Sponsors Link

21 Cara Mencegah Kulit Wajah Berminyak Secara Alami

Sponsors Link

Kulit berminyak bisa jadi hal yang menyebalkan yang dialami oleh para wanita maupun pria. Akumulasi minyak berlebih pada lapisan kulit bagian luar ini sering berujung pada komedo, jerawat, dan iritasi kulit lainnya. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya minyak berlebih pada kulit ini juga memberikan keuntungan? Anda yang memiliki kulit berminyak cenderung memiliki garis-garis atau kerutan yang lebih sedikit ketimbang mereka yang memiliki kulit kering. Sehingga Anda jadi nampak tidak terlalu tua seiring dengan berjalannya waktu. Tidak terlalu rugi, bukan, memiliki kulit berminyak?

ads

Baca juga: Penyebab kulit berminyak saat bangun tidur – Penyebab kulit berminyak

Minyak berlebih pada wajah dihasilkan oleh kelenjar sebaceous pada kulit yang memproduksi sebum berlebih. Anda yang mengalami kondisi ini biasanya mempunyai kulit yang mengilap dan pori-pori yang besar. Kulit berminyak dapat disebabkan karena faktor genetik, diet, stres, perubahan hormon pada tubuh karena pubertas. Para wanita juga cenderung memiliki kulit berminyak saat siklus menstruasi, kehamilan, atau menopause, serta saat mengonsumsi pil KB.

Baca juga: Cara membuat masker untuk kulit berminyak – Makanan untuk kulit berminyak – Cara mengecilkan pori-pori besar

Kulit yang berminyak memang bisa jadi sulit untuk ditangani, namun ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal ini. Tidak perlu menggunakan produk-produk mahal dan berbahan dasar kimia. Kami punya beberapa cara yang dapat Anda coba di rumah dengan pengobatan sederhana yang bahan-bahannya dapat Anda temui di rumah.

Berikut cara mencegah kulit berminyak serta mengatasinya :

1. Putih telur

Putih telur kaya akan vitamin A dan dapat secara efektif mengeringkan bekas luka pada kulit kering sekaligus mengencangkan kulit yang berminyak. (Baca juga: Cara membuat masker putih telur)

  • Kocok putih telur hingga kaku dan oleskan ke permukaan wajah. Biarkan mengering dan bersihkan dengan air hangat. Lakukan hal ini dua kali sehari.
  • Kocok putih telur, tambahkan air lemon (separuh lemon saja) dan campur. Oleskan pada wajah, biarkan selama 15 menit dan bersihkan dengan air hangat. Minyak yang berlebih akan terserap dan kulit Anda akan terasa lebih kencang.

2. Air lemon

Air lemon merupakan sumber asam sitrat yang bekerja sebagai astringent (pengencang kulit). Dia juga memiliki komponen antiseptik yang dapat mencerahkan bagian kulit yang mengalami diskolorasi dan mengembalikan keseimbangan pH kulit. (Baca juga: Manfaat jeruk lemon untuk wajahEfek samping lemon untuk wajah)

  • Campurkan 1 sendok teh air lemon segar dengan 1/2 sendok teh air suling. Oleskan campuran ini pada wajah dengan menggunakan kapas, biarkan selama 10 menit dan bersihkan wajah Anda dengan air hangat. Air lemon ini dapat membuat kulit Anda kering, sehingga berikan pelembap oil-free setelahnya pada wajah Anda. Lakukan setiap hari.
  • Campurkan 1 sendok makan air lemon, 1/2 sendok makan madu, dan 1 sendok makan susu. Gunakan pasta ini pada wajah Anda dan biarkan selama 10-15 menit sebelum membersihkannya dengan air dingin. Lakukan sehari sekali dan hal ini akan memberikan Anda hasil positif dalam seminggu.

3. Yogurt

Yogurt mengandung asam laktat yang dapat membantu mengelupas kulit dan menyerap minyak berlebih dari wajah.

  • Ambil 1 sendok makan yogurt dan oleskan pada wajah Anda, biarkan selama 15 menit. Bersihkan dengan air dingin. Lakukan sehari sekali.
  • Alternatifnya, campurkan 1 sendok makan yogurt organik dengan 1 sendok makan gandum. Tambahkan 1 sendok teh madu hangat. Oleskan campuran ini pada wajah dan biarkan selama 10-15 menit, lantas bersihkan dengan air hangat.

4. Tomat

Tomat amatlah baik untuk kulit berminyak karena komponen penyejuk, pembersih, dan pengencang kulit yang dikandungnya. Tingginya vitamin C pada tomat membantu kulit yang mudah berjerawat. Ditambah kemampuan asamnya untuk menyerap minyak dapat membantu menyingkirkan minyak berlebih. (Baca juga: Efek samping tomat untuk wajah)

  1. Potong tomat dan gosokkan pada kulit wajah
  2. Biarkan airnya terserap ke dalam kulit paling tidak selama 15 menit
  3. Bersihkan wajah dengan air dingin, tepuk-tepuk untuk mengeringkan, dan berikan moisturizer bebas minyak pada wajah Anda setelahnya.
Sponsors Link

5. Apel

Apel memiliki antiseptik yang lembut, astringent, serta komponen penenang bagi kulit sehingga baik untuk kulit berminyak. Asam malic pada apel dapat mengelupas sel-sel kulit mati dan menyerap minyak berlebih dari permukaan wajah. (Baca juga: Cara membuat masker apel)

  • Parut apel dan letakkan parutannya pada wajah, biarkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan air suam kuku.
  • Campurkan 1 sendok teh parutan apel, yogurt, dan air lemon agar terbentuk pasta lembut. Oleskan pada seluruh wajah dan biarkan selama 15 menit. Lantas bersihkan wajah Anda dengan air dingin.

6. Timun

Timun juga bermanfaat bagi kulit berminyak karena kemampuannya untuk menyejukkan, mengencangkan, serta menenangkan kulit. Tingginya kadar vitamin dan mineral termasuk vitamin A, E, dan magnesium serta potasium baik untuk kulit berminyak. (Baca juga: Manfaat timun untuk wajahManfat mentimun untuk wajah)

  • Potong timun organik segar tebal-tebal, gosokkan secara menyeluruh pada kulit wajah. Biarkan selama semalaman dan bersihkan dengan air hangat keesokan paginya. Lakukan setiap hari sebelum tidur.
  • Alternatifnya, campurkan masing-masing 1,5 sendok teh jus timun dan jeruk nipis. Oleskan campuran ini pada kulit Anda, biarkan kering dengan sendirinya, bersihkan dengan air hangat. Lakukan hal ini setiap hari. Cara ini juga dapat digunakan untuk mencerahkan bintik-bintik pada wajah serta mengurangi sunburn (kulit yang terbakar akibat sinar matahari).

7. Cuka apel

Cuka apel memiliki komponen antibakteri yang baik untuk kulit berjerawat akibat kulit berminyak dan bakteri. Dan juga, cuka apel kaya akan asam alfa hidroksida (AHA) yang dapat menyehatkan dan melembapkan kulit berminyak. (Baca juga: Manfaat cuka apel untuk rambut)

  • Anda dapat membuat toner sendiri di rumah dengan mengencerkan 1/4 cangkir cuka apel dengan 3/4 cangkir air suling. Gunakan toner ini pada kulit Anda dengan kapas. Biarkan selama 5-10 menit, lantas bersihkan dengan air dingin. Lakukan hal ini beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil positif.
  • Campurkan 1 sendok teh cuka apel dalam segelas air, minum campuran ini setiap malam sebelum tidur. Cara ini dapat menyeimbangkan hormon sehingga dapat mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah.
ads

8. Susu

Susu merupakan cleanser bebas minyak yang baik yang dapat membuat kulit berminyak lembut dan kenyal. Susu memiliki asam alfa hidroksida (AHA) yagn dapat mengelupas sel-sel kulit mati dengan lembut dan membantu menjaga keseimbangan pH alami kulit. (Baca juga: Manfaat susu untuk kulit)

  1. Campurkan 2-3 tetes minyak esensial (kayu cendana atau lavender) dengan 2 sendok makan susu
  2. Oleskan campuran ini pada wajah Anda dengan menggunakan kapas
  3. Pijat dengan lembut kulit Anda selama beberapa menit untuk meningkatkan sirkulasi darah, Anda dapat tidur sesudahnya
  4. Keesokan paginya, bersihkan wajah Anda dengan air dingin
  5. Lakukan hal ini setiap hari.

9. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki komponen antimikroba yang membuatnya ideal untuk mengatasi jerawat pada kulit berminyak. Lidah buaya juga dapat membantu menyerap minyak berlebih pada permukaan wajah Anda. (Baca juga: Manfaat lidah buaya untuk kecantikan – Cara membuat masker lidah buaya)

  • Bagi daun lidah buaya menjadi dua, ambil ekstrak gelnya. Oleskan gel ini pada wajah Anda, biarkan kering dan basuh wajah Anda dengan air bersih sesudahnya. Lakukan hal ini 2-3 kali dalam sehari.
  • Alternatifnya, rebus daun lidah buaya dalam air selama beberapa menit. Tumbuk daun lidah buaya ini dengan madu untuk membuat adonan pasta. Oleskan pasta ini ke kulit Anda yang berminyak. Biarkan selama 20 menit lalu bersihkan dengan air dingin. Lakukan kegiatan sekali dalam seminggu.

10. Madu

Madu dapat mengurangi minyak berlebih pada permukaan wajah Anda, menciutkan pori-pori bahkan mencegah keriput. Madu memiliki komponen pelembap yang menutrisi kulit dan menjaga kelembapan kulit tanpa membuatnya berminyak. Kandungan antiseptiknya juga membuat madu baik bagi kulit berminyak yang mudah berjerawat. (Baca juga: Manfaat madu untuk wajah)

  • Oleskan madu secara tipis ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Latas bilas wajah Anda. Lakukan hal ini dua kali sehari.
  • Atau campurkan sedikit almond bubuk dengan madu. Pijatkan pasta ini pada wajah Anda untuk menyingkirkan kulit berminyak serta sel-sel kulit matinya. Bersihkan dengan lap yang telah diberi air hangat untuk membuka pori-pori. Lakukan hal ini seminggu sekali.

Untuk Anda yang kerap bepergian dan kerap menggunakan makeup, kulit berminyak juga merupakan musuh yang harus dapat Anda kendalikan agar penampilan Anda tetap terjaga. Menggunakan makeup yang tepat pada kulit berminyak adalah hal yang penting untuk diperhatikan bila Anda kerap mengalami jerawat. Terlalu banyak/tebal menggunakan makeup dapat membuntu pori-pori dan membuat kulit Anda rentan akan komedo.

Berikut kami paparkan pula beberapa tips makeup untuk kulit berminyak:

  • Bersihkan wajah Anda dengan cleanser yang lembut dan cocok dengan tipe kulit Anda. Gunakan astringent pada wajah Anda dan tunggu beberapa menit. Pelembap/moisturizer juga merupakan hal yang penting bagi kulit berminyak. Pelembap yang melembutkan dan membuat kulit berminyak nampak matte menjaga kulit agar tetap lembut sembari menghilangkan kilapnya. (Baca juga: Pelembap untuk kulit berminyak)
  • Selalu gunakan dasaran atau foundation. Pilihlah foundation yang berbahan dasar silikon, sehingga dapat menjaga agar makeup Anda tahan lama. 
    Sponsors Link

  • Bila menggunakan foundation, pilihlah yang matte sehingga dapat memberikan kover menyeluruh. Foundation jenis ini lebih tahan lama dibandingkan dengan yang light atau medium coverage. (Baca juga: BB cream untuk kulit berminyak)
  • Pilih shade yang sedikit lebih terang dari tone kulit wajah Anda karena akan membantu Anda untuk menutupi bagian-bagian yang gelap karena minyak berlebih yang keluar dari kulit Anda. Gunakan foundatin secara tipis sehingga lebih tahan lama dibandingkan dengan lapisan yang tebal.
  • Gunakan pula bedak yang memberikan efek matte karena biasanya mereka didesain khusus untuk tipe kulit berminyak. Gunakan bedak dengan menekan-nekannya secara perlahan pada wajah, karena meratakannya ke seluruh permukaan wajah dapat menipiskan foundation. Pilih bedak yang satu shade lebih terang dari kulit Anda. (Baca juga: Bedak tabur untuk kulit berminyak, Cara memilih bedak untuk kulit berminyak)
  • Gunakan dasaran pada kelopak mata sebelum mengaplikasikan eyeshadow. Gunakan kuas eyeshadow yang kepalanya rata dan hindari eyeshadow yang creamy karena justru akan membuat kelopak nampak kusut.
  • Berikan sedikit eyeshadow di atas eyeliner untuk menghindari smudging.
  • Pilih blush yang tahan lama, hindari yang formatnya krim atau cair karena dapat membuat kulit berminyak Anda nampak lebih mengilap lagi. Bentuk gel lebih tepat bagi Anda, karena meski dia akan pudar bila dipakai seharian, paling tidak blush jenis ini tidak akan meninggalkan corengan seperti blush bubuk.
  • Anda bisa menggunakan shimmer pada bibir.
  • Gunakan kertas wajah penyerap minyak untuk menghilangkan kilap pada wajah di sepanjang hari.
  • Hindari produk-produk yang mengandung alkohol karena alkohol akan menghabiskan minyak pada kulit sehingga tubuh Anda justru akan memproduksi minyak lebih banyak lagi. Dengan begini kulit Anda akan lebih berminyak lagi dari sebelumnya. Produk yang berbahan dasar air adalah yang paling tepat digunakan untuk Anda yang memiliki kulit wajah berminyak.

Artikel terkait:

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 01st, June 2017 / 04:32 Oleh :
Kategori : Wajah