15 Cara Meniruskan Wajah yang Lebar dengan Mudah

Setiap orang dilahirkan dengan bentuk wajah yang berbeda – beda. Ada yang memiliki wajah bulat, berbentuk hati, kotak, lonjong atau oval. Bentuk wajah oval dengan dagu yang lancip dianggap merupakan bentuk wajah yang paling ideal untuk dimiliki, akan tetapi sayangnya tentu saja tidak semua orang memiliki wajah oval secara alami. Seringkali orang yang memiliki wajah lebar terutama wanita merasa minder akan bentuk wajahnya karena merasa hal tersebut mengurangi nilai kecantikan wajahnya. Wajah lebar memang akan memberi kesan besar di kepala, pipi tembam, bahkan membuat seseorang terlihat lebih gemuk daripada aslinya.

Sebaliknya, wajah yang ramping memudahkan wanita untuk memadu padankan dandanan dengan mudah. Karena itulah banyak wanita yang ingin memiliki bentuk wajah ramping yang cocok dengan gaya dandanan yang bagaimanapun macamnya. Namun hal itu sebenarnya bukanlah sesuatu yang salah karena didapatkan sebagaimana genetika yang ada di tubuh kita, dan yang seharusnya kita syukuri. Kita dapat mencoba cara meniruskan wajah yang lebar dengan menggunakan beberapa trik tertentu, yang akan memberi kesan wajah lebih ramping.

Meniruskan Wajah Menggunakan Make Up

Penggunaan make up pada wajah dapat memberi ilusi akan bentuk wajah yang lebih ramping. Cara meniruskan wajah yang lebar dengan menggunakan trik make up yaitu:

1. Menggunakan Bronzer

Bronzer dapat membantu memberi kontur pada wajah dan membuatnya terlihat lebih ramping sebagai cara mengecilkan rahang muka yang lebar. Pastikan Anda memilih bronzer yang berwarna satu tingkat lebih gelap daripada wajah Anda, sehingga make up Anda tidak terlihat terlalu mencolok. Gunakan kuas berkualitas tinggi untuk mengaplikasikannya dan melakukan cara meniruskan pipi dengan bronzer. Oleskan dengan hati – hati pada lekukan pipi, dagu, dan ujung dahi untuk memberikan penampakan wajah yang lebih panjang dan cara make up natural untuk wajah bulat.

  • Sapukan kuas di bagian atas tulang pipi, sejajar dengan bagian atas telinga Anda.
  • Sapukan kuas perlahan di bagian kiri dan kanan atas dahi untuk mengurangi kesan lebar pada wajah.
  • Jika Anda ingin hidung tampak lebih panjang, gunakan kuas yang lebih kecil dan sapukan bronzer di sepanjang sisi hidung ke arah atas hingga ujung alis.
  • Sapukan kuas di sepanjang garis rahang dengan warna lebih gelap di bawah rahang. Pastikan membaur sempurna dengan make up lainnya, campurkan highlight dan blusher dengan sempurna agar make up tampak alami dan menjadi cara agar pipi tidak tembem.

2. Gunakan Highlight

Highlighter, juga berfungsi sama seperti bronzer yaitu untuk membantu memberi kontur pada wajah dan juga bisa menjadi cara meniruskan wajah yang lebar serta cara memancungkan hidung tanpa operasi, cara memancungkan hidung pesek dan cara mengecilkan hidung yang mengembang. Highlighter Anda haruslah berwarna satu tingkat lebih terang daripada warna kulit asli Anda, sehingga bisa membuat kulit tampak menonjol tanpa terlihat terlalu dramatis atau tidak alami. Pulaskan secara hati – hati pada area yang ingin Anda tekankan, misalnya bagian atas hidung, dahi dan pipi.

3. Mata

Tarik perhatian ke arah mata Anda. Anda dapat menggunakan eyeshadow yang bold, eyeliner tebal dan maskara hitam sehingga orang akan melihat mata Anda lebih dulu sebelum memperhatikan bentuk wajah Anda. Gunakan concealer pada area bawah mata untuk membuatnya lebih menonjol dan menarik perhatian lagi. Menekankan make up pada mata merupakan cara meniruskan wajah yang lebar dan cara meniruskan wajah bulat dengan  bagus.

4. Membentuk alis

Memberi alis Anda sedikit lengkungan yang tepat dapat membantu agar wajah terlihat sedikit lebih panjang. Cobalah untuk memberi alis lengkungan yang tepat di tengah sehingga lengkungan tersebut sejajar dengan mata, sambil membuatnya cukup tebal. Alis yang terlalu tipis akan menarik perhatian dan membuat wajah tampak lebih bulat.

5. Lipstik

Mengaplikasikan lipstik pada bibir dapat membuat wajah menjadi sedikit tirus karena akan menarik perhatian dari bibir Anda. Untuk efek tambahan, gunakan lip liner dan ciptakan sedikit belahan yang berlebihan pada bibir atas untuk membuat wajah Anda tampak semakin panjang. Anda juga dapat menggunakan lipgloss jika kurang nyaman menggunakan lipstik. Ada pula cara memancungkan hidung dengan make up yang tepat.

Menggunakan Trik Lainnya

Beberapa tips lain yang juga dapat turut memberi kesan wajah Anda tampak lebih ramping dan tirus dapat Anda lakukan dengan cara berikut ini:

1. Memilih potongan rambut

Rambut memegang peranan penting untuk membantu wajah agar tampak lebih tirus. Walaupun tidak ada potongan rambut ajaib yang dapat menyelesaikan semua masalah, ada beberapa potongan rambut yang lebih cocok Anda gunakan daripada yang lainnya yang dapat menjadi cara meniruskan wajah yang lebar.

  • Hindari potongan bob atau potongan rambut yang lebih pendek dari bawah telinga. Potongan ini secara keseluruhan akan membuat wajah tampak lebih lebar.
  • Jika menggunakan poni, pastikan berupa potongan fringe lembut daripada poni lurus dan berantakan. Poni yang lebih halus akan membuat wajah lebih tirus dan cara meniruskan dagu daripada potongan poni yang tidak beraturan.
  • Idealnya rambut Anda jatuh tepat diantara bagian atas bahu dan bagian bawah telinga. Lebih panjang lagi, maka gaya rambut tersebut akan membuat Anda kehilangan bentuk wajah yang cocok.
  • Tambahkan layer untuk membingkai wajah Anda.Beberapa layer di sekeliling wajah Anda dapat membuatnya tampak tirus.
  • Hindari membuat rambut terlalu bervolume. Jika rambut terlalu mengembang, wajah akan terlihat sedikit lebar.

3. Menata rambut yang tepat

Setelah menemukan potongan rambut yang cocok, Anda perlu menata rambut dalam cara yang terbaik untuk mendapatkan penampilan wajah tirus.

  • Ikat rambut dalam ekor kuda yang tinggi.
  • Ikat rambut setengah atas, biarkan bagian atas menonjol sedikit.
  • Belah rambut ke satu sisi untuk mencegah wajah terlihat terlalu simetris.

4. Gunakan perhiasan yang tepat

Penggunaan perhiasan akan membantu cara meniruskan wajah yang lebar, terutama anting – anting dan kalung. Perhiasan yang Anda pilih seharusnya panjang dan menonjol. Hindari perhiasan atau lakukan tips memilih anting sesuai bentuk wajah yang lebar dengan anting besar dan bulat, kalung pendek, atau perhiasan lain yang tidak akan membuat wajah tampak tirus.

5. Memilih aksesoris yang tepat

Selain memilih perhiasan, Anda juga dapat memilih aksesoris lain seperti topi, kacamata, scarf dan lainnya. Gunakan scarf dengan menggantung longgar pada leher, dan jangan diikat erat di seputar leher karena akan membuat wajah terlihat lebar. Menggunakan aksesoris yang tepat dapat menjadi cara membuat wajah tirus dan cara membuat muka tirus secara alami.

6. Memilih sudut kamera yang tepat

Cobalah untuk sedikit mencibir, yang akan membuat mulut tampak lebih panjang dan wajah akan terlihat sedikit tirus. Anda juga dapat mencoba menempatkan lidah di langit – langit mulut jika ingin menghindari dagu berlipat. Anda juga bisa mencoba mengambil sudut foto dari arah atas agar terlihat lebih tinggi dan lebih panjang secara umum.

7. Gunakan pakaian yang tepat

Pakaian juga akan mempengaruhi cara meniruskan wajah yang lebar. Anda dapat memilih warna – warna gelap, solid daripada yang memiliki pola. Jika Anda ingin memakai motif bergaris, pilihlah yang bergaris vertikal untuk memberi kesan langsing.

  • Pilih busana yang bergaris leher V untuk kaus atau gaun, dan memperlihatkan leher untuk memberi kesan jenjang dan wajah lebih tirus.
  • Gunakan rok panjang atau jeans daripada rok pendek atau celana capri yang akan membuat Anda tampak lebih pendek.

8. Menghilangkan berat badan

Walaupun mungkin Anda mengetahui cara menghilangkan lemak di wajah dengan senam wajah, namun pada kenyataannya sulit untuk menghilangkan lemak hanya di satu bagian tubuh saja. Agar lebih efektif, Anda dapat berusaha mengurangi lemak di seluruh tubuh agar wajah juga dapat terlihat lebih tirus. Anda tidak perlu mengurangi berat badan terlalu banyak untuk membuat wajah tampak tirus. Beberapa kilogram saja sudah cukup untuk itu.

  • Tidak perlu melakukan diet secara dramatis. Cukup lakukan latihan selama 30 menit dalam sehari dan mengonsumsi tiga kali makan dengan diet seimbang, juga cemilan sehat seperti almond dan anggur.
  • Mengonsumsi makanan tinggi sodium juga dapat membuat wajah tampak sedikit bengkak, maka kurangilah konsumsi garam Anda sehari – hari.
  • Mengonsumsi alkohol dapat membuat wajah tampak bengkak, jadi sebaiknya Anda menghindari alkohol tersebut.
  • Biasakan untuk bergerak sesering mungkin. Gunakan tangga daripada tangga berjalan atau lift, perbanyak berjalan ke tempat tujuan yang masih bisa dijangkau dengan berjalan kaki, dan berusahalah untuk bergerak kapanpun Anda bisa.

9. Melakukan yoga wajah

Senam wajah agar tirus atau yoga wajah juga dapat Anda lakukan untuk cara meniruskan wajah yang lebar. Senam wajah ini akan membantu mengencangkan otot wajah yang kendur sehingga wajah tidak tampak lebar karena kulit yang menggantung. Beberapa gerakan senam wajah yaitu:

  • Smiling fish frenzy – Gerakan ini akan membantu dalam membentuk otot pipi. Lakukan gerakan seperti tersenyum dan merapatkan gigi secara bersamaan, tahan sekitar lima detik dan ulangi beberapa kali lagi.
  • Cheek puff – Gerakan mulut dengan menghirup udara yang dilakukan melalui mulut, lalu meniup pipi dari dalam sambil merapatkan bibir. Lakukan gerakan ini kurang lebih selama lima detik dan buang nafas. Tarik nafas dalam – dalam dan simpan udara pada bagian kiri pipi, alihkan ke bagian pipi kanan bergantian, ulangi sebanyak sepuluh kali.

10. Melakukan senam wajah

Senam wajah yang juga dapat menjadi cara melancipkan dagu dan cara meniruskan dagu memiliki gerakan yang tidak jauh beda dibandingkan yoga wajah namun lebih banyak memiliki variasi gerakan, yaitu:

  • Chew gum – Gerakan ini serupa dengan gerakan mengunyah permen karet. Gerakan mengunyah permen karet dapat membuat otot wajah bergerak dan berkontraksi, termasuk kulit rahang dan pipi. Namun jangan mengunyah permen karet terlalu sering, karena dapat membuat gigi Anda rusak akibat gula yang terkandung di dalamnya.
  • Fish lips – Gerakan ini dilakukan dengan membuka tutup mulut seperti ikan. Kerutkan bibir bawah dan atas yang dirapatkan lalu tahan selama beberapa detik. Lakukan gerakan ini selama beberapa menit dan Anda bisa mengulanginya secara teratur.
  • Meniup pipi – Lakukan gerakan seperti meniup balon tanpa mengeluarkan udara sehingga pipi akan tampak menggembung. Gerakan ini dilakukan bergantian dari pipi kiri ke kanan selama beberapa menit. Tahan selama beberapa detik, ulangi gerakan sebanyak beberapa kali lagi.
  • Gerakan x-o – Anda bisa melakukan gerakan mulut seperti ketika sedang mengucapkan huruf x dan huruf o secara bergantian selama beberapa menit.

Beberapa cara meniruskan wajah yang lebar ini dapat Anda lakukan kapan saja ketika ada waktu luang, terutama yang melibatkan gerakan olah wajah. Untuk keseharian, Anda bisa mencoba mempraktekkan cara meniruskan wajah yang lebar dengan menggunakan make up yang dapat mengoreksi kekurangan wajah Anda sehingga akan terlihat lebih tirus dan ramping. Cara – cara tersebut merupakan cara yang aman, walaupun beberapa hasilnya mungkin hanya akan memberikan efek sementara pada wajah. Apabila ingin mendapatkan hasil yang permanen, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan bedah kosmetik yang antara lain dapat menjadi cara mengecilkan hidung jambu, cara mengecilkan cuping hidung, dan cara mengecilkan hidung yang besar, namun keputusan itu harus diambil dengan melalui pertimbangan yang sangat hati – hati dan melalui pemikiran yang matang.