Categories
Kulit

15 Cara Mengatasi Kulit Wajah Mengelupas dan Perih

Wajah merupakan salah satu mahkota yang harus dijaga kecantikannya, karena biasanya kecantikan seseorang sangat dipengaruhi oleh bentuk wajah dan kulit wajahnya. Kulit wajah yang indah merupakan simbol kecantikan dan kesehatan seseorang. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa untuk mendapatkan kulit wajah yang indah dan bebas dari segala masalah diperlukan perawatan yang rutin dan terbukti aman untuk digunakan pada wajah. Salah satunya dapat dilakukan di salon atau dirumah. Untuk di salon sendiri terdapat macam-macam perawatan wajah di salon yang dapat Anda pilih sendiri sesuai dengan masalah yang Anda rasakan pada kulit. Jika memilih perawatan wajah dirumah Anda dapat membuat masker sendiri dirumah seperti masker alami yaitu manfaat masker arang, masker lumpur jafra dan manfaat ketumbar untuk kecantikan.

Penyebab Kulit Wajah Mengelupas

Beberapa masalah kulit wajah yang kerap ditemui adalah kulit wajah yang mengelupas dan terasa perih. Akibat dari kulit wajah yang mengelupas ini dapat menjadi penyebab muka kasar dan berbintik. Biasanya kulit mengelupas banyak ditemukan disekitar kulit hidung. Hingga sekarang ini penyebab kulit mengelupas di sekitar hidung lebih dikarenakan kulit hidung yang lebih menonjol dari bagian kulit lainnya seperti pipi, dahi dan dagu. Akibatnya lebih dulu terkena paparan sinar matahari sehingga kulit hidung menjadi mengelupas. Penyebab kulit wajah mengelupas juga bisa disebabkan karena beberapa faktor antara lain sebagai berikut ini :

a.Eksfoliasi kulit berlebihan

Manfaat eksfoliasi wajah berguna untuk mengangkat sel- sel kulit yang mati pada wajah. Biasanya produk eksfoliasi memang dijual oleh berbagai jenis produk. Isi dari butiran ini berupa scrub halus yang memiliki manfaat untuk membersihkan wajah hingga lapisan terdalam. Kulit mati perlu untuk di eksfoliasi yang bertujuan untuk mencerahkan kulit wajah dari dalam dengan memunculkan sel kulit yang baru. Namun dibalik manfaat tersebut ternyata melakukan eksfoliasi secara berlebihan juga tidak baik untuk kulit wajah sendiri. Hal ini karena dapat mengakibatkan kulit wajah menjadi kering.

b. Produk pembersih wajah yang tidak cocok

Penyebab yang kedua adalah menggunakan produk pembersih wajah yang tidak cocok. Jadi penting untuk setiap konsumen agar membeli produk wajah yang sesuai dengan jenis kulitnya. Tujuan ini berguna antara lain agar dapat dirasakan efek dari produk tersebut kepada wajah karena kesesuaian kandungan produk dengan jenis kulit wajah kita. Selain itu juga dapat menggunakan pembersih wajah alami yang bersumber dari bahan-bahan alami yang lebih ramah dengan kulit wajah.

c. Udara

Penyebab yang ketiga kulit wajah menjadi mengelupas dan terasa perih adalah karena udara. Udara sangat mempengaruhi sekali akan cuaca sekitar. Kondisi cuaca yang sering berubah dari panas ke dingin ternyata juga dapat mengakibatkan kulit wajah menjadi mengelupas dan perih.

d. Kulit kering

Salah satu tipe jenis kulit wajah yang perlu mendapat perhatian lebih adalah kulit kering, dimana kulit yang kering ini memang memiliki masalah mudah untuk mengelupas dan terasa perih. Namun kulit kering dapat diatasi dengan cara yang baik, cara mengatasi kulit wajah kering dapat dilakukan dengan memberikan pelembap pada kulit wajah. Dimana pelembap berfungsi untuk mengikat air dilapisan dermis kulit wajah.

e. Nutrisi untuk kulit tidak tercukupi

Selanjutnya penyebab kulit wajah mengelupas dan perih adalah tidak tercukupinya kebutuhan kulit. Seperti kita ketahui kulit juga tetap memerlukan nutrisi agar senantiasa tampil indah dan halus. Nutrisi untuk kulit adalah vitamin e untuk kulit yang berguna untuk menjaga kekenyalan dan kehalusan kulit wajah

f. Kurang minum

Terakhir penyebab dari kulit wajah mengelupas dan perih adalah kurang minum. Tubuh dan kulit memerlukan asupan air minum untuk menjaga kelembapan dan menjaga agar organ dalam tubuh dapat bekerja secara maksimal. Itu sebabnya banyak para ahli kesehatan yang menganjurkan untuk meminum air sebanyak satu liter atau delapan gelas dalam sehari. Selain itu para ahli kesehatan juga menyatakan adanya manfaat minum air putih sebelum tidur sebagai metode penyembuhan.

Itulah beberapa penyebab dari kulit wajah menjadi kering dan mengelupas.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Mengelupas dan Perih

Setelah mengetahui penyebab kulit wajah mengelupas dan perih, selanjutnya akan dibahas mengenai cara mengatasi kulit mengelupas dengan memperhatikan kebiasaan dan menerapkan pola hidup yang sehat, berikut ini ulasannya untuk Anda :

1.Cukupi nutrisi kulit

Pertama cukupi nutrisi kulit wajah dari dalam, nutrisi vitamin untuk kulit kering banyak bersumber pada buah-buahan dan sayur-sayuran untuk mengatasi kulit wajah mengelupas dan perih. Jika Anda rutin mengonsumsinya maka banyak sekali vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam. Seperti vitamin a, vitamin c dan vitamin e.

2. Minum air putih yang cukup

Kebutuhan tubuh akan cairan juga mempengaruhi kulit wajah, untuk itu sangat dianjurkan minum air putih yang cukup untuk sehari-hari. Minum air putih yang disarankan para ahli kesehatan sebanyak delapan gelas seharinya. Dengan tercukupinya minum air putih ikut serta membantu mengatasi kulit wajah yang mengelupas dan perih.

3. Jangan lupa tabir surya

Selanjutnya cara mengatasi kulit wajah mengelupas dan perih adalah jangan lupa menggunakan tabir surya. Tabir surya yang dioleskan pada kulit wajah berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebihan. Terutama untuk Anda yang memiliki banyak aktifitas diluar ruangan. Sinar matahari memiliki kandungan ultraviolet yang dapat membuat kulit wajah mengelupas dan perih jika terpapar lama dan dalam jam sepuluh pagi hingga tiga sore.

4. Buah yang mengandung AHA

Manfaat AHA untuk kulit wajah berguna sekali mencerahkan kulit dari dalam dan mengatasi kulit yang mengelupas dan perih. Jadi cara mengatasi kulit yang mengelupas dan perih ini dapat dilakukan dengan alami yaitu mengonsumsi buah yang mengandung AHA. AHA adalah singkatan dari alpha hydroxy acids dan banyak terdapat didalam buah pepaya.

5. Olahraga

Sudah banyak terbukti bahwa olahraga tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh namun juga untuk kulit wajah. Manfaat olahraga untuk kecantikan dapat dirasakan manfaatnya untuk mencegah penuaan dini dan menjaga keindahan kulit wajah. Olahraga yang dapat dilakukan bermacam-macam mulai dari senam wajah hingga yoga yang baik sekali untuk mengatasi kulit kering dan mengelupas.

6. Bersihkan wajah teratur

Cara yang keenam untuk mengatasi kulit mengelupas dan perih adalah dengan membersihkan wajah secara teratur. Membersihkan wajah dianjurkan untuk dilakukan dua kali dalam sehari yakni pada waktu pagi dan sore hari. Membersihkan wajah secara teratur dapat membantu mengangkat debu dan minyak yang menempel pada wajah. Cara mengatasi wajah kasar juga dapat diatasi dengan membersihkanw ajah secara teratur.

7. Tidak membilas wajah dengan air hangat

Membilas wajah dengan air hangat terbukti dapat membantu membesarkan pori ukuran pori wajah sehingga kotoran dapat keluar dari pori dengan mudah. Itu sebabnya manfaat air hangat untuk wajah ini banyak dilakukan sebagai langkah awal dalam membersihkan wajah. Namun terlalu sering membilas wajah dengan air hangat tidak baik juga karena dapat mengakibatkan kulit wajah menjadi kering.

8. Oleskan pelembap wajah

Terdapat banyak sekali merk pelembap wajah untuk kulit kering yang dapat mengatasi kulit wajah mengelupas dan perih. Pelembap bertujuan untuk mengganti lapisan air dilapisan epidermis yang ikut terkikis saat kita membersihkan wajah. Itu sebabnya sangat dianjurkan untuk mengoleskan pelembap bagi wajah agar kulit tidak kering, karena kulit yang kering merupakan awal dari kulit wajah yang mengelupas dan perih.

9. Gunakan handuk yang halus

Perlu diperhatikan juga mengenai penggunaan handuk yang bertujuan untuk mengeringkan wajah setelah selesai dibersihkan. Sangat dianjurkan sekali untuk menggunakan handuk yang memiliki bahan halus sehingga terasa lembut saat di tekankan pada wajah. Saat sekarang ini banyak sekali  bahan dsar dari handuk yang dijual. Jadi para pembeli harus selektif dalam memilih handuk yang akan digunakan untuk wajah. Hal ini karena kulit wajah memiliki kulit yang lebih halus dan sensitif dibandingkan dengan kulit bagian tubuh lainnya.

10. Jangan pernah menggosok kulit wajah

Penyebab wajah kusam dan berminyak juga bisa berawal dari kulit yang mengelupas dan perih. Untuk itu sat Anda membersihkan wajah perlu diperhatikan cara membersihkan wajah yang tepat. Jangan pernah untuk menggosok kulit wajah karena akan membuat kulit wajah mudah mengelupas. Adapun cara membersihkan wajah dengan benar adalah dimulai dari dahi yang dibersihkan dari bawah keatas, lalu lanjut turun dengan membersihkan bagian hidung dengan memutar. Setelah itu dari bagu hingga pipi dari bawah ke atas.

11. Hindari paparan sinar matahari

Sengatan sinar matahari juga ikut menyumbang kulit wajah menjadi mudah mengelupas dan perih. Paparan sinar matahari pada jam sepuluh siang hingga jam tiga sore memiliki kandungan sinar ultraviolet didalamnya yang berbahaya bagi kulit. Jika terlalu lama dan sering terkena paparan sinar matahari dapat mengakibatkan terjadinya kanker kulit. Itu sebabnya hindari paparan sinar matahari pada jam tersebut. Namun jika memang harus melakukan aktifitas diluar gunakan pelindung kulit wajah seperti topi, payung, masker atau helm merupakan cara mencegah kulit terbakar sinar matahari.

 

12. Pilih produk wajah yang tepat

Memilih produk untuk wajah yang tepat juga perlu diperhatikan agar terhindar dari efek samping dari penggunaan produk wajah tersebut. Biasanya produk wajah yang tepat disesuaikan juga dengan jenis kulit wajah kita. Jika kulit wajah Anda kering maka pilih juga produk wajah yang direkomendasikan untuk kulit kering.

13. Menggunakan masker wajah

Cara yang ketiga belas untuk mengatasi kulit mengelupas dan perih adalah dengan menggunakan masker wajah. Masker biasanya diaplikasikan pada wajah pada malam hari menjelang akan tidur. Ada baiknya juga untuk menggunakan masker dari bahan alami seperti kopi. Cara membuat masker kopi sangat mudah dan praktis dirumah.

14. Istirahat cukup

Tahukah Anda bahwa kulit yang mengelupas dan perih juga bisa disebabkan karena kebiasaan sehari-hari. Istirahat yang cukup diperlukan untuk regenerasi kulit pada malam hari secara optimal yang merupakan cara mencegah penuaan dini secara alami.

15. Hindari stres

Cara mengatasi kulit yang mengelupas dan perih selanjutnya adalah dengan menghindari stres, meski terlihat sepele namun faktor stres dapat berakibat fatal bagi kulit. Dengan mengelola stres kulit menjadi sehat dan merupakan cara menghilangkan kerutan diwajah yang ampuh.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kulit mengelupas dan perih.