6 Macam Masker Alami Sebelum Tidur Untuk Jerawat Membandel

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang meresahkan dan terkadang sulit untuk benar – benar dihilangkan dari wajah kita. Mencari perawatan berbahan alami untuk jerawat tidak sesederhana yang dipikirkan kebanyakan orang. Dalam banyak kasus, perawatan tersebut akan menjadi proses percobaan karena sebenarnya tidak ada pengobatan rumahan yang benar – benar ampuh untuk mengatasi jerawat. Jika satu jenis bahan alami dapat bekerja dengan baik untuk sebagian orang, tidak demikian halnya dengan sebagian yang lainnya.

Orang lain mungkin malah mengalami efek kebalikannya dengan menggunakan bahan yang sama. Jika Anda mencari cara cepat untuk menghilangkan jerawat, masalah ini  mungkin saja akan menjadi gangguan yang mengesalkan. Walaupun demikian, ada beberapa bahan alami yang dapat dianggap aman serta efektif untuk sebagian besar orang, bahkan untuk yang memiliki kulit sensitif. Inilah beberapa macam masker alami sebelum tidur untuk jerawat yang dapat Anda coba.

1. Bawang putih

Mengandung anti bakteri yang dapat membasmi bakteri dari kulit wajah Anda, bawang putih juga mengandung komponen alami seperti sulfur yang diketahui bisa menyembuhkan jerawat dengan cepat. Untuk menggunakannya sebagai masker alami sebelum tidur untuk jerawat, potong satu siung bawang putih menjadi dua. Anda bisa menggosokkan cairan bawang putih langsung ke jerawat. Biarkan selama lima menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Ulangi sebagai perawatan wajah berjerawat sebelum tidur sesuai kebutuhan atau ketika kulit tidak menunjukkan reaksi sensitivitas.

2. Mentimun

Mentimun sudah lama dikenal sebagai ramuan alami untuk menenangkan kulit, dan juga sebagai sumber kekayaan akan nutrisi – nutrisi berbeda yang dapat membantu penyembuhan jerawat dan mencegahnya. Kandungan mentimun yang berguna sebagai masker alami sebelum tidur untuk jerawat adalah vitamin A, C dan E. Ketika digunakan secara teratur, mentimun dapat mencegah kulit berminyak dan munculnya breakout. Ada beberapa cara membuat masker wajah untuk menghilangkan jerawat dengan mentimun yaitu:

  • Oleskan mentimun yang sudah diparut atau dipotong ke area yang berjerawat dan biarkan selama 20 menit sebelum dibilas.
  • Potong mentimun kecil – kecil dan rendam dengan air bersih selama satu jam untuk mentransfer nutrisi dari mentimun ke dalam air. Saring dan gunakan airnya untuk mencuci wajah.
  • Campur mentimun yang diparut dengan satu cup oatmeal dan sejumlah yogurt tawar sampai merata. Gunakan masker selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Perhatikan juga adanya efek samping mentimun untuk wajah apabila digunakan secara berlebihan.

3. Pasta gigi

Pasta gigi pada dasarnya bekerja sebagai masker alami sebelum tidur untuk jerawat lainnya. diaplikasikan langsung kepada area yang terdapat jerawat untuk membantu mengeringkan jerawat dan menyerap kelebihan minyak. Ini merupakan masker yang efektif untuk Anda yang mengalami masalah jerawat ringan seperti komedo putih dan hitam. Gunakan pasta gigi putih dan hindari pasta gigi yang terbuat dari gel karena mengandung hidrogen peroksida dan bahan kimia lain yang bisa berbahaya bagi kulit sensitif. Sebelum mengoleskan pasta gigi, kompres wajah Anda dengan es batu untuk melembutkan pori – pori. Oleskan sejumlah kecil pasta gigi pada jerawat dan biarkan selama 30 menit sebelum mencuci.

4. Madu

Madu dapat bertindak sebagai bahan anti mikroba dan penyembuh luka yang sangat ampuh. Untuk menggunakan madu sebagai masker alami sebelum tidur untuk jerawat, celupkan kapas ke dalam madu dan gunakan untuk mengoleskannya pada kulit wajah yang berjerawat. Biarkan selama paling tidak 30 menit sebelum dibilas. Gunakan madu murni tanpa tambahan perasa atau tambahan pemanis untuk cara menghilangkan jerawat bruntusan di jidat, juga sebagai cara menghilangkan wajah kusam dan berjerawat.

5. Lemon

Lemon mengandung vitamin C dan asam untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Tetapi untuk menjadikannya sebagai masker alami sebelum tidur untuk jerawat, sebaiknya gunakan lemon segar. Lemon yang sudah dikemas dalam botol seringkali mengandung pengawet yang lebih merugikan kulit daripada membawa manfaat. Ada beberapa cara menggunakan lemon untuk menghilangkan jerawat termasuk sebagai cara menghilangkan jerawat kecil – kecil di jidat dengan cepat yaitu:

  • Celupkan kapas bersih ke dalam larutan air lemon. Oleskan pada area wajah yang berjerawat dan biarkan semalaman. Bilas dengan air hangat keesokan paginya.
  • Campur satu sendok makan air lemon dengan satu sendok teh bubuk kayu manis hingga menjadi pasta. Aplikasikan pada area jerawat dan biarkan semalaman. Bilas dengan air hangat keesokan paginya.
  • Perhatikan juga akan adanya efek samping lemon untuk wajah karena tidak direkomendasikan untuk Anda yang memiliki jenis kulit sensitif.

6. Cuka apel

Walaupun mungkin sukar dipercaya, cuka apel juga dapat membantu mengurangi jerawat sebagai astringent alami yang dapat membuat kulit Anda terasa lebih lembut dan mengurangi peradangan pada jerawat sehingga tidak terlalu kelihatan. Cuka apel dapat menyerap kelebihan minyak untuk memastikan tidak akan menyumbat pori – pori kulit dan juga dapat menyeimbangkan tingkat keasaman kulit, memastikan penyembuhan dan mencegah kerusakan lain. Cairkan sejumlah cuka apel dengan air dan gunakan kapas untuk mengoleskannya pada jerawat. Biarkan semalaman dan lihat hasilnya keesokan harinya. Anda juga dapat mencoba cara membuat masker belerang atau cara membuat masker kunyit untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Waspadai efek samping toner cuka apel yang dapat mengeringkan kulit.

Beberapa bahan untuk masker alami sebelum tidur untuk jerawat ini memang aman untuk kulit wajah yang sensitif sekalipun, namun sebaiknya Anda tidak menggunakannya semalaman terutama untuk bahan yang memiliki tingkat keasaman tinggi dan bersifat abrasif seperti bawang putih, lemon, cuka apel dan pasta gigi. Gunakan bahan – bahan ini hanya selama waktu yang diperlukan saja, dan sebaiknya bersihkan wajah Anda sebelum tidur malam, juga gunakan sebanyak 2 – 3 kali dalam seminggu saja agar tidak menggunakannya di wajah terlalu lama untuk mencegah iritasi kulit.