengan susunan wajah lainnya. Ada dua macam tindakan yang dapat dilakukan untuk membentuk cara meniruskan dagu dengan operasi, yaitu:

1. Augmentation Genioplasty

Operasi yang dilakukan melalui prosedur penambahan plat dan implan pada dagu. Prosedur ini menambah proporsi pada dagu dan menyeimbangkan bagian fitur wajah lainnya. Metode ini merupakan teknik yang lebih populer dan bisa menjadi pilihan untuk cara meniruskan dagu. Setelah ditempatkan, implan pada dagu seharusnya juga dapat memberi bentuk yang kuat dan alami pada garis rahang.

2. Reduction Genioplasty

Operasi ini dilakukan dengan memperkecil bentuk dagu melalui perbaikan struktur tulang dan jaringan struktur lainnya dengan cara memotong, mengurangi atau memanjangkan dagu sesuai keinginan serta membentuknya kembali agar tampak lebih alami. Sehingga kontur wajah yang lebih menyenangkan.

3. Dermal Filler

Walaupun jarang, tetap ada kemungkinan bahwa ada komplikasi dari prosedur bedah dagu berupa bengkak dan memar yang bertahan hingga enam minggu setelahnya. Komplikasi yang berhubungan dengan anastesi juga bisa terjadi dan mempengaruhi sistem pernapasan. Resiko lain berupa perpindahan lokasi implan setelah dipasang yang membutuhkan operasi kedua umtuk memperbaikinya. Juga ada resiko infeksi , kerusakan saraf, rasa kebas pada bibir dan dagu. Ketahuilah bahaya suntik silikon pada bagian wajah dan tubuh yang dapat terjadi sebagai bagian dari prosedur bedah kecantikan.

Tips Meniruskan Dagu Lainnya

Selain menggunakan latihan otot wajah, alat dan prosedur operasi bedah, Anda juga dapat melakukan beberapa hal penting dalam keseharian untuk memelihara kekuatan otot dagu seperti berikut:

1. Rajin melakukan olahraga untuk kecantikan

2. Rutin mengkonsumsi minimal delapan gelas air putih setiap hari

3. Mengontrol asupan makanan dan minuman

4. Mengonsumsi buah dan sayuran yang tinggi nutrisi

5. Menghindari minuman beralkohol

6. Mengurangi konsumsi minuman bersoda

7. Cukup tidur selama minimal 7 atau delapan jam sehari

8. Mengurangi makanan siap saji,garam, lemak dan makanan atau minuman manis.

9. Memperbanyak asupan kalsium.

Anda dapat melakukan salah satu cara meniruskan dagu yang telah disebutkan di atas tentunya berdasarkan kepentingan dan kondisi masing – masing. Sementara latihan otot wajah atau senam wajah dan meniruskan dagu menggunakan alat merupakan cara yang termasuk cukup mudah dilakukan, tidak demikian halnya dengan prosedur bedah kosmetik. Jika Anda memutuskan untuk melakukan bedah kosmetik, sebelumnya hendaknya Anda pertimbangkan lebih dulu baik buruknya prosedur tersebut. Termasuk dokter yang berkompeten serta biaya yang diperlukan untuk melakukan operasi tersebut.