15 Cara Meniruskan Wajah Kotak Agar Tampak Lembut

Ketika menyangkut penampilan, wajah adalah bagian tubuh yang paling mendapat perhatian pada awalnya. Merawat wajah dengan telaten saja tidak cukup, karena bentuk wajah juga berkontribusi pada kesan yang akan ditampilkan ketika orang lain melihat wajah kita. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang memiliki wajah kotak, namun yang paling utama adalah wajah kotak berasal dari struktur tulang bawaan sejak lahir. Akan tetapi tidak semua wanita menyenangi kenyataan bahwa mereka memiliki rahang yang berbentuk kotak.

Memiliki wajah berbentuk rahang V adalah karakteristik wajah yang dianggap lebih baik dan dikagumi diantara para wanita. Bentuk wajah V dari rahang dan tulang pipi tinggi memang akan memberikan kesan wajah lebih lembut, terlihat lebih feminin dan ramping dibandingkan wajah kotak yang kerap diidentikkan dengan bentuk wajah kelaki – lakian. Bentuk wajah kotak memang dianggap sangat cocok bagi seorang laki – laki, namun tidak bagi wanita. Sebagian wanita karenanya merasa kurang feminin jika memiliki bentuk wajah kotak dan ingin memiliki bentuk wajah yang lebih ramping sehingga ingin melakukan cara membuat wajah tirus.

 Merampingkan Wajah Kotak Dengan Perawatan Modern

Wajah berbentuk kotak bisa juga disebabkan oleh otot yang terbentuk di wajah dan lemak yang ada di pipi. Teknologi kedokteran modern memungkinkan adanya perawatan wajah modern yang dapat memberikan hasil wajah tampak lebih ramping. Perawatan tersebut antara lain:

1. Meso Sagging

Perawatan ini bertujuan untuk cara meniruskan pipi dan cara agar pipi tidak tembem dengan mengurangi lemak di pipi dan rahang secara bertahap menggunakan mesotherapy, yaitu jarum halus yang disuntikkan pada wajah. Sebelumnya wajah disuntik dengan krim anestesi agar kebal . Prosedur bedah kecantikan juga dapat dilakukan untuk cara mengecilkan hidung yang besar, cara mengecilkan cuping hidung, cara meniruskan wajah bulat.

2. Botox Masseter

Prosedur ini dilakukan pada otot rahang, sebelumnya wajah juga diolesi krim anestesi agar kebal dari rasa sakit. Dalam waktu 1-2 minggu wajah akan tampak lebih tirus dan ramping. Penyuntikan akan dilakukan setiap enam bulan sekali. Cara ini akan dapat menyamarkan rahang kotak yang menjadi penyebab wajah tidak simetris.

3. Korset Wajah

Korset wajah ini dapat digunakan setiap hari secara bergantian. Total penggunaan korset wajah adalah satu hingga dua jam setiap hari, yang akan menghasilkan wajah yang semakin tirus dalam waktu satu hingga dua minggu. Anda dapat menggunakannya setelah membersihkan wajah dan memakai krim pelembab atau krim pengencang. Anda bahkan dapat memakai korset ini sambil menggunakan kerudung. Korset ini akan terasa sangat kencang pada awalnya, namun lama kelamaan Anda akan terbiasa. Korset dapat dibersihkan dengan sampo dan sabun halus, lalu digunakan kembali setelah dikeringkan dengan cara diangin – angin.

Merampingkan Wajah Kotak Dengan Senam Wajah

Cara membuat wajah tirus secara alami dapat dilakukan dengan senam wajah. Senam wajah agar tirus dapat membantu pembentukan kembali otot wajah sehingga wajah akan terlihat lebih tirus dan ramping, tidak terlalu kotak seperti rahang laki – laki. Senam wajah juga akan menjadi cara melancipkan dagu yang efektif. Cara melakukan senam wajah tersebut yaitu:

1. Melepaskan Rahang

Latihan melepaskan rahang bisa membuat Anda mendapatkan cara meniruskan pipi dan cara meniruskan wajah kotak. Cara ini juga efektif untuk mengurangi dagu berlipat dengan meregangkan dan mengkontraksi otot di sekitar bibir, rahang dan pipi. Cara mengecilkan rahang muka yang lebar dengan senam wajah adalah:

  • Mulailah dengan duduk atau berdiri tegak dan gerakkan rahang seperti mengunyah dengan mempertahankan mulut tertutup.
  • Ambil napas dalam dan hembuskan sambil bersenandung.
  • Buka mulut lebar – lebar dengan lidah ditekan kepada gigi bawah Anda.
  • Tahan posisi ini selama lima detik, ambil napas dan hembuskan lagi.
  • Ulangi seluruh latihan ini 10-15 kali dalam satu peregangan.

2. Mengangkat Dagu

Latihan mengangkat dagu adalah cara yang baik untuk menghilangkan dagu berlipat dan cara meniruskan wajah kotak. Gerakan ini bekerja dengan meregangkan sebagian besar otot wajah termasuk rahang, tenggorokan dan leher. Cara melakukan senam wajah dengan gerakan mengangkat dagu adalah:

  • Anda bisa melakukan latihan ini sambil duduk atau berdiri.
  • Mulailah dengan menengadahkan kepala Anda ke arah langit – langit, mengarahkan mata ke arah tersebut juga.
  • Rapatkan bibir seperti hendak mencium langit – langit, tahan hingga 10 detik dan lemaskan.
  • Ulangi 10 kali lagi.

3. Meniup Udara

Gerakan ini menargetkan otot pada pipi,  otot rahang dan otot leher dan membentuk mereka untuk memberi kesan face lift alami dan penampilan yang lebih halus. Cara meniruskan wajah yang lebar adalah:

  • Duduk di kursi dengan postur tegak, dongakkan kepala ke belakang sejauh mungkin hingga menatap langit – langit, tiup udara dari dalam mulut Anda.
  • Lanjutkan selama 5-10 detik dan lemaskan.
  • Ulangi 15-20 kali untuk satu peregangan.

4. Fish Face

Latihan gerakan ini juga disebut sebagai Smiling fish face, mudah dan merupakan salah satu latihan wajah terbaik yang dapat dilakukan kapan saja. Jika melakukannya dengan benar, wajah akan terlihat seperti ikan. Cara melakukan latihan fish face yaitu:

  • Sedot pipi dan bibir Anda ke dalam, tahan posisi selama lima detik hingga merasakan sensasi terbakar di pipi dan rahang.
  • Ulangi sebanyak 10 kali, tahan selama lima detik.

5. Gerakan Berkumur

Gerakan wajah sederhana ini akan membantu meregangkan otot pipi dan rahang serta mengurangi pipi tembem. Gerakan ini membantu memperkuat dan membangun otot pipi, juga mengurangi dagu berlipat.

  • Mulailah dengan duduk dalam posisi yang nyaman.
  • Isi salah satu sisi pipi dengan udara dan pindahkan udara dari satu pipi ke yang lain seperti berkumur.
  • Lanjutkan selama satu menit dan lemaskan.
  • Ulangi lima hingga sepuluh kali untuk hasil terbaik.

6. Menarik Bibir

Menarik bibir adalah salah satu dari latihan yoga wajah yang paling efektif, dapat dilakukan secara teratur dan membantu mengencangkan otot wajah dan membuat penampilan menjadi lebih awet muda. Rahang akan terlihat lebih ramping dan tulang pipi terlihat lebih tinggi.

  • Mulailah dari posisi berdiri atau duduk dengan posisi kepala normal.
  • Angkat bibir bawah sejauh mungkin dengan mendorong rahang bawah keluar.
  • Anda akan merasakan ketegangan dan peregangan pada otot dagu dan garis rahang.
  • Pertahankan postur ini selama 10 hingga 15 detik dan lemaskan.
  • Ulangi latihan ini 10 hingga 15 kali.

7. Memejamkan Mata

Salah satu cara meniruskan wajah kotak yang mudah adalah dengan memejamkan mata erat – erat dengan bantuan otot pipi. Pastikan Anda merasakan kontraksi pada otot di wajah, pertahankan posisi selama 10 detik dan lemaskan otot wajah setelah waktu tersebut. Ulangi paling tidak sebanyak 5 kali dalam sehari. Ketahuilah juga mengenai cara mengatasi keriput di kelopak mata dan penyebab terbentuknya kerutan mata di usia muda.

8. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet bebas gula adalah salah satu latihan wajah yang baik untuk mengurangi kalori dari pipi dan cara meniruskan wajah kotak, juga cara meniruskan dagu. Kunyahlah permen karet selama 20 menit sebanyak dua kali sehari. Lakukan setengah jam setelah makan siang dan setelah makan malam.

Merampingkan Wajah Kotak Dengan Make Up

Trik make up dan cara berdandan sederhana bisa dilakukan untuk cara meniruskan wajah kotak. Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk menyamarkan bentuk wajah kotak:

1. Menata Rambut

Penataan rambut juga akan cenderung mempengaruhi bentuk wajah seseorang. Anda yang senang menata rambut dengan lurus tipis sebaiknya memikirkan ulang gaya rambut tersebut. Menata rambut dengan gaya yang tipis dan lurus akan membuat wajah cenderung tampak lebar. Wajah yang lebar dapat disembunyikan dengan gaya tatanan rambut yang bergelombang dan tebal. Apabila Anda memiliki rambut yang lurus alami, Anda dapat mencoba tatanan rambut bergelombang dan lebih bervolume untuk mengesankan wajah yang lebih tirus. Jangan lupa juga untuk menghindari belahan rambut di tengah.

2. Membentuk Alis

Penampilan wajah juga dapat dipengaruhi oleh bentuk alis. Cara mempercantik alis yang tepat akan memperlembut bentuk wajah kotak Anda. Alis yang dibentuk dengan sedikit lekukan atau dengan bentuk angular shape dan cara membentuk alis natural bisa membuat wajah tampak lebih tirus. Sebaiknya gunakan brow make up untuk mengisi dan cara membentuk alis tanpa dicukur agar alis tampak lebih bervolume dan membantu cara meniruskan wajah kotak Anda.

3. Contouring

Apabila Anda senang bermake up dalam keseharian, maka teknik make up berupa contouring patut dicoba. Bagi Anda yang sering menggunakan full make up, maka teknik ini tidak dapat dilewatkan. Teknik ini akan menonjolkan tulang pipi, dagu dan hidung sehingga rahang Anda yang kotak dapat terlihat lebih lembut. Contouring dapat menjadi cara mengecilkan hidung jambu atau cara memancungkan hidung tanpa operasi. Melakukan teknik ini dalam full make up tidaklah mudah, namun banyak berlatih dengan bronzer dan highlighter akan membuat Anda mampu menyamarkan rahang kotak Anda dengan make up yang dilakukan sendiri, misalnya cara make up natural untuk wajah bulat.

4. Memusatkan Make Up Mata

Pemusatan make up pada bagian tertentu di wajah akan membuat orang memusatkan perhatian pada area tersebut dan tidak melihat area wajah lainnya. Dengan mata yang menarik perhatian, orang tidak akan terheran – heran dengan rahang kotak Anda. Riaslah mata dengan make up yang menonjol dan cara memakai make up yang benar, misalnya dengan teknik smoky eyes, warna – warna yang mencolok, eyeliner wing, maskara, cara memancungkan hidung dengan make up,  mengetahui tips make up tahan lama, dan lain sebagainya.

Memiliki wajah berbentuk kotak tidak selamanya merupakan hal yang buruk, bahkan sebetulnya bagaimanapun bentuk wajah kita tentunya hal itu merupakan anugerah yang kita terima sebagai manusia. Wajah kotak bahkan bisa ditandai sebagai ciri khas yang lain daripada yang lain. Bagaimanapun, masih banyak orang yang mengganggap wajah kotak sebagai suatu ciri kecantikan yang unik, seperti terjadi pada banyak artis asal Hollywood yang terkenal memiliki wajah kotak dan kecantikan yang luar biasa sehingga bentuk wajahnya tersebut dapat menjadi ciri khas mereka. Karena itulah, memiliki wajah kota bukanlah menjadi alasan untuk merasa rendah diri, karena ada cara meniruskan wajah kotak yang bisa dilakukan untuk memperlembut kesan dari wajah yang berbentuk kotak.