17 Cara Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami Terbukti Cepat

Bulu mata yang panjang dan lentik adalah dambaan setiap wanita, karena itulah banyak dari kita yang berusaha memiliki bulu mata yang panjang dengan berbagai cara. Sedikit wanita yang memiliki bulu mata panjang secara alami yang diinginkan banyak orang. Cara termudah untuk mendapatkan bulu mata yang panjang dan lentik adalah dengan memakai bulu mata palsu atau mengaplikasikan maskara berkualitas tinggi. Bagi wanita yang memiliki bulu mata panjang, tebal dan lentik alami tentunya tidak sulit untuk mengaplikasikan sedikit maskara dan langsung melihat hasilnya. Akan tetapi, bagi wanita yang memiliki sedikit bulu mata, pemakaian maskara pun belum tentu dapat memberikan hasil yang diinginkan.

Namun walaupun menggunakan maskara mahal sekalipun yang dijamin dapat memberikan penampilan bulu mata seperti yang diinginkan, hal itu tetap saja merepotkan. Memakai maskara dan bulu mata palsu merepotkan dari segi prosesnya, mulai dari menggunakan lem, resiko bernoda, menggumpal, kering, kadaluwarsa dan lain sebagainya. Belum lagi ketika hendak tidur malam, kita harus membersihkannya dengan seksama agar tidak membawa efek negatif pada wajah.

Mendapatkan Bulu Mata Panjang Secara Alami

Dengan semua kerepotan yang harus dilakukan untuk mendapatkan bulu mata panjang selama beberapa jam, para wanita tentunya lebih senang jika ada cara tertentu yang lebih praktis untuk membuat bulu matanya tampak panjang. Beberapa bahan rumahan dapat menjadi cara memanjangkan bulu mata secara alami terbukti cepat, yaitu:

1. Minyak Castor

Minyak castor organik merupakan cara memanjangkan bulu mata secara alami terbukti cepat, kuat dan lebih lebat. Untuk menghindari kerepotan saat mengaplikasikan minyak castor pada bulu mata, gunakan kuas untuk mengoleskannya. Oleskan sebelum tidur malam dan biarkan semalaman untuk melembabkan dan mendorong pertumbuhan bulu mata secara alami. Minyak castor juga dapat menjadi cara menebalkan bulu mata dan cara melebatkan bulu mata.

2. Minyak Zaitun

Gunakan extra virgin olive oil untuk mendapatkan hasil terbaik. Minyak zaitun jenis ini diproduksi 100 persen dengan teknik pengepresan dan peremasan tanpa bahan kimia. Anda dapat menggunakan stik maskara bekas yang bersih untuk mengaplikasikannya pada bulu mata setiap malam. Minyak zaitun dapat Anda gunakan untuk cara memanjangkan bulu mata secara alami dan cara melentikkan bulu mata bawah.

3. Minyak Castor dan Minyak Zaitun

Kombinasi kedua minyak ini akan menjadi bahan yang bagus untuk mendorong pertumbuhan kedua bulu mata, juga sebagai cara agar bulu mata lentik dan cara menumbuhkan bulu mata.

  • Siapkan 1-2 tetes, minyak zaitun dan minyak castor, juga kapas bola.
  • Campur kedua minyak sampai rata, oleskan minyak pada bulu mata sebelum tidur malam.
  • Cuci wajah keesokan paginya seperti biasa.
  • Anda dapat melakukan perawatan ini setiap malam.

4. Petroleum Jelly

Cara memanjangkan bulu mata dengan vaseline juga dapat Anda lakukan. Petroleum jelly murni jika diaplikasikan pada bulu mata secara reguler pada malam hari akan membantu bulu mata tumbuh lebih cepat sehingga lebih tebal dan kuat. Oleskan sedikit petroleum jelly pada bulu mata dan biarkan semalaman. Lakukan cara ini setiap malam.

5. Vitamin E

Tips lain untuk memanjangkan bulu mata secara alami adalah menggunakan minyak vitamin E. Vitamin E baik untuk mengobati noda pada kulit, dan juga dapat memanjangkan bullu mata. Buka beberapa kapsul vitamin E dan oleskan pada bulu mata dengan kuas untuk menutrisi dan melebatkannya. Anda juga dapat menggunakan cara melentikkan bulu mata dengan bedak bayi dan menggunakan serum penumbuh bulu mata.

6. Minyak alami

Anda dapat melembabkan bulu mata dan melakukan cara membuat bulu mata lentik secara alami dengan salah satu dari minyak alami seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak alpukat, minyak almond manis, minyak linen, minyak wijen, minyak rosehip, minyak argan atau minyak akar burdock. Cukup dengan merendam kapas di dalam sedikit minyak atau campuran beberapa minyak pada bulu mata sebelum tidur malam. Bilas keesokan paginya.

7. Teh Hijau

Seduh teh hijau secukupnya, biarkan dingin dan oleskan pada bulu mata dengan kapas. Kandungan kafein dan flavonoid didalamnya akan membantu memelihara pertumbuhan bulu mata dan mendorong pertumbuhan baru bulu mata, juga menjadi cara melentikkan bulu mata.

8. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Ada cara menggunakan lidah buaya untuk memanjangkan rambut dan cara menyuburkan rambut dengan lidah buaya. Anda dapat menutrisi bulu mata dengan gel lidah buaya segar sebelum tidur malam menggunakan stik maskara bersih, dengan cara yang sama ketika Anda mengaplikasikan maskara. Gel lidah buaya akan memperbaiki pertumbuhan bulu mata dan membuatnya lebih kuat.

9. Kulit Lemon dan Minyak Zaitun

Kulit lemon berfungsi sebagai pendorong pertumbuhan rambut dengan kandungan vitamin A dan C didalamnya. Manfaat lemon untuk rambut dapat digunakan untuk bulu mata juga. Selain itu ada cara memutihkan kulit belang dengan lemon. Cara memanjangkan bulu mata secara alami terbukti cepat dengan kulit lemon dan minyak zaitun yaitu:

  • Kupas satu buah lemon, potong dan rendam dalam seperempat cangkir minyak zaitun atau minyak castor selama 2-3 hari.
  • Oleskan minyak pada bulu mata sebelum tidur malam.
  • Ulangi cara ini setiap malam untuk mendapatkan bulu mata yang lebih panjang dan lebat.

10. Shea Butter

Shea butter digunakan di Afrika untuk memperbaiki tekstur dan kualitas rambut karena mengandung vitamin A dan vitamin E. Shea butter dapat menutrisi rambut dan folikelnya serta meningkatkan pertumbuhan rambut. Shea butter juga sering digunakan sebagai bahan dalam merk lip balm untuk bibir hitam dan krim penghilang stretch mark.

  • Ambil sejumlah kecil Shea butter di ujung jari dan lelehkan dengan menggosok jari bersamaan.
  • Oleskan pada bulu mata dan biarkan semalaman.
  • Cuci bersih wajah dan bulu mata keesokan harinya seperti biasa.
  • Gunakan setiap malam untuk cara memanjangkan bulu mata secara alami terbukti cepat.

11. Telur

Telur dianggap sebagai superfood dan juga dapat memberi manfaat pada bulu mata yang lebih panjang dan penuh. Kandungan protein dan vitamin B serta biotin selain membawa manfaat telur untuk rambut dan cara memanjangkan rambut dengan telur ayam, juga dapat memperbaiki tekstur bulu mata.

  • Kocok satu telur utuh, tambahkan satu sendok makan gliserin dan lanjutkan mengocok hingga tekstur campuran menjadi tebak dan Creamy.
  • Gunakan kapas sebagai aplikator pada bulu mata. Oleskan secara hati – hati pada bulu mata Anda.
  • Ingatlah untuk tidak mencelupkan kapas terlalu basah agar tidak menetes ke mata.
  • Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.
  • Ulangi tiga kali dalam seminggu selama beberapa bulan atau sampai hasilnya terlihat.

Merawat Bulu Mata Agar Tumbuh Panjang Alami

Tidak cukup hanya melakukan perawatan dengan bahan alami untuk cara memanjangkan bulu mata secara alami terbukti cepat, namun Anda juga perlu menjaga kondisi bulu mata melalui perawatan harian yang dapat membantu mempertahankan kondisinya agar tetap lebat dan panjang.

1. Hindari menggunakan bulu mata palsu

Cara ini dapat menjadi tips yang berguna, karena walaupun memakai bulu mata palsu sepertinya cara yang bagus dan praktis, akan tetapi pemakaian dalam jangka panjang akan membawa kerusakan lebih jauh pada bulu mata Anda. Ketika Anda melepaskan bulu mata palsu tersebut, beberapa helai bulu mata asli juga akan tercabut. Jadi akan lebih baik untuk menghindari pemakaian bulu mata sama sekali, atau hanya menggunakannya jika benar – benar diperlukan.

2. Bersihkan semua make up

Semakin lama bulu mata Anda bebas dari make up, maka mereka akan tumbuh lebih baik. Selalu bersihkan semua make up mata ketika malam hari sebelum tidur untuk memberi kesempatan bulu mata Anda bernapas dan bersihkan semua make up segera ketika Anda tiba di rumah.

3. Diet seimbang

Makan dengan sehat dengan diet yang seimbang juga merupakan salah satu tips penting untuk membuat bulu mata tumbuh lebih panjang, tebal dan kuat. Bulu mata seperti juga rambut kita memerlukan asupan vitamin dan mineral yang cukup agar dapat tumbuh. Pastikan untuk selalu mengonsumsi banyak buah dan sayuran segar, termasuk protein daging pada menu makanan Anda, juga menu gandum untuk menutrisi bulu mata dan membantu bulu mata untuk tumbuh.

4. Menyikat bulu mata

Kegiatan menyikat bulu mata akan membersihkan debu dan kotoran pada bulu mata, juga merangsang sirkulasi darah yang baik pada area sekelilingnya. Anda dapat membeli sisir sikat kecil yang khusus dibuat untuk tujuan tersebut. Menyikat bulu mata setiap hari dapat membantu Anda membuat bulu mata menjadi lebih panjang dan lebat.

5. Perlakukan bulu mata dengan lembut

Tanpa disadari, kebiasaan sehari – hari turut menyumbang kepada kerusakan kulit di sekitar mata. Perlakuan kasar seperti menggosok mata dan menarik  –  narik bulu mata dapat menyebabkan bulu mata mudah rusak dan rontok. Anda bahkan dapat memperoleh garis bawah mata prematur dan garis – garis halus di sekitar mata, dan menghambat pertumbuhan bulu mata Anda sendiri.

6. Memijat kelopak mata

Anda dapat menstimulasi folikel rambut pada bulu mata dengan memijat perlahan kelopak mata. Jika Anda melakukan ini secara teratur, Anda akan melihat adanya perbedaan pada bulu mata Anda segera. Berhati – hatilah agar tidak terlalu kasar dalam memijatnya, atau Anda hanya akan mendapatkan efek negatif dari kegiatan tersebut, misalnya kerontokan bulu mata dan keriput pada mata.

Bulu mata membingkai mata dan akan menarik perhatian kepada wajah kita, dan membuat area mata menjadi tampak lebih cantik lagi. Anda dapat memilih salah satu dari beberapa bahan alami yang telah disebutkan diatas untuk cara memanjangkan bulu mata secara alami terbukti cepat agar mendapatkan bulu mata panjang dan lebat yang diidam – idamkan. Namun jangan lupa untuk memperhatikan dan mengikuti petunjuk pemakaian terkait jumlah bahan yang digunakan. Karena ramuan ini ditujukan untuk bulu mata, tentu jumlah pemakaiannya hanya diperlukan sedikit sekali. Pemakaian yang berlebihan justru dapat mendatangkan efek negatif kepada mata Anda, terlebih lagi jika sampai masuk ke dalam bola mata karena menggunakan bahan terlalu banyak. Hindari juga menggosok mata selama Anda sedang menggunakan ramuan alami pada bulu mata agar tidak menimbulkan iritasi pada mata.