Sponsors Link

18 Cara Merawat Rambut Agar Tidak Mengembang Berlebihan

Sponsors Link

Kondisi rambut yang lembut dan mudah diatur pastinya menjadi keinginan para wanita. Sayangnya tidak semua wanita di anugerahi dengan rambut yang cantik sejak lahir. Ada wanita yang rambutnya ikal, bergelombang, dan lurus tebal yang cenderung mengembang. Rambut mengembang biasanya sulit diatur, membuat penampilan juga menjadi kelihatan kurang rapi, dan juga membuat kepala terlihat lebih besar karena volume rambut. Akhirnya, akan menodai rasa percaya diri seseorang akan penampilannya.

ads

Penyebab Rambut Mengembang

Rambut mengembang atau frizzy hair ini sulit terlihat rapi karena helai – helai rambut yang juga beterbangan. Beberapa orang bahkan menjulukinya ‘rambut singa’. Terkadang, karena sulit diatur maka ada yang memakai penutup rambut atau scarf dan topi sepanjang hari. Tetapi memakai penutup kepala atau mengikat rambut terus menerus juga akan menyebabkan masalah rambut yang lain lagi, misalnya seperti ketombe atau rambut rontok. Untuk mengatasi rambut mengembang, kenali dulu apa saja yang bisa menjadi penyebabnya:

  • Sering dicatok

Menggunakan alat catok berarti rambut sering terkena panas tinggi. Manfaat catok rambut memang membuat rambut menjadi mudah diatur, tetapi resikonya sering mengekspos rambut kepada panas tinggi dapat membuat kelembaban rambut berkurang, bahkan hilang sehingga rambut menjadi kering. Rambut yang kering akan terlihat mengembang dan kasar.

  • Sering pakai hair dryer

Pemakaian hair dryer yang terlalu sering juga mempunyai akibat yang sama dengan pemakaian alat catok, yaitu rambut terkena suhu panas dalam jarak dekat dan menjadi kehilangan kelembaban alaminya sehingga akan tampak mengembang, kusam dan kering. Hair dryer dapat menjadi penyebab rambut bercabang.

  • Sering terkena matahari atau polusi

Jika sering berada di luar ruangan tanpa pelindung kepal dan berada di lingkungan yang banyak polusi, rambut akan menjadi kering dan mengembang karena kehilangan kelembabannya.

  • Sampo yang tidak cocok

Memakai sampo yang tidak cocok dengan jenis rambut juga bisa menyebabkan rambut mengembang. Kadar PH yang terlalu tinggi dalam kandungan satu merk sampo akan membuat rambut menjadi kering dan sulit diatur.

  • Terlalu sering keramas

Sebaiknya keramas sekitar dua atau tiga kali seminggu saja, karena itu sudah cukup. Manfaat cuci rambut setiap hari baru bisa didapatkan apabila keadaan rambut benar – benar kotor.

  • Cat rambut

Bahaya cat rambut adalah jika digunakan terlalu sering maka zat kimia didalamnya bisa merusak rambut sampai menjadi kering dan susah diatur. Rambut kering akan terlihat mengembang dan kusam.

  • Sering Ditata

Proses penataan rambut seperti rebonding dan smoothing yang menggunakan bahan kimia juga mempunyai efek buruk pada rambut. Bahaya rebonding rambut dan bahaya smoothing rambut bisa menyebabkan rambut rusak karena kehilangan kelembabannya dan menjadi kering serta mengembang.

Sponsors Link

Perawatan Dengan Bahan Alami

Rambut kering dan mengembang ini tidak bisa dibiarkan terlalu lama tanpa yang tepat, karena jika semakin dibiarkan, rambut akan makin menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Juga menimbulkan rasa tidak nyaman karena setiap kali hendak keluar rumah, proses menatanya memakan waktu lama dan sulit. Ada banyak cara mengatasi rambut kering secara alami yang bisa dilakukan, antara lain dengan bahan-bahan berikut :

1. Susu Murni

Manfaat susu untuk rambut dapat menutrisi rambut yang kering dan kasar yang terlihat mengembang. Siapkan susu murni secukupnya dan  basahkan seluruh rambut dengan susu tersebut hingga merata ke kulit kepala juga. Diamkan selama satu jam, lalu bilas dengan air bersih. Cara merawat rambut agar tidak mengembang ini dapat dilakukan setiap hari agar hasilnya maksimal.

2. Santan dan Jeruk Nipis

Rambut mengembang juga dapat diatasi dengan santan yang kental sebagai cara melembutkan rambut. Santan kental dan jeruk nipis secukupnya dicampur dan digunakan sebagai masker rambut. Oleskan ke seluruh rambut lalu bilas setelah 30 menit dengan sampo. Manfaat jeruk nipis untuk rambut juga sama baiknya dengan santan. Santan kental dapat menjadi salah satu cara menumbuhkan brewok dengan cepat pada kaum pria.

3. Madu

Manfaat madu untuk rambut yaitu digunakan sebagai masker rambut untuk mengatasi rambut mengembang. Oleskan madu ke seluruh rambut, biarkan selama satu jam kemudian bilas dengan air bersih. Bisa dilakukan setiap hari secara rutin supaya hasilnya cepat terlihat. Ada juga manfaat madu untuk bibir yang kering dan pecah – pecah.

4. Minyak Zaitun

Selain mempunyai manfaat minyak zaitun untuk rambut anak, minyak ini juga dapat digunakan sebagai cara merawat rambut agar lurus. Hangatkan minyak zaitun secukupnya lalu pakai di rambut yang basah setelah keramas. Cara ini bisa digunakan setiap dua minggu sekali.

5. Minyak Kelapa dan Minyak Almond

Dalam perawatan kecantikan, manfaat minyak kelapa untuk alis dapat membuat alis makin tebal dan sehat. Sedangkan manfaat almond untuk rambut antara lain bisa membantu menjaga kesehatan di kulit kepala dan mengatasi rambut kering yang mengembang. Campurkan kedua macam minyak tersebut secukupnya, hangatkan, lalu pakailah pada rambut yang basah selama 15-20 menit sambil dibungkus handuk hangat.

6. Cuka Apel

Manfaat cuka untuk rambut diambil dari penggunaan manfaat cuka apel untuk rambut. Campurkan 1/2 cup cuka apel dengan 1 sendok makan minyak gandum dan 2 cup air. Oleskan pada rambut yang basah, kemudian diamkan selama 10 menit dan bilas tanpa memakai sampo.

7. Putih Telur

Manfaat telur untuk rambut memang telah sangat dikenal di dunia perawatan kecantikan rambut. Oleskan bagian putih telur secukupnya ke rambut, lalu diamkan selama 20 menit. Bilas rambut dengan sampo agar tidak tertinggal bau amis dari telur. Cara ini bisa dilakukan sebulan sekali saja. Selain putih telur, manfaar masker kuning telur juga berguna untuk kulit wajah dan rambut.

8. Alpukat

Manfaat buah alpukat untuk rambut adalah dengan menggunakan salah satu manfaat masker alpukat untuk rambut. Caranya dengan menghaluskan buah ini secukupnya, tambahkan sedikit campuran minyak zaitun dan pakai mulai dari pangkal hingga ujung rambut selama 30 menit. Setelahnya bilaslah dengan air bersih. Bisa dilakukan sekali seminggu. Alpukat juga bisa menjadi cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami dan cara mencegah penuaan dini pada kulit wajah.

9. Aloe Vera atau Lidah Buaya

Manfaat aloe vera untuk rambut dikenal sangat bagus seperti menghaluskan, mengurangi minyak, menutrisi dan melembabkan. Rambut mengembang biasanya disebabkan karena kurangnya kelembaban sehingga menjadi kering. Caranya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya ke rambut dan kulit kepala secara merata, lalu bilas dengan sampo yang ringan. Manfaat lidah buaya untuk kulit wajah juga baik untuk kulit yang kusam dan berjerawat.

10. Minyak Kemiri

Minyak yang dikenal sangat ampuh untuk menghitamkan rambut ini juga bisa memberi nutrisi dan kelembaban pada rambut yang mengembang karena kering. Selain itu juga ada manfaat kemiri untuk alis mata yang mempunyai khasiat sama dengan rambut, yaitu menebalkan alis.

Perawatan Sehari – Hari

Selain perawatan dengan bahan alami yang hanya bisa dilakukan beberapa kali seminggu, perlu juga dilakukan perawatan yang rutin untuk kondisi rambut mengembang yang dilakukan sehari – hari.

1. Memakai Kondisioner

Manfaat kondisioner rambut sangat tepat bagi rambut yang mengalami masalah kekeringan hingga mengembang. Kondisioner akan membantu memberi kelembaban pada rambut sehingga tampak halus dan mudah diatur, pilihlah kondisioner yang cocok dengan kondisi rambut dan jangan sampai salah memilihnya agar rambut tidak menjadi semakin rusak.

2. Keramas Dengan Air Dingin

Air dingin bisa membantu menjaga kelembaban rambut sehingga tidak akan menjadi kering dan mengembang. Usahakan menghindari keramas dengan air hangat apalagi yang terlalu panas, biasakanlah keramas dengan air dingin saja.

3. Hairspray

Sebelum menyisir, bubuhkan hairspray pada sisir Anda. Efeknya akan membuat rambut tidak mengembang dan lebih lurus serta dapat bertahan lama tanpa ada helai rambut yang mencuat kemana-mana. Cara merawat rambut agar tidak mengembang berlebihan, bisa menggunakan sisir yang jarang agar rambut tidak tertarik keras ketika menyisir.

4. Pakai sampo yang cocok.

Gunakan sampo yang tidak mengandung sulfat, karena sulfat justru akan mengeringkan rambut. Carilah sampo yang mengandung gliserin dan bebas sulfat. Gliserin akan menjaga rambut tetap lembab dan menjauhkan efek dari kelembaban luar terhadap rambut.

5. Hindari Alkohol

Alkohol yang dimaksud adalah yang terkandung dalam semua produk perawatan rambut. Seperti telah diketahui, alkohol mempunyai efek yang bisa membuat kering. Manfaat alkohol untuk rambut malahan bisa membuat rambut mengembang, karena itu jangan gunakan produk rambut yang mengandung alkohol.

6. Styling Products

Styling products atau produk untuk rambut mengembang sekarang telah tersedia di pasaran. Tinggal mencocokkan merk dan kandungannya dengan kondisi rambut kita, produk ini bisa dipakai untuk mengatasi rambut mengembang secara instan, apabila kita tidak memiliki banyak waktu untuk menata rambut.

7. Jangan mengeringkan dengan handuk

Hindari menggosok rambut dengan handuk untuk mengeringkannya, karena gosokan yang kasar dari handuk bisa membuatnya makin mengembang. Biarkan rambut kering secara alami keringkan memakai handuk yang lembut dengan ditekan perlahan hingga airnya keluar.

8. Serum rambut

Banyak produk serum rambut yang tersedia di pasaran. Pilihlah yang diraas paling cocok dengan kita agar hasil yang diharapkan juga bisa terlaksana dengan baik pada rambut kita. Serum rambut ini biasanya dipakai sesudah keramas atau sebelum tidur malam.

Selain melakukan perawatan seperti yang telah dibahas di atas, satu hal yang tak kalah penting adalah bagaimana kita memilih potongan rambut yang tepat. Pilihan model rambut yang kurang cocok atau dipotong dengan teknik yang salah akan membuat rambut terlihat kasar, tajam, dan tidak rapi saat rambut sudah mulai memanjang kembali. Potongan rambut yang cocok ini bisa kita peroleh dengan bantuan hair stylist yang berpengalaman dan kompeten di bidangnya, oleh karena itu kita harus cermat memilih salon dan jenis perawatan rambut di salon yang kita inginkan.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 13th, August 2016 / 03:34 Oleh :
Kategori : Rambut