7 Urutan Pemakaian Skincare yang Benar Sehari – hari

Sangat penting untuk mengetahui kapan dan bagaimana Anda dapat mengaplikasikan produk dari skincare. Anda bisa saja memiliki produk perawatan kulit yang paling menakjubkan sedunia namun jika Anda menggunakannya dengan cara yang salah, maka Anda justru dapat mencegah kulit mendapatkan manfaatnya secara penuh. Kesalahan urutan pemakaian ini tidak saja menghilangkan keefektifan perawatan rutin Anda namun juga dapat membuat kulit menjadi iritasi, dehidrasi atau rusak.

Banyak kandungan dalam skincare yang pasti ingin kita gunakan untuk memperbaiki kondisi kulit, dan walaupun hanya sebagian kecil saja yang benar – benar bisa masuk dan menembus lapisan kulit. Hal ini akan terjadi walaupun bahan pembuat skincare tersebut diformula dengan sempurna dan diaplikasikan dengan sempurna juga. Hanya sebagian dari bahan tersebut yang akan terserap kulit, maka itu pengaplikasian yang benar sangat penting.

Pemakaian Skincare Dengan Urutan yang Benar

Untuk mengetahui urutan pemakaian skincare yang benar, Anda hanya perlu mengikuti beberapa peraturan pengaplikasian yang mudah. Yaitu dimulai dari produk yang mengandung konsistensi paling encer lalu hingga yang paling kental, dari cairan biasa kepada produk yang mengandung minyak. Selain itu Anda juga perlu memulai dengan produk yang memiliki zat yang paling penting untuk dapat meresap ke dalam kulit misalnya serum, dan mengakhirinya dengan produk yang memang khusus untuk menempel di permukaan kulit seperti pelembab. Urutan pemakaian skincare yang benar adalah:

1. Pembersih

Bersihkan dan ulangi langkah ini jika menggunakan susu pembersih beberapa kali untuk menyingkirkan setiap jejak kotoran. Pembersihan pertama akan membersihkan permukaan kulit dan yang kedua akan membersihkan hingga ke pori – pori Anda. Jika Anda menggunakan make up atau produk lain pada wajah, pembersihan wajah pada malam hari adalah keharusan. Anda dapat melewatkan langkah ini pada pagi hari. Usahakan untuk menggunakan pembersih yang bebas bahan sulfat agar tidak mengganggu PH kulit dan merusak pelindung kulit.

2. Eksfoliator

Manfaat eksfoliasi wajah adalah untuk mengelupas sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori, agar produk skincare lain bisa meresap dan bekerja dengan baik. Zaman dulu menganjurkan pemakaian eksfoliator hanya beberapa kali saja dalam seminggu, namun saat ini sudah banyak produk eksfoliator yang dapat digunakan sehari – hari karena formulanya termasuk ringan. Tidak semua produk eksfoliator bisa digunakan setiap hari, karena itu cek dulu produk Anda sebelum menggunakannya untuk menghindari tanda – tanda kulit wajah tidak cocok dengan kosmetik dan ciri – ciri skincare tidak cocok . Ketahuilah bedanya purging dan tidak cocok sebagai reaksi yang timbul pada kulit wajah ketika menggunakan skincare baru, yang akan menentukan bagaimana cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare.

3. Toner

Kebanyakan wanita memilih melewatkan toner sebagian karena alasannya adalah karena toner mengiritasi kulit. Saat ini toner jenis baru telah memiliki banyak manfaat mulai dari pengantar antioksidan, vitamin B dan lainnya. Bahkan sudah ada jenis toner berbeda untuk setiap jenis kulit. Namun jika Anda sudah terbiasa tidak menggunakan toner dan tidak ada masalah pada kulit, maka tidak perlu mulai menggunakannya.

4. Serum Antioksidan

Serum adalah produk yang memiliki konsentrasi super, padat oleh nutrisi yang ditujukan untuk masalah kulit tertentu. Jadi sangat penting untuk mengaplikasikannya sedekat mungkin dengan kulit. Ada banyak macam serum yang tersedia di pasaran saat ini, namun untuk pemakaian siang hari sebaiknya Anda menggunakan serum antioksidan yang memiliki banyak keuntungan. Manfaatnya antara lain meredakan radang pada kulit hingga menetralkan kerusakan dari sinar UV dan polusi lingkungan.

5. Pelembab

Pelembab digunakan dalam urutan skincare yang benar sebagai produk yang digunakan setelah serum. Untuk kulit kering, gunakan pelembab wajah untuk kulit kering yang berkonsistensi lebih kental dan padat. Sedangkan untuk kulit berminyak, cobalah pelembab untuk kulit berminyak yang lebih ringan konsistensinya. Anda juga perlu mengenali perbedaan pelembab dan BB Cream sehingga tidak salah mengaplikasikannya pada kulit wajah.

6. Eye Cream

Urutan skincare berikutnya adalah krim mata. Penting untuk mengaplikasikan krim mata setidaknya setiap malam atau dua kali sehari mulai di usia pertengahan 20 an Anda. Gunanya untuk memelihara kesehatan dan kulit di kelopak mata sehingga tidak mudah kehilangan elastisitasnya dan kehalusannya kemudian hari. Pemakaian krim mata secara teratur akan menjaga kulit kelopak mata tetap elastis dan bisa menghindari kehilangan kolagen atau garis halus.

7. Tabir Surya

Langkah terakhir dalam urutan skincare yang benar adalah tabir surya yang merupakan alat terbaik untuk cara mencegah penuaan dini dengan tanda berupa hiperpigmentasi, keriput, dan garis halus. Tabir surya harus diaplikasikan setelah skincare dan sebelum menggunakan make up. Tidak ideal untuk mengaplikasikan tabir surya sebelum pelembab karena produk ini harus berguna untuk menahan sinar UV dari memasuki kulit. Jumlah SPF yang direkomendasikan untuk pemakaian sehari – hari adalah SPF 50, jadi sebaiknya Anda menggunakan tabir surya khusus dan bukan yang terkandung dalam BB Cream karena kandungannya kurang dari itu.

Jenis produk perawatan yang semakin beragam seiring waktu tentunya juga akan membuat Anda bingung. Jika dulu cukup hanya dengan menggunakan pembersih muka, toner dan pelembab lalu Anda bisa langsung beraktifitas, sekarang sangat banyak ragam dan jenisnya hingga mungkin perlu buku panduan bagi pemula untuk memahami fungsi dari tiap – tiap produk. Semakin panjangnya urutan pemakaian skincare menuntut pemakainya untuk memahami fungsi setiap produk hingga dapat mengaplikasikannya dengan benar. Urutan pemakaian skincare memegang peranan sangat penting pada efek yang akan diterima oleh kulit wajah karena hanya sebagian kecil dari zat aktif dalam produk yang akan menyerap. Dengan penggunaan berdasarkan urutan yang benar, kulit wajah Anda akan menerima manfaat dari setiap produk secara penuh, dan itu juga adalah tanda skincare cocok bagi kulit wajah Anda.