Sponsors Link

5 Cara Agar Bulu Ketiak Tidak Tumbuh Lagi

Sponsors Link

Bulu ketiak merupakan rambut halus memanjang yang tumbuh di ketiak manusia ketika memasuki usia dewasa. Sebenarnya bulu ketiak lebih tepat disebut sebagai rambut ketiak karena manusia tidak memiliki bulu, begitu juga mamalia lain seperti kucing, anjing maupun sapi. Kita seringkali salah mengartikan bulu sebagai rambut, padahal bulu hanya dimiliki oleh unggas seperti burung, ayam, bebek dan lain lain. (Baca Juga: Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami ,  Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut)

ads

Manfaat rambut ketiak masih sering diperdebatkan karena belum ada bukti pasti yang menjelaskan mengenai fungsi rambut ketiak pada manusia. Namun ada beberapa hipotesis mengenai fungsi rambut ketiak seperti untuk menyaring keringat serta bakteri agar tidak menumpuk di kulit.

Sejarah mencukur rambut ketiak

Di dunia Barat, umumnya wanita mencukur rambut sementara praktik ini tidak dilakukan oleh pria. Tradisi mencukur bulu ketiak bervariasi di setiap Negara. Sebab religious seringkali dikaitkan; contohnya, dalam budaya Islam, pria maupun wanita mencukur rambut ketiaknya untuk menjaga kebersihannya sesuai dengan ajaran agamanya mengenai kebersihan.  Mencukur rambut ketiak merupakan aktivitas yang direkomendasikan oleh Nabi Muhammad (570-632). Di Eropa, pria mencukur bulu ketiak untuk alasan estetika. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bulu Ketiak secara Alami , Cara Menghilangkan Bau Ketiak secara Alami)

Banyak perenang kompetisi professional mencukur hampir seluruh rambut di tubuhnya termasuk rambut ketiaknya, hal ini dipercaya dapat meningkatkan hidrodinamika tubuh atlit tersebut.  Hal ini juga dilakukan oleh body builder untuk alasan estetika.  (Baca Juga: Manfaat Mencukur Alis)

Mencukur rambut ketiak juga dianggap sebagai aktivitas yang umum di Roma zaman kuno. Mencukur rambut ketiak di Barat dipercaya berawal dari sekitar tahun 1915 di Amerika dan Inggris, ketika beberapa majalah menunjukkan seorang wanita cantik dalam gaun dengan rambut ketiak tercukur habis. Mencukur rambut ketiak secara berkala menjadi umum dengan diperkenalkannya pisau cukur dan silet pada awal abad 20. Ketika mencukur rambut ketiak diadopsi dengan cepat di Negara Negara berbahasa Inggris terutama di Amerika serikat dan Kanada, mencukur rambut ketiak tidak tersebar luas di Eropa sampai perang dunia 2 selesai. Di tahun 2015, mewarnai rambut ketiak menjadi tren fashion bagi wanita di Amerika Serikat. (Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Bau Badan , Cara Menumbuhkan Bulu Dada)

Sponsors Link

Cara Agar Bulu Ketiak Tidak Tumbuh Lagi

Bagi wanita, rambut ketiak seringkali menjadi masalah. Wanita menginginkan ketiak yang mulus tanpa rambut sedikitpun, metode yang dipilih seringkali adalah dengan mencukur rambut ketiak menggunakan pisau cukur. Namun tidak sampai beberapa hari, rambut ketiak sudah tumbuh lagi dengan ukuran lebih besar sehingga menciptakan tekstur yang kasar dan mengganggu untuk dilihat. Lalu bagaimana cara agar rambut ketiak tidak tumbuh lagi? Apakah harus dengan operasi? Apakah ada cara alami agar rambut ketiak tidak tumbuh lagi? (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka

ZAP treatment merupakan tekhnik untuk menghentikan pertumbuhan rambut ketiak dengan menggunakan cahaya khusus yang aman dan tidak meresap ke kulit. Cahaya khusus yang dihasilkan oleh mesin ZAP akan diserap oleh rambut di daerah yang ditreatment sehingga menghentikan pertumbuhan rambut. Langkah langkah treatment ZAP adalah sebagai berikut:

  • Mencukur rambut ketiak agar cahaya yang diserap rambut ketiak maksimal
  • Pengaplikasian gel khusus untuk mencegah rasa sakit dan panas pada ketiak
  • Penyinaran cahaya ZAP dimulai
  • Rambut yang tumbuh akan rontok dan pertumbuhan melambat, membutuhkan hingga 5-8 kali treatment untuk hasil maksimal (Baca Juga: Manfaat Akupuntur Wajah Untuk Kecantikan)

1. Treatment Laser

Berbeda dengan treatment ZAP, tekhnik menghilangkan rambut ketiak menggunakan laser jauh lebih efektif dan efisien karena hanya membutuhkan 1 kali treatment untuk menghentikan pertumbuhan rambut ketiak secara permanen (tidak akan tumbuh lagi). Metode yang dilakukan berbeda dengan ZAP, menggunakan laser tidak mempengaruhi rambut, namun akan mematikan sel sel penumbuh rambut di ketiak. Menggunakan laser akan mempengaruhi kulit anda dan memiliki kemungkinan efek samping yang cukup berbahaya. Selain itu, menggunakan laser membutuhkan biaya yang jauh lebih besar daripada treatment ZAP karena sangat efektif dan efisien. (Baca Juga: Bahaya Facial di Salon , Jenis Perawatan Rambut di Salon)

2. Krim perontok

Saat ini sudah banyak krim perontok rambut ketiak yang tersebar di pasaran dengan harga variatif. Menggunakan krim cukup efektif untuk menghentikan pertumbuhan rambut ketiak, namun anda harus hati hati dalam memilih krim yang beredar di pasaran karena bisa saja krim tersebut palsu dan mengandung bahan kimia berbahaya.

Baca Juga:

Teknik menghilangkan rambut ketiak dengan cara alami

1. Pepaya

Pepaya memiliki kandungan papain yang dapat mencegah rambut untuk tumbuh, hal ini berlaku juga terhadap rambut ketiak. Namun efek ini tidak dapat anda peroleh hanya melalui konsumsi papaya saja, anda membutuhkan tekhnik khusus untuk mengaplikasikan papaya dalam menghilangkan rambut ketiak yaitu dengan membuat krim papaya. Bagaimana cara membuat krim papaya dan bagaimana pengaplikasiannya pada ketiak untuk mengentikan pertumbuhan rambut ketiak. (Baca Juga: Manfaat Pepaya Untuk Rambut , Manfaat Masker Pepaya bagi Kulit)

Sponsors Link

Bahan:

  • 1 Buah papaya yang belum matang
  • ¼ sdt bubuk kunyit
  • ¼ sdt tepung terigu
  • 4 sdm lidah buaya
  • 2 tetes minyak atsiri

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan ke dalam mangkuk dan aduk hingga membentuk krim
  2. Oleskan pada ketiak dari bawah ke atas untuk mempermudah
  3. Diamkan selama 15-20 menit agar kering
  4. Lap ketiak dengan kain bersih dari bawah ke atas
  5. Cuci ketiak dengan air bersih
  6. Pijat ketiak dengan baby oil untuk memperhalus dan mencegah iritasi
  7. Ulangi langkah tersebut setiap bulan untuk hasil maksimal

2. Kunyit

Kulit memiliki kandungan yang dapat mencegah pertumbuhan rambut, termasuk rambut ketiak. Bagaimana prosedur penggunaan kunyit untuk menghentikan pertumbuhan rambut ketiak? (Baca Juga: Manfaat Aha Untuk Bibir , Manfaat Masker Kunyit untuk Wajah)

Bahan:

  • 2 sdt daging kunyit yang sudah dicuci
  • Air sebanyak 200 ml

Cara membuat:

  1. Potong kecil kunyit menggunakan pisau lalu tumbuk hingga halus, lebih baik kalau menggunakan food processor, campur dengan air hingga membentuk krim
  2. Gosokkan krim kunyit pada ketiak dengan arah berlawanan
  3. Diamkan selama 15 menit
  4. Bersihkan dengan air bersih dan pijat ketiak anda dengan baby oil agar mencegah iritasi dan menghaluskan ketiak.

3. Gula, Lemon dan madu

Bahan bahan:

  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt madu
  • 3 sdt air lemon
  • Air

Cara membuat:

  1. Masukkan gula pada mangkuk khusus
  2. Campurkan madu dan air lemon ke dalam gula
  3. Masak di atas api kecil hingga membentuk pasta
  4. Air digunakan untuk mencairkan krim yang terlalu kental
  5. Oleskan krim di ketiak dengan arah berlawanan

(Baca Juga: Manfaat Lemon Untuk Rambut , Manfaat Madu Untuk Rambut)

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 08th, October 2016 / 23:31 Oleh :
Kategori : Rambut