14 Cara Merawat Rambut Bercabang dan Kering

Sponsored Links

Rambut yang hitam dan berkilau sehat menjadi impian banyak orang, terutama kaum wanita. Tidak mudah merawat rambut agar selalu tampak indah dan memiliki kilau alami. Banyak faktor yang menyebabkan masalah rambut mudah timbul walaupun kondisi rambut telah dijaga dengan hati – hati.

Salah satu masalah rambut yang sangat mengganggu kaum wanita adalah rambut yang ujungnya bercabang. Rambut bercabang ini sangat mengganggu penampilan terlebih bagi wanita yang memiliki rambut panjang. Ujung rambut akan terlihat tidak rapi dan berwarna merah sehingga merusak kesan rambut secara keseluruhan.

Mengapa Rambut Bisa Bercabang

Rambut yang ujungnya bercabang adalah hasil dari kekurangan nutrisi pada akar rambut sehingga bagian ujung rambut tidak mendapat cukup nutrisi untuk mempertahankan kondisinya. Kurangnya kelembaban rambut juga menjadi salah satu faktor yang membuat rambut bercabang. Beberapa penyebab rambut bercabang yang berasal dari berbagai macam kondisi yang kita lalui sehari – hari yaitu:

  • Sinar Matahari, Debu dan Polusi – Terlalu sering berada dalam lingkungan yang terpapar sinar matahari, debu dan polusi dapat mengurangi kelembaban alami rambut sehingga nutrisi dari akar tidak mencapai bagian ujung rambut.
  • Smoothing – Proses meluruskan rambut dengan menggunakan teknik smoothing juga bisa berakibat kerusakan rambut. Bahaya smoothing rambut bisa membuat rambut menjadi kering dan bercabang. Cara merawat rambut smoothing agar tahan lama perlu dilakukan agar tidak sampai terjadi efek yang merusak rambut.
  • Rebonding – Bahaya rebonding rambut adalah bisa menyebabkan rambut menjadi kering serta bercabang. Hal ini tentu bisa terjadi apabila prosesnya terlalu sering dilakukan atau menggunakan bahan kimia yang tidak terjamin kualitasnya. Oleh karena itu perlu diperhatikan cara merawat rambut rebonding agar awet.
  • Hair Extension – Sama dengan perawatan rambut seperti rebonding dan smoothing, teknik menyambung rambut juga memiliki bahaya hair extension yang bisa membuat rambut bercabang ujungnya apabila tidak dilakukan dengan benar. Supaya efek buruk pada rambut tidak terjadi, perlu dilakukan cara merawat rambut extension yang benar.
  • Hair Dryer – Panas berlebihan dari hair dryer bisa mengeringkan akar rambut dan membuat ujung rambut bercabang serta berubah warna menjadi merah. Perhatikan cara penggunaan hair dryer yang benar agar tidak terjadi kerusakan rambut, dan hindari terlalu sering mengeringkan rambut menggunakan hair dryer ini.
  • Alat Catok – Manfaat catok rambut akan memberi kita gaya rambut terkini yang diinginkan dan menjadi cara mengatasi rambut mengembang. Namun penggunaan suhu panas apabila terlalu sering dapat membuat rambut bercabang. Pakailah alat catok yang baik kualitasnya dan jangan terlalu sering menata rambut dengan suhu yang panas.
  • Cat Rambut – Bosan dengan rambut hitam, terkadang kita ingin mewarnai rambut dengan warna yang akan membuat kita tampak semakin gaya. Namun bahaya cat rambut adalah jika digunakan terlalu sering, maka rambut kita juga akan terekspos bahan kimia yang dapat membuat kerusakan berupa rambut kering, bercabang dan merah.
  • Perlakuan Kasar Pada Rambut – Mengeringkan rambut dengan handuk secara kasar, menyisir dengan sisir yang keras, sering diikat kencang atau ditarik – tarik bisa menjadi salah satu penyebab rambut bercabang.
  • Kekurangan Nutrisi – Apapun yang kita konsumsi akan berakibat bagi tubuh kita termasuk bagi pertumbuhan rambut. Jika kita kurang mengonsumsi vitamin tentu pertumbuhan rambut tidak akan baik hasilnya.
  • Usia Rambut – Semakin panjang rambut, artinya semakin tua usia rambut. Hal ini memperbesar kemungkinan rambut mengalami kerusakan seperti ujung yang bercabang.
  • Terlalu Sering Keramas – Manfaat cuci rambut setiap hari hanya bisa dilakukan apabila memiliki rambut yang benar – benar kotor atau bermasalah dengan kutu rambut. Selebihnya hal itu justru bisa menyebabkan rambut rusak dan bercabang, karena rambut menjadi terlalu kering.
  • Pemakaian Produk Perawatan Rambut – Sering menggunakan produk penataan rambut secara tidak teratur juga bisa menjadi penyebab rambut bercabang. Bahan kimia yang terkandung di dalamnya mungkin tidak cocok untuk kondisi rambut kita sehingga rambut menjadi rusak.

sponsored links

Perawatan Alami Untuk Rambut Bercabang

Merawat akar rambut adalah solusi untuk mengatasi rambut yang bercabang ujungnya. Cara merawat rambut agar tidak bercabang adalah dengan menggunakan manfaat hair mask untuk rambut. Beberapa bahan ini bisa digunakan untuk membuat hair mask yang bagus:

1. Telur

Manfaat telur untuk rambut bisa digunakan untuk merawat rambut yang bercabang, kering dan kusam. Ada tiga cara merawat rambut bercabang dengan telur, yaitu:

  • Campur telur dengan minyak zaitun atau minyak almond dan madu, kemudian gunakan ke rambut beserta akarnya selama sekitar 30-45 menit. Kemudian bilas dengan cara di keramas menggunakan sampo.
  • Campur telur yang sudah dikocok dengan air dan gunakan di kepala, biarkan sekitar setengah jam, kemudian keramas dengan sampo.
  • Campur dua telur, pisang dan jus jeruk untuk dibuat menjadi masker rambut. Biarkan selama setengah jam lalu keramas seperti biasa.

2. Pepaya

Manfaat pepaya untuk rambut bisa mengatasi rambut kering dan kusam serta bercabang. Campur sepotong pepaya dan setengah cup yogurt sampai halus dan membentuk tekstur seperti pasta. Pakai di rambut sebagai masker dan cuci rambut setelah 30 menit. Masker pepaya akan memberi kilau pada rambut yang kering dan bercabang.

3. Madu

Manfaat madu untuk rambut adalah bahan yang sangat baik untuk merawat ujung rambut yang bercabang. Campur dua sendok makan madu dan dua sendok makan yoghurt. Lalu tambahkan perasan air jeruk lemon, aduk hingga bertekstur seperti pasta. Jika terlalu kental, bisa ditambahkan air sedikit. Pakai di rambut selama 15 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.

4. Teh Chamomile

Rawatlah rambut bercabang dengan manfaat air teh untuk rambut. Teh chamomile sangat baik untuk mengatasi masalah rambut bercabang. Didihkan beberapa kantung teh chamomile secukupnya dan biarkan sampai dingin. Lalu cuci rambut dengan air teh ini untuk mengatasi rambut bercabang.

5. Lentil Hitam

Lentil adalah sejenis kacang – kacangan yang biasa digunakan untuk bahan masakan, mempunyai beberapa macam variasi warna mulai dari kuning, hijau, cokelat, jingga kemerahan dan hitam. Gunakan setengah cangkir lentil hitam dan gerus sampai menjadi bubuk. Tambahkan sesendok biji fenugreek, campur dengan setengah cup yogurt tawar. Pakai di rambut selama dua jam dan cuci dengan sampo yang ringan setelahnya.

6. Pisang

Manfaat pisang untuk rambut bisa digunakan untuk mengatasi masalah rambut yang bercabang, rontok dan kering. Hancurkan sebuah pisang tambahkan telur, madu dan sedikit susu hingga tercampur rata. Pakailah di rambut dan cuci serta bilas setelah setengah jam kemudian.

7. Alpukat

Manfaat avokad untuk rambut yaitu digunakan sebagai masker untuk mengatasi rambut yang ujungnya bercabang. Hancurkan daging buah alpukat secukupnya, gunakan ke seluruh rambut terutama bagian ujung rambut. Bilas setelah setengah jam kemudian. Tambahkan sedikit minyak zaitun jika perlu.

8. Shea Butter

Shea butter adalah hasil ekstraksi lemak alami yang berasal dari pohon shea yang banyak ditemukan di Afrika Barat. Oleskan shea butter ini ke rambut setelah keramas, lalu sisir dan keringkan rambut sepeti biasa. Selain manfaatnya untuk rambut, shea butter bisa melembabkan kulit, menyembuhkan berbagai macam gangguan penyakit pada kulit seperti eksim, gatal, flek hitam dan lainnya.

9. Cocoa Butter

Lemak kakao ini dihasilkan dari buah kakao. Biasa dijadikan bahan dalam pembuatan produk pelembab kulit dan sabun mandi. Gunakan pada rambut setelah keramas dan tata rambut seperti biasa setelahnya secara rutin.

Perawatan Rambut Bercabang Dengan Minyak Nabati

sponsored links
1. Minyak Castor

Pijat rambut dengan minyak castor yang dicampur dengan mustard dan minyak zaitun. Bungkus dengan handuk atau shower cap dan biarkan selama 30 menit. Sesudahnya cuci dengan sampo.

2. Minyak Zaitun

Selain sebagai pelembab untuk kulit kering dan kusam, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk memberi efek relaksasi pada rambut yang rusak. Hangatkan sedikit minyak zaitun dan gunakan di kulit kepala setelah agak dingin. Bisa didiamkan semalaman atau dikeramas setelah memakainya selama satu jam. Gunakan juga manfaat minyak zaitun untuk rambut anak agar pertumbuhannya bagus.

3. Minyak Kelapa

Gunakan jenis Extra Virgin coconut Oil untuk rambut yang bercabang. Manfaat VCO untuk rambut anak juga sangat baik untuk pertumbuhannya. Balurkan minyak kelapa dan pijat perlahan ke kulit kepala secukupnya sebelum mandi, bungkus rambut demgam shower cap atau handuk hangat selama mandi. Setelah selesai mandi, kemudian keramas seperti biasa.

4. Minyak Argan

Minyak argan dapat menghilangkan rambut bercabang dengan cepat. Minyak ini dihasilkan dari biji pohin argan yang hanya tumbuh di negara maroko. Khasiat minyak ini dapat mencegah rambut bercabang, dan memperbaiki, memperkuat serta melembabkan rambut. Pakailah minyak argan setelah keramas dan biarkan rambut kering secara alami setelahnya.

5. Minyak Jojoba

Minyak yang jernih dan tidak memiliki bau ini berasal dari biji tanaman jojoba. Cara menggunakannya bisa dicampur dengan sampo atau kondisioner yang dipakai agar rambut menjadi lembab dan lembut.

Cara Mencegah Rambut Bercabang

Selain menggunakan bahan – bahan diatas untuk merawat rambut, ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mencegah terjadinya rambut yang bercabang, misalnya:

  • Hindari menyikat rambut yang masih basah.
  • Hindari juga pemakaian alat penata rambut yang berlebihan.
  • Jangan terlalu banyak memakai produk penata rambut.
  • Gunting ujung rambut setiap dua atau tiga bulan sekali.
  • Gunakan sikat rambut yang berbahan nilon.
  • Gunakan kondisioner tiga kali seminggu untuk rambut.
  • Jangan gunakan air panas untuk mencuci rambut Anda.
  • Uraikan kekusutan rambut dengan sisir yang bergigi lebar.
  • Banyak minum air putih agar tidak kekurangan cairan tubuh.
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung protein yang ada dalam keju, susu, kacang, ikan, daging dan soya.
  • Konsumsi juga banyak vitamin dan makanan yang kaya biotin seperti bayam, citrus, brokoli, kacang dan buah – buah beri.
  • Hindari produk rambut yang mengandung sulfat, silikon dan paraben. Bahaya kandungan paraben pada kosmetik termasuk juga mencakup bahaya pada kondisi rambut yang sering terpapar bahan tersebut.
  • Gunakan serum rambut sekali seminggu pada ujung rambut untuk mengatasi bagian yang bercabang.
  • Coba juga jenis perawatan rambut di salon untuk merawat rambut seperti hair spa dan creambath. Pilih salon yang cocok dan memiliki ahli yang kompeten.

Rambut bercabang memang sangat menyebalkan dan jalan pertama yang biasanya dilakukan adalah memotong ujungnya agar bagian yang bercabang bisa hilang. Namun perlu juga dilakukan perawatan yang rutin dan telaten agar masalah ujung rambut yang terbelah tidak lagi muncul. Perawatan dengan menggunakan bahan alami selain minim risiko juga tidak perlu mengeluarkan biaya banyak, asalkan tidak dilakukan dengan dosis yang berlebihan juga.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Friday 09th, September 2016 / 07:54 Oleh :
Kategori : Rambut