20 Cara Merawat Kuku di Rumah Secara Alami

Kuku terbuat dari protein yang disebut keratin, sama seperti protein yang membentuk rambut. Kuku jari tumbuh lebih cepat dari kuku kaki, dalam kecepatan rata – rata sekitar 1/10 inci setiap bulannya, bahkan bisa lebih lambat lagi. Memiliki kuku yang sehat bukan hanya berkaitan dengan aspek kecantikan saja, ataupun hanya sesuatu yang khusus diperuntukkan bagi seorang wanita. Kondisi kuku yang sehat merupakan suatu nilai tambah yang besar bagi penampilan seseorang, terutama jika hendak membuat satu kesan pertama yang baik.

Tentunya orang akan lebih nyaman apabila melakukan jabat tangan dengan seseorang yang kondisi kukunya bersih dan terawat, daripada harus bersentuhan tangan dengan orang yang jelas – jelas memiliki kondisi kuku dan tangan kotor. Walaupun dalam keseharian Anda tidak melibatkan pentingnya memberikan kesan baik kepada pihak lain, tetap saja sangat perlu untuk menjaga kebersihan dan penampilan kuku tangan Anda, melakukan cara merawat kuku agar cantik dan bersih terutama untuk kenyamanan diri Anda sendiri.

Merawat Kuku Sendiri di Rumah

Kondisi kuku yang sehat sebetulnya mencerminkan kondisi keseluruhan kesehatan tubuh Anda. Merawat kuku tidak selalu harus dilakukan melalui proses manikur dan pedikur di salon, namun terkadang cukup dilakukan sendiri di rumah. Beberapa cara merawat kuku di rumah yaitu:

1.Minyak Vitamin E

Kuku sering kali menjadi lemah karena kekurangan kelembaban. Untuk menjaga kuku tetap terhidrasi dan lembab, minyak vitamin E akan sangat membantu untuk menutrisi dan menguatkan kuku. Keluarkan minyak dari kapsul vitamin E, aplikasikan pada kuku. Pijat perlahan untuk meningkatkan sirkulasi darah. Ulangi setiap hari sebelum tidur malam selama dua hingga tiga hari untuk mendapatkan hasilnya. Anda juga dapat mengonsumsi kapsul vitamin E untuk diminum.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu bahan rumahan yang baik untuk memperkuat kuku karena mengandung lemak tersaturasi yang melembabkan kuku dan menjauhkan infeksi kuku. Anda dapat mengoleskan minyak kelapa hangat pada kuku dan memijatnya selama lima menit dengan lembut. Tujuannya untuk memperbaiki sirkulasi darah pada kuku. Lakukan dua atau tiga kali dalam sehari.

3. Minyak Biji Rami

Minyak ini akan menutrisi kulit apabila digunakan setiap hari, karena penuh akan asam lemak esensial, antioksidan juga mineral yang akan mendorong pertumbuhan kuku yang lebih kuat dan cepat. Sehingga, minyak biji rami dapat menjadi cara memanjangkan kuku. Anda dapat menggunakan minyak biji rami asli untuk memijat kuku selama beberapa menit sebanyak 1-2 kali dalam sehari.

4. Minyak Zaitun dan Lemon

Merupakan salah satu pelembab yang baik untuk kuku, minyak zaitun juga baik digunakan untuk kulit dan rambut. Sedangkan air lemon mengandung vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi kuku, noda dan pertumbuhan kuku yang lebih kuat. Cara membersihkan kuku dengan minyak zaitun dan lemon adalah:

  • Campur tiga bagian minyak zaitun dengan satu bagian air lemon
  • Panaskan hingga mencapai suhu tubuh
  • Celupkan jari – jari Anda ke dalam larutan tersebut selama 10 menit.
  • Ulangi setiap hari untuk hasil terbaik.

5. Air Jeruk

Rendam jari Anda dalam air perasan jeruk selama 10 menit per hari untuk memberi kuku perlindungan antioksidan yang akan memperbaiki kekuatan dan penampilannya, juga membantu kuku tumbuh lebih cepat. Jika selesai, bersihkan secara menyeluruh untuk memastikan asam sitrat dari jeruk sudah bersih. Oleskan pelembab alami pada kuku untuk mengurangi resiko kulit kering karena asam pada jeruk. Anda juga bisa mencoba cara memutihkan kuku dengan jeruk nipis dan cara membuat kuku menjadi bening dengan menggunakan air jeruk ini.

6. Bir

Mungkin Anda akan merasa ini adalah saran yang aneh, akan tetapi merendam kuku dalam bir dapat memperkuat pertumbuhannya. Bir mengandung beberapa mineral yang diketahui dapat menutrisi dan memperkuat kuku. Selain itu, bir juga dapat menjadi cara menghaluskan rambut dan cara merawat rambut kering.

  • Campurkan dua bagian bir dengan satu bagian minyak zaitun hangat dan satu bagian cuka apel.
  • Rendam kuku selama 10-15 menit
  • Ulangi sebanyak 1-2 kali setiap mingggunya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Garam Laut Mati

Laut mati secara alami mengandung lebih dari 20 mineral yang penting, kebanyakan bermanfaat untuk memperbaiki kesehatan kuku. Ada pula khasiat garam untuk wajah dan manfaat garam bagi wajah.

  • Larutkan satu atau dua sendok makan garam laut mati yang telah dihaluskan dalam mangkuk kecil yang diisi air hangat.
  • Tambahkan beberapa tetes minyak untuk melembabkan, seperti minyak zaitun atau minyak vitamin E.
  • Anda juga dapat menambahkan satu atau dua tetes minyak esensial lemin, lavender atau rosemary.
  • Rendam kuku selama 10-15 menit, bilas dengan air hangat dan keringkan.
  • Beri pelembab pada kuku, ulangi hingga tiga kali per minggu/

8. Cuka Apel

Jika Anda memiliki kuku rapuh atau berubah warna, merendamnya di dalam cuka apel sekali sehari akan membantu mengatasi masalah ini. Nutrisi dan asam yang terdapat secara alami di dalam cuka apel tidak saja bagus untuk memperkuat kuku namun juga dapat menyembuhkan dan mencegah infeksi mikrobial yang menyebabkan kuku patah dan menguning.

9. Tea Tree Oil

Seperti cuka apel, tea tree oil merupakan ramuan alami yang efektif untuk menyembuhkan kuku yang rapuh dan berubah warna.

  • Campur beberapa tetes minyak pohon teh dengan setengah sendok teh minyak carrier, misalnya minyak zaitun, minyak biji rami, dan lainnya.
  • Pijat pada kuku selama beberapa menit.
  • Biarkan minyak paling tidak selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat, gunakan pelembab setelahnya.
  • Ulangi setiap hari untuk hasil yang terbaik.

10. Kuning Telur

Jika kuku Anda menjadi lemah karena kering, kuning telur dapat menjadi cara merawat kuku di rumah yang tepat. Campur satu kuning telur dengan susu sampai merata. Gunakan untuk memijat kuku selama beberapa menit. Bilas dengan air bersih. Kuning telur dapat menjadi cara memutihkan kuku secara alami dan cara merawat kuku panjang secara alami.

11. Minyak Sayur

Ramuan ini efektif untuk kuku yang terlalu banyak terkena air. Gunakan minyak sayur apa saja dan oleskan pada kuku menggunakan kapas. Pijat perlahan selama lima menit. Lakukan perawatan ini sebanyak 3-4 kali dalam sehari untuk mendapatkan kuku yang sehat dan juga cara agar kuku tidak cepat kotor.

12. Tomat

Tomat kaya akan biotin yang akan membantu membuat kuku semakin kuat dan tebal. Siapkan satu mangkuk dan campur dua sendok makan minyak zaitun, serta setengah cangkir jus tomat. Rendam kuku di dalamnya selama 10 menit. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

13. Shea Butter

Shea butter adalah pelembab yang sangat baik, dapat menjadi cara melembabkan kulit untuk kuku yang kering. Shea butter juga dapat digunakan untuk cara memanjangkan bulu mata secara alami. Gosokkan Shea butter alami pada kuku dan kutikula selama 20 menit. Tujuannya untuk membantu menutrisi dan memperkuat kuku, juga menyembuhkan kerusakan kuku dan kutikula.Gunakan minyak castor sebelum melakukan perawatan kuku apapun.

14. Minyak Castor

Minyak castor tidak hanya memperkuat kuku akan tetapi juga dapat melawan infeksi jamur pada kuku. Cara merawat kuku di rumah dengan minyak castor yaitu:

  • Campur beberapa tetes minyak peppermint dengan minyak castor.
  • Tambahkan garam Epsom ke dalamnya
  • Rendam jari tangan dalam campuran ini selama 10 menit.
  • Bilas tangan dengan air biasa.

15. Chamomile dan Peppermint

Campuran teh herbal ini akan menutrisi kuku dan memberi kuku aroma yang harum. Cara merawat kuku dengan chamomile dan peppermint yaitu:

  • Siapkan satu sendok makan teh chamomile dan peppermint ke dalam secangkir air mendidih.
  • Biarkan teh terendam selama dua jam dan saring setelahnya
  • Tambahkan satu sendok makan minyak zaitun dan dua sendok makan tepung ke dalam campuran ini.
  • Campur semua bahan dengan baik dan oleskan pada kuku.
  • Biarkan selama satu jam lalu bilas dengan air biasa.
  • Anda dapat melakukan perawatan ini satu atau dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

16. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang akan memperkuat dan menyehatkan kuku. Cara merawat kuku di rumah dengan teh hijau yaitu:

  • Siapkan satu cangkir air, tambahkan sejumput teh hijau ke dalamnya dan masak selama beberapa waktu.
  • Biarkan dingin, rendam kuku di dalam teh selama 10-15 menit.
  • Lakukan dua kali seminggu.

Anda juga dapat mencoba manfaat teh hijau untuk wajah dan manfaat teh hijau untuk rambut.

17. Teh Jelatang

Teh jelatang mencegah kuku menjadi rapuh karena kandungan silica di dalamnya. Siapkan satu cangkir air panas dan tambahkan 2-3 sendok makan daun jelatang kering ke dalamnya. Tutup dan biarkan meresap selama 10 menit. Tambahkan sedikit madu ke dalamnya setelah disaring. Anda dapat meminumnya setiap hari selama beberapa hari. Jelatang juga dikenal sebagai pewarna rambut alami.

18. Minyak Biji Anggur

Minyak ini akan menjadi cara merawat kuku di rumah dengan menutrisi kuku yang rapuh dan menyembuhkan yang retak – retak. Gosokkan minyak biji anggur pada kuku dan kutikula Anda, untuk menyembuhkan kuku yang retak – retak. Lakukan dua kali sehari selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasilnya. Minyak ini juga dapat digunakan untuk cara menghilangkan kerutan di bawah mata.

19. Ramuan Ekor Kuda

Tanaman ekor kuda kaya akan kandungan silica yang merupakan mineral esensial untuk memperkuat kuku, cara merawat kuku agar tidak mudah patah dan juga turut melenyapkan noda putih dari kuku.

  • Siapkan secangkir air hangat dan tambahkan dua sendok makan tanaman ekor kuda kering ke dalamnya.
  • Tutup dan biarkan mengendap selama 10 menit, tunggu sampai mengering.
  • Rendam kuku di dalamnya selama 20 menit.
  • Oleskan minyak zaitun pada kuku Anda setelah kuku dikeringkan, gunakan sarung tangan semalaman.
  • Lakukan perawatan ini 3-4 kali dalam seminggu.

20. Baking Soda

Bahan ini dapat menjadi cara merawat kuku di rumah untuk mengatasi gangguan jamur pada kuku, cara merawat kuku agar tidak kuning dan juga menghilangkan bau kaki dan cara merawat kuku kaki pada saat yang bersamaan.

  • Siapkan 4 cangkir baking soda, seperempat cangkir hidrogen peroksida 3%, dan setengah cangkir garam Epsom.
  • Campur sampai merata dan tambahkan seperempat cangkir cuka putih.
  • Rendam kuku yang terinfeksi sekitar 10 menit dan bilas dengan air bersih.
  • Lakukan dua kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang efektif.

Selain melakukan perawatan ini, Anda perlu memperhatikan kebiasaan sehari – hari yang juga dapat mempengaruhi kesehatan kuku. Hindarilah pemakaian bahan kimia pada kuku yang terlalu sering, termasuk produk cat kuku atau pembersih kuku dan gunakan produk perawatan kuku yang aman. Selalu menjaga kuku dan kutikula dalam kondisi bersih dan kering akan menghindarkan infeksi jamur pada kuku dan tangan Anda. Dukunglah pertumbuhan kuku yang sehat dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan bernutrisi tinggi, juga mengandung antioksidan tinggi.